Home > Info Pekalongan > Peristiwa > Polisi Berhasil Bekuk Pencuri Spesialis Hewan Ternak
pasang iklan di cintapekalongan.com

Polisi Berhasil Bekuk Pencuri Spesialis Hewan Ternak

PEKALONGAN – Sat Reskrim Polres Pekalongan, tangkap dua orang pencuri spesialis hewan ternak, yang sudah beraksi sejak tahun 2016 lalu. Kedua tersangka tertangkap saat sedang menjual hewan ternak hasil curiannya itu di pasar hewan Kebon Agung, Kajen.

Keduanya adalah Lukli Maulana, 43 tahun, warga Desa Tenggerang, Kecamatan Paninggaran dan Dwi Susanto, 36 tahun, warga Desa Wonorejo, Kecamatan Kajen.

Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan menyampaikan, awal mula terungkapnya kasus ini dikarenakan pemilik hewan ternak mengenali ciri-ciri hewan ternak yang saat itu sedang dijual oleh kedua tersangka.

Polisi Bekuk Kawanan Pencuri Spesialis Hewan Ternak

“Yang punya kerbau mengenali ciri-ciri hewan ternaknya saat mau dijual oleh para tersangka di Pasar Hewan, karena di kupingnya itu ada tandanya,” paparnya, saat gelar perkara di halaman Mapolres, Kamis, (28/2).

Kata Wawan, biasanya kedua tersangka beroperasi pada tengah malam, dan pada pagi harinya mereka menjualnya di pasar hewan kajen, banjarnegara atau randudongkal, pemalang.

“Sebelum beraksi, biasanya kedua tersangka melakukan survey atau pengamatan lebih dulu di lokasi yang mau dicuri. Dan setelah mengetahui kondisi hewan sasaran, mereka menyewa mobil bak terbuka untuk mengangkut hewan hasil curian tersebut,” lanjutnya.

Sedangkan menurut pengakuan tersangka, mereka mencuri hewan ternak dengan cara melukai mulut hewan dengan menggunakan senjata tajam, agar hewan ternak tersebut tidak berontak dan bersuara.

Pencuri Spesialis Hewan Ternak

“Hewan ternak yang sudah dicuri sebanyak 16 ekor. 15 ekor sapi, dan 1 ekor kerbau. Dengan harga jual berkisar antara Rp.14 juta hingga 15 juta,” tambahnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka saat ini meringkuk di rumah tahanan mapolres pekalongan. mereka dijerat dengan pasal 363 KUHP, dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara. (Eka)

▼ Silahkan DiBagikan ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About Eka Shanty

Kontributor Berita untuk Cintapekalongan.com

Check Also

KPU Jawa Tengah Hapus 12 WNA di DPT Pemilu 2019

KPU Jawa Tengah Hapus 12 WNA di DPT Pemilu 2019

PEKALONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, mencoret sebanyak 12 Warga Negara Asing ...

Anggota DPR RI Ramson Siagian Bagikan Speaker Di Pekalongan

Anggota DPR RI Ramson Siagian Bagikan Speaker Wireless Di Kota Santri

KABUPATEN PEKALONGAN – Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra, Ramson Siagian, berikan bantuan ratusan ...