Ragam Kuliner Khas Tegal Yang Wajib Dicoba

Setelah Menikmatinya Dijamin Bikin Ketagihan

Tegal – Kalau kamu dengan nama Tegal, kira-kira apa yang ada dalam benakmu? Ah! Pasti kebanyakan akan keinget sama pelawak Parto, Cici Tegal, dan sederet artis lainnya yang populer karena logat Tegalnya. Ya kan? Itu artinya, Tegal memang istimewa. Bahkan artis Pesbukers, Kartika Putri yang asli Palembang aja kesengsem sama logat Tegal. Sampai-sampai ngrasa nyaman sama logat Tegal.

Tapi, selain logatnya yang khas dan bikin kita terhibur, ada juga nih yang nggak kalah bikin hati kita seneng. Yup! Pesona kulinernya yang nyummy abiz! Istimewa lezatnya!

So, kalau kamu liburan, bolehlah manjain lidah kamu dengan menu khas kuliner Tegal. Apalagi di Tegal ada banyak tujuan wisata juga. Jadi, sambil liburan ke tempat wisata, bisalah mampir dan mencicipi aneka ragam wisata boga ala Tegal.

Jajanan Khas Tegal Terpopuler

1. Blendung

Blendung Jagung Makanan Khas Tegal
Bosmeal

Oke! Menu pertama kita, ada blendung. Ini jenis makanan khas tradisional Tegal. Biasanya digolongkan jajan pasar tradisional Tegal. Terbuat dari jagung yang direbus sampai lunak, dan ditaburi parutan kelapa yang dibumbui. Biasanya si dibungkus daun pisang. So, sensasi rasa manis jagung yang dipadupadankan dengan bumbu yang gurih, membuat ragam boga yang satu ini bisa nancep di ingatan. Apalagi dibungkus daun pisang, wah makin nikmat rasanya. Bisa bikin kangen kalau sudah lama nggak makan jenis jajan pasar yang satu ini. Makanya, nggak salah kalau kamu jadiin jajan pasar ini sebagai oleh-oleh.

2. Es Lontrong

Es Lontrong Slawi Tegal
– UMMA

Menu kedua, ada es lontrong! Wah penasaran kan apa itu es lontrong? Minuman khas Tegal ini nih gaes, paling pas kalau dinikmati pada siang hari yang terik. Pas banget buat nyegerin badan. Di dalamnya ada paduan cincau, kacang hijau, santan dan gula merah. Ditambah es serut dan agar-agar. Wuih segerrr! Selain seger, harganya juga nggak bikin keder. Cuma 4 ribu perak, gaes! Nikmatnya bisa kamu dapetin! Sensasional!

3. Rujak Teplak

Rujak Teplak Kuliner Khas Tegal
– Tribunjateng

Berikutnya, ada rujak teplak. Wow apa lagi nih? Rujak teplak? Wah, apa ya yang bikin unik rujak ini? Oh ternyata eh rupanya, uniknya di sini nih gaes. Bahan pembuat rujak bukan lagi buah-buahan kayak rujak pada umumnya. Tapi sayur-sayuran. Selintas, memang rujak teplak mirip-mirip pecel. Tapi ada yang beda. Terutama pada sambalnya. Bahan pembuat sambal rujak teplak ini dari singkong yang direbus dan dihaluskan. Lalu, dilarutkan bersama bumbu sambal lainnya. Nama sambalnya, sambal gaul. Cara ngedapetin rujak teplak mudah kok. Bisa kamu jumpai di dekat pasar tradisional. Biasanya, penjual rujak teplak ini berjualan dengan cara berkeliling.

4. Tahu Upil

Tahu Upil Khas Tegal
– inibaru id

Next! Ada tahu upil! Wuih tahu upil? Namanya unik. Bikin penasaran. Tahu yang satu ini beda lho dengan Tahu Aci. Terus kenapa ya dinamai tahu upil? Oh rupanya, karena ukurannya gaes. Yap! Ukurannya nggak segede tahu pada umumnya. Kecil. Ada dua unsur utama tahu ini. Yaitu tahu dan aci. Enak kalau digoreng masih hangat. Yang unik dari Tahu Upil adalah komposisi tahunya lebih sedikit dari pada acinya. Terkadang tahunya hanya kulitnya saja. Makanya disebut Tahu Upil. Biasannya orang-orang menjadikan tahu upil menjadi oleh-oleh kepada saudara maupun kerabat dekat.

5. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol Khas Tegal
– Langkah Resep

Dan menu kelima, ada nasi ponggol. Sajian boga yang satu ini biasanya disajikan bersama sambal goreng tempe. Kebanyakan nasi ini dijual masih dibungkus dengan daun pisang. Jadi, sensasi cita rasa khas nusantaranya kentara banget. Eksotis dan benar-benar bisa memanjakan lidah. Paling cocok untuk sarapan pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Makanan Khas Kota Tegal yang Tidak Boleh Dilewatkan

6. Rujak Krupuk Mie

Rujak Kerupuk Mie Tegal
– brebestegal

Selanjutnya, kayaknya belum afdhol deh kalau kamu belum makan menu yang satu ini, rujak krupuk mie. Menu yang satu ini sudah jadi menu istimewa di Tegal. Melegenda istilahnya. Terutama bagi anak-anak di masa lampau. Cieee masa lampau. Tapi sebenarnya cara penyajian rujak krupuk mie ini sederhana gaes. Cuma kerupuk yang diguyur dengan bumbu rujak. So simpel kan? Wah, jadi kebayang masa kanak-kanak nih. Suka ngantre cuma buat dapetin makanan yang ginian. Tapi memang sih, jenis makanan yang ginian yang bisa bikin kangen sama sensasi kelezatannya.

7. Soto Tegal

Soto Tauco Tegal
– Kumparan

Menu yang satu ini agak berat nih, gaes. Karena sudah bisa dikategorikan makanan berat. Yup! Soto Tegal. Nah, sudah pasti kan yang namanya soto itu nggak bisa dilepasin dari daging. Begitu juga dengan soto Tegal. Soto yang satu ini mirip-mirip sih sama soto Pekalongan. Ada tauconya. Ini resep paling rahasia dari rasa sedapnya soto Tegal. Bedanya, pada kuahnya.

Baca juga : 12 Cafe Hits dan Tempat Nongkrong Di Tegal yang Kekinian

Soto Tegal cenderung lebih bening dibandingin dengan soto Pekalongan. Kemudian bahannya. Soto Tegal cenderung suka pakai daging sapi ketimbang daging kerbau. Untuk bisa merasakan sensasi rasa soto Tegal, bolehlah kamu mampir ke Soto Sedap Malam Pak Jenggot.

8. Sop kikil