Ragam Hidangan Es Khas Dari Pekalongan Yang Enake Pok! – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO PEKALONGAN Ragam Hidangan Es Khas Dari Pekalongan Yang Enake Pok!
Es Coklat Pak Jan
FOTO: Feed.meh.up

Ragam Hidangan Es Khas Dari Pekalongan Yang Enake Pok!

Cintapekalongan.com – Sebagai kota yang berada di pesisir Pantai Utara, membuat Pekalongan berhawa panas dan terik. Terlebih jika sedang memasuki musim kemarau, matahari sedang terik-teriknya melintasi langit Pekalongan. Saat seperti ini, rasanya yang paling pas selain mencari tempat berteduh yang semilir angin adalah menikmati hidangan es yang dingin, manis dan segar.

Berikut ini Ragam Hidangan Kuliner Es Khas dari Pekalongan yang bisa kamu coba ketika dahaga bergejolak ingin dimanjakan dengan kesegarannya. Dengan harga yang aman dikantong, kamu tak perlu kuatir ingin menjelajah kekayaan wisata kuliner yang nyegerin di Pekalongan.

1. Es Gosrok Pink Banyurip

Es Gosrok Banyurip

“Es gosrok pink, es-nya digosrok pakai tangan!”

Begitu penjelasan seorang teman asal Pekalongan ketika ditanyai perihal warung es favoritnya. Gosrok dalam bahasa Jawa berarti serut. Es serut pink ini terdiri dari santan, es serut, dan sirup berwarna pink, disajikan dengan setangkup roti tawar di atasnya. Rotinya bisa dicelup-celup ke dalam es atau dimakan terpisah. Bebas.

Baca juga : 7 Sajian Menu Sarapan Sedap Khas Pekalongan

Dan tentu Es ini tidak akan kamu temui dimana pun. Es Gosrok Banyurip ini sudah ada dan secara turun temurun tetap di jual dengan rasa yang tidak berubah. Kamu bisa merasakan sensasi segar dari Es Gosrok ini di jalan raya Banyurip (selatan pasar) dari siang sampai malam hari.

2. Es Dawet Ketan Podo

Es Dawet Ketan Podo Kedungwuni
FOTO: Discover Pekalongan

Di Solo ada dawet telasih, di Banjarnegara ada dawet ayu, di Purworejo ada dawet ireng, dan di Pekalongan ada dawet mbak Ndari.Es Dawet Ketan Podo ini dikenal juga dengan sebutan Es Dawet Mbah Ndari. Kedai Es Dawet ini sudah dijalankan hingga generasi ke-3.

Meski berlokasi agak jauh di Kedungwuni, es dawet legendaris ini tak pernah sepi pelanggan. Campuran dawet dan ketan memberikan perpaduan rasa yang pas ketika disandingkan dengan santan gurih dan tentu saja siraman gula aren. Buat Anda yang penasaran dengan rasanya, bisa langsung menuju Jalan Urip Sumoharjo no 19, Podo, Kedungwuni. Restoran ini juga menyediakan aneka camilan seperti gorengan untuk teman pas mengudap es dawet anda.

3. Es Santan Pekalongan

Es Santan Kauman Pekalongan

Es santan yang satu ini sangat sederhana, hanya terdiri dari potongan cincau hitam, roti tawar, dan agar-agar yang berenang-renang dalam kuah santan yang diberi sedikit susu, Ya, itulah sajian Es Santan Saleh. Tapi, nikmatnya jangan ditanya! Berlokasi di Jalan Jetayu (Utara GKI) Pekalongan.

Baca juga : 5 Kuliner Khas yang tersembunyi dibalik kota Batik

Selain ada Es Santan Pak Saleh, adapula Es Santan Kauman yang legendaris Es Santan Durian Kauman.
Jika kamu sedang melewati alun-alun kota Pekalongan siang hari, jangan lupa mampir di Es Santen Durian Kauman. Tepatnya di pojokan perempatan lampu merah kauman. Sudah beberapa genarasi es santan ini di turunkan. Untuk rasanya sangat segar dan ada rasa khas yang sangat nikmat untuk di minum.

4. Es Durian Merak

Es Duren Merak
FOTO: Discover Pekalongan

Kalau Anda penggemar durian, kedai es yang satu ini harus datangin! Yang membuat es durian Merak berbeda dari es durian lain terletak pada cara penyajian duriannya. Jika es durian pada umumnya menyertakan biji durian di dalam esnya, Es Durian Merak menyajikan durian tanpa biji yang dipadu dengan kopyor (kelapa), sirup frambozen, dan tentu saja es batu. Sedap! Gubuk Es Merak ini juga menyediakan beragam es lainnya, tapi tentu saja yang paling dicari adalah es durian kopyor-nya!

Baca juga : TOP 7 Warung Tauto Enak di Pekalongan

Selain Es Durian Merak, kamu bisa menemukan Es semacam ini di Jalan Belimbing di Kedai Es Durian Pak Suudi. Rasanya juga sama-sama mantap dan enak.

5. Es Sekoteng Pak Woh

Es Sekoteng Pak Woh
FOTO: Pemburujajan

Sekoteng disini beda! bukan minuman hangat, namun Sekoteng di Pekalongan berupa es yang menyegarkan. Es ini berisi Susu, Sirup, Roti Tawar potong dadu, Biskuit dan Miswa. Sirup yang digunakan adalah sirup hasil racikan sendiri dari resep turun temurun dari generasi ke generasi. Sedangkan Mieswa adalah bahan untuk campuran roti yang berbentuk seperti mie kering. Soal rasa ? Jelas Es Sekoteng Pak Woh menyegarkan dan khas banget.

6. Es Coklat Pak Jan

Es Coklat Pak Jan
FOTO: Feed.meh.up

Pengen merasakan Es Coklat yang enak ? Silahkan ke Es Coklat Pak Jan ini. Kedai Es ini sudah berdiri sejak tahun 1962, maka menyoal rasa tentu sudah tak perlu diragukan. Eits, tapi jangan kamu bayangkan akan menyeruput coklat lumer manis dengan es serut, ya!

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Es Coklat Pak Jan merupakan campuran dari santan dan susu coklat. Rasanya unik. Gurih dari santan, dan manis dari susu coklatnya. Biasanya, disediakan juga roti tawar yang bisa dibeli terpisah untuk dicocol bersama es coklat yang bisa dicicipi di Jalan Manggis dan Jalan Kurinci Pekalongan. Oh iya, kedainya kecil sekali, jadi jangan terlewat, ya!

7. Es Kuwut Bali

Es Kuwut Kuta Bali

Hmmm…. Siapa sih yang gak kepengen dengan Es yang nyegerin satu ini. Es kuwut terdiri dari campuran kelapa muda dan potongan buah melon. Segar? Nah, itu belum semuanya. Sekarang, bayangkan sedikit perasan jeruk nipis di dalam campuran es tadi. Beberapa penjual juga terkadang menambahkan selasih untuk memberi tekstur kenyal sekaligus renyah.

Es kuwut yang dalam bahasa Bali berarti es kelapa ini, bisa didapatkan di sekitar Terminal Pekalongan atau depan SMAN 1 Pekalongan. Jadi, kalau Anda kepanasan ketika di dekat Alun-alun Pekalongan, mampir menyeruput es kuwut bisa jadi pilihan!

Baca juga : Daftar Kuliner Pekalongan Yang Recommended Untuk Kamu Coba

Jadi, Jangan bingung ya kalau kamu sedang berkunjung ke Pekalongan dan matahari sedang panas-panasnya, coba kunjungi beberapa penjual Es Khas Pekalongan ini, bisa juga untuk berwisata Kuliner Khas Pekalongan. Selain itum ketika matahari sedang terik, menikmati semangkuk Tauto atau Pindang Tetel maupun Mie So juga nikmat sekali lhoo.

 

Reff: discoverpekalongan

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Angga Panji W

Avatar
Sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan potensi kota tercinta ini kepada dunia lewat konten digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang