Home > Komunitas > Perpustakaan Asy-Syafi’iyah Pringlangu Kota Pekalongan

Perpustakaan Asy-Syafi’iyah Pringlangu Kota Pekalongan

Cintapekalongan.comDiantara kalian ada yang belum pernah sama sekali berkunjung ke Perpustakaan ? Ini sob bisa menjadi salah satu contoh untuk kita semua agar selalu menjadi manusia yang bisa berbagi dan bermanfaat untuk orang lain. Sekelompok pemuda yang peduli akan pendidikan di kampungnya mendirikan Perpustakaan untuk meningkatkan minat baca dan kegiatan positif bagi anak-anak kampung.

Meski tak mewah maupun serba lengkap, namun dengan kesederhaannya mampu menjadi tempat baca anak-anak guna menambah wawasan di untuk bekal masa depannya. Namanya Perpustakaan 2 ASY-SYAFI’IYAH telah berdiri sejak 2007, selama 1o tahun terus aktif memberikan pelayanan kepada anak-anak sekitar yang butuh ruang baca agar menunjang pengetahuannya.

Bagaimana awal mula berdiri hingga perjalanannya selama 10 tahun terakhir, monggo kita simak bersama-sama.

PROFIL DAN SEJARAH PERPUSTAKAAN ASY-SYAFI’IYAH

Perpustakaan Asy-Syafiiyah Pringlangu terletak di RW. 12 Pringlangu Gg. 6 No. 61 A  Kelurahan Pringrejo. Perpustakaan ini didirikan oleh remaja di sekitar Pringlangu Gg. 6 bagian  timur yang diperkasai oleh Muhammad S. Abdillah, M. Wildan Fahmi, M. Rifqi Maulana , M. Kurniawan dan M. Fatkhur Rahman pada tahun 2007. Kronologi pendirian Perpustakaan ini dimulai pada saat kumpulan anak-anak sekitar yang selalu berkumpul di rumah Muhammad S. Abdillah Al-Bahruni waktu itu mereka masih duduk di bangku MI/SD kelas 6. Setiap perkumpulan mereka selalu membawa majalah bobo dan komik untuk dibaca bersama-sama dan saling pinjam antara satu dengan lainnya. Dari situlah muncullah ide untuk membuat Perpustakaan Mini yang dikuhkuhkan pada 1 Januari 2007.

Pada awal pendirian belum melibatkan perangkat RT/RW para pendiri Perpustakaan hanya mengandalkan sumbangan buku dari beberapa teman di sekolah. Tiap sore setelah sekolah TPQ mereka berkumpul di Perpustakaan untuk meramaikan perpustakaan tersebut, hingga pada bulan Desember 2007 banyak para orang tua mereka melirik perpustakaan ini karena kebanyakan setiap sore anak-anak berkumpul di rumah sdr Abdillah yang merupakan tempat untuk perpustakaan itu. Setelah mengetahui adanya perpustakaan dirumah sdr. Abdillah rupanya ada yang menanggapi positif dan negatif. Mereka yang beraggapan positif menilai bahwa lebih baik berkumpul di perpustakaan dari pada keluyuran tidak jelas kemana. Para orangtua yang beranggapan positif juga menyumbangkan buku untuk perpustakaan ini. Sementara ada juga yang beranggapan negatif karena dianggap berkumpul bersama sama meramaikan perpustakaan dianggap membuang waktu, banyak dari mereka merasa sejak adanya perpustakaan ini anak-anak mereka jadi malas untuk membantu orangtua mereka dirumah. Hal ini kemudian dibicarakan oleh teman-teman yang lain dan dicari jalan keluar yakni setiap berkumpul juga jangan lupa kewajiban mereka dirumah.

Sejak awal berdirinya perpustakaan ini mempunyai buku hanya 123 buku saja, namun sejak dua bulan buka, anggota perpustakaan ini sudah mencapai 210 orang. Kebanyakan mereka anak-anak TPQ-Ays-Syafiiyah Pringlangu yang setiap kali pulang dari sekolah mereka mampir untuk meminjam majalah Bobo ataupun komik. Awalnya mereka menyebut Perpustakaan ini dengan nama Perpustakaan 2. Dinamakan Perpustakaan 2 karena para pengurus menyenangi angka 2.

Perpustakaan Asy-Syafiiyah Pringlangu
Jajaran Pengurus Perpustakaan Asy-Syafiiyah Pringlangu

Setelah berjalan setahun pada tahun 2008 perpustakaan ini semakin sepi karena kebanyakan para pengurus yakni Muhammad Wildan Fahmi, Muhammad Fatkhur Rahman dan Muhammad Rifqi Maulana sang penggagas perpustakaan melanjutkan pendidikan SMP mereka ke Pondok pesantren di Kendal. Sejak saat itulah sdr. Abdillah dan Kurniawan pengurus lainnya sangat sedih dan sering menutup perpustakaan tersebut. Dari seringnya tutup perpustakaan ini para anggota selalu menanyakan kenapa tutup, akhirnya pada Oktober 2008 dibuka kembali dengan merekrut para pengurus baru.

Sejak dibukanya kembali sumbangan buku dari para anggota dan teman-teman lainnya terus berdatangan. Pada tahun 2009 Perpustakaan ini diberi nama Perpustakaan Asy-Syafiiyah karena kebanyakan dari pengurus merupakan santri dari TPQ Asy-Syafiiyah hal ini juga didukung langsung oleh Kepala TPQ Asy-Syafiiyah bapak Ust.Muttaqin Anwar, setiap kegiatan Bakti Ramadhan beliau selalu mengisi acara pesantren kilat.

Kemudian berdasarkan peraturab yang dikeluarkan oleh Walikota Pekalongan bahwa untuk memperluas jangkauan TIK hingga masyarakat tingkat RW sebagai pusat pembelajaran dan pemberdayaan berbasis TIK. Tahun 2012 Perpustakaan 2 Asy-Syafiiyah ditarik untuk menjadi Perpustakaan Masyarakat RW 12.  Dengan visi dan Misi “Berperan Aktif dan Menyediakan koleksi Buku untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Sekitar”.

PRESTASI

  • Mendapat penghargaan juara II Pengelolaan Perpustakaan Masyarakat se-Kota Pekalongan tahun 2016
  • Ranking 3 Perpustakaan Masyarakat se Kecamatan Pekalongan Barat tahun 2017
  • Rangking 4 Perpustakaan Masyarakat se-Kota Pekalongan tahun 2017
Prestasi perpustakaan asy-syafiyah
Juara II Pengelolaan Perpustakaan Masyarakat se-Kota Pekalongan tahun 2016

KEGIATAN-KEGIATAN

  1. Jurnalis Smart

Kegiatan ini diadakan setiap sebulan sekali pada awal bulan. Jurnalis SMART ini berisi tentang Pembelajaran mengenai tata cara menulis berita, Cerpen dan lain-lain. Setiap bulannya menerbitkan Majalah didinding atau yang dikenal dengan Mading SMART. Tujuan kegiatan ini untuk melatih anggota perpustakaan agar bisa menulis dengan baik dan benar.

  1. Kegiatan Bakti Ramadhan Santri, Santun, Budiman (SSB) Urip Sumoharjo

Kegiatan ini dilakukan pada bulan Ramadhan yang berisi Pesantren Kilat dengan pengisi acara Kepala TPQ-Madin Asy-Syafiiyah dengan dilanjutkan Buka Bersama dengan Anggota Perpustakaan. Tujuan dari kegiatan ini untuk meramaikan perpustakaan pada bulan Ramadhan dan menambah ilmu kegamaan.

Kegiatan Perpustakaan Asy-Syafiiyah Pringlangu
Kegiatan Ramadhan di Perpustakaan Asy-Syafiiyah Pringlangu
  1. Arisan Warga Mingguan

Arisan warga yang setiap minggunya dibuka pada hari Jumat. Arisan warga ini diikuti oleh semua warga disekitar Perpustakaan. Tujuan dari kegiatan ini untuk menarik minat membaca para masyarakat.

JAM LAYANAN PERPUSTAKAAN

  1. Pada Bulan Ramadhan

Setiap Hari Pukul                          : 08.00-17.30 WIB

Istrirahat Hari Sabtu-Kamis          : 12.00-13.00 WIB

Istirahat Hari Jumat                      : 11.15-13.00 WIB

  1. Selain Bulan Ramadhan

Jumat               : 13.00-17.30 WIB

Sabtu               : 08.00-13.00 WIB

Ahad               : 16.00-19.00 WIB

Senin-Kamis    : 16.00-17.30 WIB

 

Nah bagi sobat yang ingin menyumbang buku-buku pelajaran anak-anak atau buku pengetahuan apa saja, silahkan bisa di donasikan disini agar menjadi amal jariyah untuk sobat karena buku tersebut bermanfaat bagi adik-adik kita di Pringlangu. Sebagai informasi pelengkap saja, penggunaan nama “Perpustakaan 2” dikarenakan Perpus Asy-Syafi’iyah berada di RW 02 Kelurahan Pringlangu (sekarang Pringrejo).

CP :

  • Abdillah WA 081214429609 | TELP 085752458925

 

Salam Cinta Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Seluruh Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Klik Donasi

MOHON DONASI ANDA

Bantu berikan donasi untuk perawatan website ini karena informasi www.cintapekalongan.com punya manfaat besar untuk Masyarakat Pekalongan.
Terima kasih

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com