Home > PEKALONGAN > Kuliner > Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan
Mall Cintapekalongan

Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan

Cintapekalongan.com – Berikut daftar rekomendasi Tempat Kuliner murah meriah di Pekalongan dengan budget tak melebihi Rp 15.000,- per orang. Pekalongan merupakan salah satu tempatnya wisata kuliner nusantara yang menarik dan banyak diminati oleh pemburu wisata kuliner di Indonesia.  Makanan khas Pekalongan Tauto dan Megono sangat terkenal pamornya serta memiliki cita rasa yang wajib dicoba ketika berkunjung di Pekalongan.

Kuliner Pekalongan sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun luar yang sedang singgah di Pekalongan. Banyak sekali tempat-tempat makan yang bisa kamu jelajahi di Pekalongan. Namun pada artikel kali ini, kita mencoba fokus ke Kuliner Murah Meriah di Pekalongan yang dengan uang lima belas ribu rupiah saja bisa kenyangin perut, tempat-tempat kuliner ini cocok untuk kamu yang suka travelling dan backpacker ke Pekalongan.

Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan

Berikut akan kita bahas rekomendasi tempat kuliner Khas Pekalongan dengan budget murah meriah dibawah Rp 15.000,- bisa kenyang, mungkin daftar kuliner yang pekalongan ini wajib kamu kunjungi dan rasakan sendiri sensasi masakan dan kekhasanya. Dari beberapa tempat yang akan kita sebutkan dibawah ini memang ada yang sama menu jualannya namun tetap memiliki ciri tersendiri dan bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk berwisata kuliner di Pekalongan.

1. Warung Sego Rakyat Mbak Ibah

Warung Sego Rakyat Mbak Ibah
Warung Sego Rakyat Mbak Ibah | by Abdul Aziz

Warung ini menjadi primadona bagi pemburu kuliner murah di Pekalongan. Namanya julukan bagi warung ini ialah “Sego Rakyat Mbak Ibah”, Sego Rakyat atau Nasi Rakyat ini artinya Nasi yang bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat paling bawah. Karena apa ? karena disini menjual makanan yang super murah meriah dengan porsi yang banyak. Untuk Nasi Megono + Ayam Goreng / Opor (bisa menu lain) + Es teh / Teh Hangat + Gorengan dll tak lebih dari Rp. 10.000,- saja. Wow murah banget dan pastinya kenyang banget.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Alam yang Menarik di Pekalongan

Warung Mbak Ibah berlokasi di Jl. Teratai No.81, Poncol (Lapangan Sorogenen sebelah selatan) Kota Pekalongan. Buka mulai dari jam 10:00 pagi hingga 2 Dini hari. Menu masakan yang disajikan sangat beragam yakni ada Megono, Mihun Goreng, Sotong, Rendang, Telor Goreng, Telor Balado dan lain sebagainya yang pokoknya Pekalongan Banget dan enak-enak.

2. Tauto Bang Naryo

Resep Tauto Pekalongan
Semangkuk Tauto Pekalongan

Dan yang ingin mencicipi Soto Tauto Khas Pekalongan ini takut kemahalan datang saja ke Warung Tauto Bang Naryo di  Jalan Melati No.12, Poncol atau di Jalan Bandung No.34, Sugihwaras (depan RS Siti Khodijah). Warung ini menjual Tauto yang legit banget dengan porsi mengenyangkan tapi tak menguras kantong. Semangkuk Tauto Ayam + Lontong dan Es Teh / Teh Hangat tak lebih dari lima belas ribu, berkisar antara Rp 10.000 – 15.000 saja nih.

Enake pol dan sangat otentik, bisa pilih menu Tauto dengan daging Ayam, Sapi atau Kerbau. Tauto Bang Naryo yang di Depan RS Siti Khotijah ini masih menggunakan kayu bakar untuk memasak Tautonya lho gaes, jadi jelas akan terasa enak dan khas banget.

3. Lesehan Usman

Warung Usman merupakan salah satu warung lesehan yang banyak diburu oleh para traveller keti berwisata kuliner di Pekalongan. Warung yang menyediakan Nasi Megono yang dibungkus daun pisang ini berada di Jalan Semarang (sebelah Masjid Wakaf Kampung Arab). Warung Lesehan Usman sebagai Tempat wisata kuliner Pekalongan ini buka mulai jam 5 Sore hingga 10 malam, namun disini stok Nasi Megono bungkus terbatas, jadi terkadang sampai habis Maghrib atau Isya Nasinya sudah sold out.

Selain Nasi Megono, di tempat wisata masakan Pekalongan ini kau juga bisa memesan Kopi Tahlil. yakni kopi dengan rempah-rempah khas Pekalongan. Jika kau ingin mengunjungi tempat wisata masakan Pekalongan ini berada di Jalan Patiunus – Kota Pekalongan.  Harga sebungkus Nasi Megono cuma 2.000 rupiah, gorengan tempe / tahu 1.000an. Nah uang Rp 15.000 bisa kenyang banget tuh makan disini.

4. Pindang Tetel Pak Jai

Nah salah satu Kuliner Khas Pekalongan yang tiada duanya ialah Pindang Tetel. Yups, kuliner ini bukan dari Ikan Pindang namun dari tetelan daging sapi (beberapa penjual lain juga menggunakan congor / kulit / tetelan jeroan sapi). Kuah berbumbu “Kluwek” yang beroma khas ini sangat enak dinikmati siang maupun malam hari. Jika kamu datang ke Pekalongan pada malam hari bisa pas banget nih mencicipi Pindang Tetel Pak Ja’i yang sudah saya buktikan sendiri kualitas dan kuantitas menunya.

Berada di Jalan Gatot Subroto No.602, Banyurip Alit (emperan depan Purimas Banyurip) Kota Pekalongan, buka mulai jam 05:00 sore hingga jam 09:00 malam. Satu porsi disini tak lebih dari 7.000 rupiah saja lho, itu juga udah termasuk kerupuk “Usek” (kerupuk pasir khas Pekalongan) dan jika ditambah Teh hangat atau Es teh paling kena budget 10ribuan aja. Murah sangat bukan ? Pekalongan itu Sakpore, jangan takut kelaperan kalau traveling disini.

5. Lesehan Rindu Malam

Lesehan Sego Megono Rindu Malam
Lesehan Sego Megono Rindu Malam

Tempat wisata kuliner khas Pekalongan yang lainnya ada di kota pekalongan bagian selatan atau tepatnya di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo Pringlangu. Disinilah surganya Lesehan Nasi Megono Pekalongan. Ada puluhan warung lesehan yang buka di kanan dan kiri jalan yang bisa kamu singgahi. Selain Lesehan Usman, disini tempatnya pelancong mencari Nasi Megono yang enak pada malam hari.

Salah satu rekomendasi dari sekian banyaknya Warung Lesehan ini, saya pilihkan warung lesehan Rindu Malam. Yaps, dari namanya aja udah kelihatan banget kalau lesehan ini cuma buka di malam hari, tepatnya mulai jam 5 sore. Lesehan Rindu Malam berada di Jalan Urip Sumoharjo Pringlangu (Sebelah Depot Surabaya).

Baca juga : 7 Warung Tauto Enak di Pekalongan

Di tempat ini kamu bisa makan Nasi Megono yang dibungkus daun pisang dengan harga 2ribuan serta memesan tempe mendoan panas dan jangan lupa makan Nasi Megono pakai sambalnya biar makin nendang. Disini juga tersedia beragam Menu lain seperti Capitan 5.000,-, Pepes ikan / Pepes tahu, Telur Puyuh, Ayam Opor, Sate Keong, Udang dan banyak lagi yang tentunya cukuplah budget 15.000 untuk makan disini sampai kenyang.

6. Lesehan Rizky

Selain Lesehan Rindu Malam, saya rekomendasikan juga Lesehan Sego Megono “Rizky” yang tak kalah enak dan pamornya dengan Rindu Malam. Berada di Jalan Urip Sumoharjo Pringlangu (sebelah Polsek Buaran). Meski sama-sama menyediakan Nasi Megono dengan lauk-pauk yang tak jauh berbeda dengan kebanyakan Lesehan lainnya, bumbu serta sambal untuk Megononya lah yang tak bisa sama. Beda penjual beda rasa, mungkin begitulah kiranya gambaran untuk hal ini.

Yang menjadi menu wajib disini adalah menu Sapitan daging sapi yang gurih-gurih enak, dipadukan dengan harum megono yang sangat nikmat. Tentunya uang 15.000 disini bisa benar-benar mengeyangkan.

7. Lesehan SMS Banyurip

Lesehan Sego Megono Sambal
Lesehan Sego Megono Sambal

Dan satu lagi, Lesehan Nasi Megono yang akan menjadi Rekomendasi saya untuk para Traveler yang ingin mencicipi Kuliner Khas Pekalongan terlebih pada malam hari ialah Lesehan SMS (Sego Megono Sambal) di emperan depan Koperasi MATRA. Buka mulai jam 5 sore hingga tutup sekitar jam 9 malam, warung ini selalu ramai.

Betul saja, karena memang kualitas dan bumbu megono disini sangatlah enak (harum) sehingga kelezatan Megono bisa didapat dengan sempurna. Namun disini tidak menyediakan menu lauk-pauk seperti 3 warung lesehan yang sudah saya sebutkan diatas. Disini cuma ada Nasi Megono Bungkus, Gorengan Tempe / Tahu / Bakwan dan terkadang ada pepes tahu.

Baca juga : Tempat Ngopi Pedesaan Warkop Senandung Rindu

Tapi jangan khawatir sob, yang bikin nampok banget itu gak cuma megononya yang otentik tetapi sambalnya yang super lezat yakni sambal ijo terasi yang lembut dengan pedas yang pas. Dan jika ingin lauk bisa dikombikasikan dengan Pindang Tetel enak yang berada di sebelahnya atau jika kamu tidak tertaris dengan Nasi Megono atau Pindang Tetel maka di sebelah utaranya ada Warung Nasi Goreng yang enak dan murah, soal rasa pasti nampol banget karena dimasak pakai kompor arang tradisional bikin bumbunya makin menggugah selera.

8. Pindang Tetel Ambokembang

Pindang Tetel Ambokembang
Pindang Tetel Ambokembang dengan Sego Megono Sambal

Tepat disebelah Lesehan SMS, Pindang Tetel Ambokembang yang dijual menggunakan gerobak sepeda motor ini bisa kalian jadikan menu untuk mengiringi Nasi Megono dan menyempurnakan Kuliner Khas Pekalongan mu. Harga cuma 7.000 per porsi dengan tetelan daging sapi yang enak, Pindang Tetel disini menurut saya sangat berasa banget, mulai dari kuahnya hingga isian dagingnya.

9. Pindang Tetel Casrom Kedungwuni

Nah jika kamu ingin menikmati Pindang Tetel dengan nuansa keramaian, bisa nih ke Kedai Pindang Tetel Carsom yang berada di lapak kuliner Gemek sebelah Utara pojok timur. Buka mulai jam 4 sore hingga 9 malam, warung ini sangat ramai. Berada di pusat keramaian di taman lapangan gemek, Pindang Tetel Casrom ini terkenal di Kedungwuni dan sekitarnya. Tentu harga seporsi tak jauh berbeda di tempat lain yakni berkisar 7.000an.

Baca juga : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Dan bila siang hari, kamu bisa ke Warung Pindang Tetel dan Kluban yang sangat ramai di Kedungwuni yaitu di sebelah timur Rumah Susun atau jika dari Lapangan Gemek ke timur, dan jika dari Perempatan Alfamart Podo belok ke barat. Kluban dan Pindang Tetelnya oke sangat.

10. Pindang Tetel & Sate Kebo Kuripan Lor

Dan jika ingin menikmati Pindang Tetel di malam hari tanpa perlu jauh-jauh, kamu bisa ke Pindang Tetel & Sate Kebo Kuripan Jalan Hos Cokroaminoto Kuripan Lor (depan Masjid Kuripan Lor). Tak hanya menyajikan Pindang Tetel yang enak, disini juga ada sate kerbau dan sate kikil yang lezat. Biasanya seporsi Sate Kikil akan disajikan dengan lontong dan dibumbui kacang. Jadi disini bila selesai makan Pindang Tetel bisa pesan sate kikil lezatnya.

11. Sego Otot Kalong Landungsari

Warung Sego Otot Kalong
Warung Sego Otot Kalong | Wicaksono

Di Pekalongan ada banyak makanan enak yang dimasak dengan bumbu-bumbu lezat. Salah satu yang jangan sampai kamu lewatkan adalah sego otot atau nasi otot. Sego otot adalah santapan yang pas untuk malam hari karena umumnya dijual di warung-warung makan pinggir jalan hingga tengah malam. Menu khas ini sebenarnya sama seperti nasi campur biasa. Kamu bisa menemukan nasi dengan aneka lauk dan sayuran. Namun yang jadi pembeda adalah tambahan olahan otot baik sapi atau kerbau.

Meski yang dimasak adalah urat-urat sapi atau kerbau, tapi kamu tidak akan kesusahan saat menyantapnya. Teksturnya begitu lembut dan mudah dikunyah. Biasanya dimasak dengan tambahan bumbu kelapa muda. Apalagi jika kamu tambahkan sambal atau kuah extra pedas. Warung Sego Otot “Kalong” ini berada di Jalan Hos Cokroaminoto, Landungsari (Depan Indomart, sebelah timur). Satu Porsi Sego Otot cukup murah kok, tak lebih dari 15.000 pokoknya.

Gimana, apakah kalian tertarik untuk icip-icip ke tempat kuliner khas Pekalongan ini ? eiittsss…. itu baru makanannya lho ya, belum soal Minumannya yang khas Pekalongan. Nih saya kasih juga rekomendasi Tempat Kuliner Minuman Khas Pekalongan.

1. Kopi Tahlil PPIP

Minuman Kopi Tahlil Pekalongan
Minuman Kopi Tahlil Pekalongan

Jelas Kopi Tahlil menduduki posisi pertama yang akan saya rekomendasikan kepada kamu, khususnya para Traveller. Jika datang ke Pekalongan belum sempat mencoba Minuman kopi ini maka kamu belum afdol main kesini. Banyak penjual Kopi Tahlil di Pekalongan, tapi yang menjadi rekomendasi saja adalah Kopi Tahlil PPIP. Disini bumbu rempah dalam kopinya begitu nikmat dan sangat lezat.

Baca juga : Daftar Tempat Kuliner Di Pekalongan

Kopi Tahlil PPIP berada di emperan Jalan Agus Salim (depan Gedung PPIP), disinilah kamu bisa nongkrong bersantai canda gurau bareng temen-temen sembari menikmati malam di Kota Pekalongan. 1 gelas Kopi Tahlil hangat cuma 3.500 rupiah saja, ada pula aneka jajanan lain untuk cemilan yang bisa kamu ambil.

2. Limun Oriental

Limun Oriental Wisata Kuliner Pekalongan
Limun Oriental Wisata Kuliner Pekalongan

Nah ini kuliner yang juga merupakan salah satu yang khas dari Pekalongan yakni Limun Oriental. Minuman orson jadul ini masih eksis dan bisa kamu nikmati langsung dari tempat produksinya. Bernuansa kafe ala rumah jadul tentu menunjang Limun ini menjadi tempat nongkrong para traveller yang datang ke Pekalongan.

Limun Oriental berada di Jalan Rajawali Utara No.15, Panjang Wetan (belakang rutan Pekalongan / Gor Jetayu / Museum Batik), 1 botol limun seharga 7.500, sudah termasuk es dingin. Namun kafe Limun Oriental ini hanya buka dari pagi sampai sore saja, kalau malam kamu bisa menikmatinya di Kafe Konde.

3. Sekoteng Pak Wan

Es Sekoteng Pak Wan Klego
Es Sekoteng Pak Wan Klego | by Hans Sutjiono

Minuman ini sejauh yang kita tahu adalah minuman khas dari Jawa, khususnya Jawa Tengah. Tapi untuk minuman yang terkahir, yakni Sekoteng, sebetulnya bukan asli dari Jawa. Kata Sekoteng adalah serapan dari bahasa Tionghoa (Hokkian) yakni dari kata Shi atau Su yang berarti sepuluh atau empat, Guo yang berarti buah, dan T’eng yang berarti kuah atau sup.

Sekoteng Pak Wan ini berisi Susu, Sirup, Roti Tawar potong dadu, Biskuit dan Miswa. Sirup yang digunakan adalah sirup hasil racikan sendiri dari resep turun temurun dari generasi ke generasi. Sedangkan Mieswa adalah bahan untuk campuran roti yang berbentuk seperti mie kering.

Baca juga : 10 Daftar Tempat Makan Malam di Pekalongan

Wedang Sekoteng Pak Wan berada di Jalan Kenanga Klego Kota Pekalongan. Namun jam buka disini hanya pada pagi – siang hari saja. Disini juga menyediakan kuliner pekalongan lainnya seperti nasi megono, sotong, kikil. Dengan hanya Rp. 15.000 saja, kamu sudah bisa dapat Sekoteng, nasi megono campur, dan gorengan. Kenyang, nikmat, hemat dan bersahaja. (FYI jika cuma Sekoteng aja harganya sekitar 7.000an per porsi)

4. Es Santan Pak Rasdi

Es Santan Pak Rasdi Kauman
Es Santan Pak Rasdi Kauman | by Triaz

Es Santan Pak Rasdi berada di komplek Kampung Batik Kauman Pekalongan, tepatnya di ujung gang Kauman dekat traffic light (sebelah utara Masjid), Es Santan Pak Rasdi buka mulai 10.00 pagi – 21.00 malam. Es Santan ini cukup legendaris di Pekalongan, tidak hanya warga Pekalongan saja yang menjadi pelanggan namun wisatawan dari luar kota sangat menikmati Es Santan ini ketika berkunjung ke Pekalongan.

Es Santan ini berisikan cincau hitam, kolang-kaling, tape, roti tawar yang dipotong kotak-kotak kecil. Adapula campuran alpukat atau durian jika anda suka. Anda cukup membayar Rp.7.000 untuk segelas Es Santan Pak Rasdi, untuk Es Durian Rp. 10.000.

Jadi dari Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas di Pekalongan dengan uang 15.000 rupiah  bisa kenyang dan puas menikmati kuliner khas dari Pekalongan. Meski di dominasi oleh pedagang kaki lima di emperan toko namun jangan salah, cita rasa otentik khas Pekalongan bisa kamu dapatkan disini. Ayo Dolan Pekalongan !!!

Baca juga : Daftar Cafe Hits Dan Tempat Nongkrong Di Kota Pekalongan

Salam Cinta Pekalongan

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Angga Panji W

CEO @Cintapekalongan.com (JP Media Network) - Saya adalah Blogger paruh waktu dari Indonesia . Tujuan saya disini sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan kota tercinta ini kepada dunia dengan konten digital. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih. Salam Cinta Pekalongan

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan