12 Rekomendasi Terbaik Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta 2020 – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO Jawa Tengah & DIY 12 Rekomendasi Terbaik Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta 2020
Pantai Gesing Gunung Kidul

12 Rekomendasi Terbaik Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta 2020

Wisata Gunung Kidul Yogyakarta sudah terkenal dengan destinasi wisata alam maupun pantainya yang beragam. Bahkan semakin banyak spot wisata baru yang hits dan ramai dikunjungi saat liburan tiba.

Ada banyak pantai tersembunyi yang ngeHits di Gunung Kidul yang masih sepi namun menawarkan panorama keindahan alam yang begitu cantik.

Tidak hanya pantai Jogan dengan objek air terjun di tepiannya, pantai Nguluran dengan teras kaca di atas tebingnya, pantai Timang dengan kereta gantung yang menghubungkan batu besar di tengah laut sehingga siap memanjakan mata dan jiwamu.

Bahkan disini kamu bisa menikmati momen sunrise, sunset hingga berkemah di area camping ground sekitar pantai.

Baca juga : Daftar Hotel Murah dekat Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

Jadi, kalau kamu berlibur ke Jogja, cobalah untuk menjelajahi satu dari beberapa pantai keren yang berada di kabupaten Gunung Kidul ini.

1. Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai paling cantik yang ada di Jogja yang jarang diketahui orang. Pasir pantai di sini terlihat putih bersih dan lembut. Sama seperti pantai Siung, pantai Pok Tunggal juga dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang membuat pemandangan semakin indah.

Wisata Pantai Pok Tunggal ini cenderung baru. Pantai ini baru mulai booming mulai tahun 2012. Pantai ini memiliki beberapa keuikan. Salah satunya adalah keberadaan sumber air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah.\

Penamaan pantai ini diambil dari sebuah pohon yang terdapat disana. Pantai ini masih berada di kecamatan yang sama dengan pantai Siung yakni kecamatan Tepus.

2. Pantai Widodaren Gunung Kidul

Pantai Widodaren Gunung Kidul

Satu lagi pantai tersembunyi yang berada di Gunung Kidul yang siap memanjakanmu dengan pesona dan keindahannya. Pantai berpasir putih ini masih sangat alami dengan air lautnya yang begitu jernih.

Suasana pantai masih tenang, sangat cocok untuk melepas penat dan sejenak menyingkir dari kesibukan.

Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahannya atau berkemah agar bisa menikmati suasana pantai lebih lama, terutama saat momen.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

3. Pantai Gesing Gunung Kidul

Pantai Gesing Gunung Kidul

Ciri khas dari pantai ini adalah memiliki pasir putih yang dihiasi dengan rentetan prahu nelayang yang membuat pnati ini semakin hidup.

Pantai berpasir putih yang diapit oleh dua bukit karang ini juga menawarkan sensasi liburan yang asik dan menyenangkan.

Kamu bisa mengexplore keindahan pantai dari atas bukit, bisa juga berfoto ria dengan spot area perbukitan atau kamu bisa berkeliling menggunakan perahu nelayan yang disewakan.

Selain menikmati panorama pantai yang menyejukkan mata, kamu juga bisa berburu kuliner seafood dan nasi thiwul yang menggugah selera dengan harga yang relatif terjangkau.

Fasilitasnya pun sudah cukup lengkap mulai dari toilet, area parkir, warung makan dan masjid. Tiket masuk ke pantai Gesing sangat murah, yaitu Rp 6.000/orang sudah termasuk parkir kendaraan roda 2.

Lokasi: Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

4. Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai Wediombo Gunung Kidul

Gugusan batu karang yang tersebar di beberapa titik menjadi sebuah pemandangan yang luar biasa.

Pantai dengan pasir putih ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk aktivitas berenang, namun keindahan pantai ini sudah cukup sempurna untuk memanjakan mata.

Pantai ini juga sangat terkenal dengan panorama sunsetnya yang begitu eksotis dengan batu karang berbentuk unik, tempat ini sangat cocok buat objek fotografi.
Tiket masuk Pantai Wedi Ombo cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang. Adapun fasilitas yang tersedia cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, toliet, warung makan, mushola hingga penginapan. Di kawasan pantai ini kamu juga bisa camping atau berenang di laguna kecil yang tidak jauh dari pantai.

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

5. Pantai Jungwok Gunung Kidul

Suasana pantai yang tenang dan relatif sepi membuat pantai ini terasa seperti pantai pribadi, terlebih dengan lingkungannya yang masih sangat alami.
Bukit batu karang di bibir pantai seolah menjadi pemecah ombak yang menghalau datangnya gelombang.

FYI, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Jungwok adalah saat sunrise di pagi hari.

Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, karena sudah ada toilet, warung makan dan juga deretan bangku di pinggir pantai yang eye catching sehingga membuat momen liburanmu semakin menyenangkan.

Baca juga : 10 Wisata Alam Dieng Yang Kekinian Instagramable Abis

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

6. Pantai Nglimun Gunung Kidul

Di pantai ini kamu akan dimanjakan dengan panorama pantai dan lautan biru yang begitu luas membentang, membuat pikiran semakin adem dan rileks.
Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Ngedan, tepatnya di sebelah barat. Dari area parkir Pantai Ngedan, kamu hanya perlu berjalan kaki melewati jalan setapak berpaving sekitar 5-10 menit.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai dari atas tebing karang karena keindahan alam yang tersaji begitu luar biasa. Lokasi wisata Pantai Nglimun juga menjadi spot favorit bagi para pemancing.

Lokasi: Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

7. Pantai Indrayanti Jogjakarta

pantai-indrayanti-gunung-kidul-yogyakarta

Pantai indrayanti merupakan salah satu deretan pantai di gunung kidul yang paling terkenal. Karena pantai ini mempunyai akses jalan yang mudah di jangkau dan cocok sebagai tempat wisata untuk semua kalangan umur.

Pantai Pulang Syawal atau lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

Memiliki tipikal yang sama dengan pantai lainnya di wilayah Gunung Kidul, pantai ini menyajikan keindahan alam yang memikat.

Dengan perpaduan garis pantai yang luas, pasir putih yang lembut dan birunya air di laut lepas.

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, seperti toilet, gazebo, penginapan, rumah makan dan cafe. Selain bersantai, kamu juga bisa menyewa jetski untuk aktivitas yang lebih seru. Tiket masuk cukup murah yaitu Rp 10.000.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

8. Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Gunung Kidul

Keberadaan batu karang raksasa yang menjorok ke arah laut, menyerupai siung atau gigi taring, menambah daya tarik destinasi ini.
Bukit karang yang terbentang di sekitar pantai menjadi salah satu spot favorit untuk aktivitas fotografi dan kegiatan ekstrem seperti panjat tebing.

Dari atas bukit, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Siung yang begitu mempesona dengan hamparan pasir putihnya yang lembut, juga bisa mengeksplore keindahannya dengan berswafoto.

Liburanmu juga akan semakin nyaman dengan beberapa fasilitas standar yang tersedia, seperti area parkir, toilet, warung makan dan penginapan.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

9. Pantai Jogan Gunung Kidul

Pantai Jogan Gunung Kidul

Selain menyajikan keindahan pantai yang begitu mempesona, salah satu daya tarik pantai ini adalah keberadaan air terjun dengan ketinggian sekitar 12 meter yang aliran airnya mengalir ke pantai.

Saat musim kemarau, debit air terjun sangat kecil. Meski begitu, ada banyak spot foto selfie yang kece yang bisa diexplore untuk melengkapi koleksi foto liburanmu.

Fasilitas yang tersedia sudah lumayan lengkap, mulai dari toilet, warung makan, mushola, dan warung kelontong.

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

10. Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai Sundak Gunung Kidul

Pantai siung ini berlokasi di desa purwodadi kecamatan tepus, Pantai ini masih tergolong pantai yang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai tersebut mempunyai ciri khas pasir putih yang lembut dan menyuguhkan pemandangan batu karang khas gunung kidul yangberpadu dengan derasnya ombak, membuat pantai ini terlihat sempurna untuk anda kunjungi.

11. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Butuh waktu sekitar 2 jam dari Kota Jogja untuk bisa sampai ke pantai cantik yang satu ini. Pantai Sadranan ini masih cukup sepi. Pasir pantainya yang putih serta air pantainya yang biru membuat siapa saja tak tahan untuk tidak bermain-main dengan air. Pantai yang terdekat dengan pantai Sadranan adalah pantai Drini.

Di pantai Sadranan ini kamu bisa melakukan apa saja yang kamu mau. Berjemur sampai badan gosong atau berenang dengan airnya biru bersih. Pokoknya seru.
Pantai dengan hamparan pasir putih ini menawarkan sensasi liburan yang bikin rileks dengan view pantai yang menakjubkan.

Selain menyajikan keindahan pantai, keindahan bawah lautnya juga tak kalah menggoda. Kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan berfoto di bawah air untuk sensasi liburan yang berbeda.

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut adalah di sore hari saat air laut surut. Kamu juga bisa menyewa kano untuk berkeliling pantai atau camping rame-rame di kawasan pantai untuk menikmati suasana pantai sepuasnya.

Baca juga : 10 Spot Wisata Paling Hits di Pekalongan Tahun 2020

Akses jalannya sudah beraspal dan bisa dilalui bus, tapi tetap harus ekstra hati-hati karena jalurnya sempit, berliku dan menanjak.
Fasilitas yang tersedia cukup memadai, seperti area parkir, toilet, gazebo, persewaan alat snorkeling, kano, dan warung makan.

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

12. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor adalah salah satu pantai di Gunung Kidul yang paling cocok untuk melakukan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pemandangan bawah laut di pantai ini juga cukup indah.

Air laut di pantai ini cukup jernih untuk memungkinkan kita melihat pemandangan bawah laut dengan lebih leluasa. Ikan-ikan kecil, karang-karang yang indah serta beberapa biota laut merupakan pemandangan yang bisa ditemukan ketika melakukan snorkeling di Pantai Nglambor. Lokasi Pantai Nglambor berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan.

*Ingin Berwisata Keliling Jogja ? kami siap antar atau jadi pemandu anda, more info Klik Disini

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Angga Panji W

Avatar
Sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan potensi kota tercinta ini kepada dunia lewat konten digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang