Home > PEKALONGAN > Kuliner > Resep Kuliner Pekalongan > Resep dan Cara Membuat Megono Khas Pekalongan
beauty glowing

Resep dan Cara Membuat Megono Khas Pekalongan

Cintapekalongan.com – Resep Megono Khas Pekalongan, Kuliner dari Pekalongan ini sudah semakin dikenal di kancah nasional. Bahkan setiap tahunnya festival yang membawa Gunungan Megono untuk diperebutkan oleh warga.

Megono atau Sego Megono menjadi menu wajib bagi warga Pekalongan dan sekitarnya. Karena dari pagi hingga larut malam selalu saja ada yang menjual makanan ini. Makanan ini adalah makanan sejuta umat yang sangat populer dan menjadi identitas bagi Pekalongan.

Megono disajikan dengan Nasi yang dibungkus daun pisang ini bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang penasaran dengan kuliner khas Pekalongan. Dan sajian ini juga populer di sepanjang pantura Pemalang – Batang, namun tetap yang paling khas dan yang paling sedap adalah Megono Pekalongan. Kenapa bisa ? karna Megono Pekalongan diracik dengan bumbu spesial yakni Kecombrang.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Sego Megono Pekalongan

Megono Khas Pekalongan

Resep tradisional Nasi Megono pun sangat nikmat jika dinikmati dengan cara yang tradisional juga. Yaitu, menggunakan daun pisang sebagai pincuk atau bungkusnya, piringnya. Jika Anda datang ke Pekalongan, Anda bisa menemukan menu ini di warung, rumah makan, hingga restoran atau bahkan Hotel berbintang dengan sajian khas kota Pekalongan-nya.

Baca Juga : 13 Jajanan Jadoel Khas Pekalongan yang Masih Eksis di Jaman Now

Bagi yang penasaran pingin membuatnya dirumah, caranya begitu mudah untuk sedulur praktikan sendiri. Resep Nasi Megono yang paling utama adalah membuat urap dari cacakan nangka mudanya. Berikut bahan dan cara membuat Nasi Megono Khas Pekalongan tersebut.

Bahan Utama Membuat Megono

  • Nangka muda atau gori, 1,5 kg. Pilih yang benar-benar muda untuk hasil masak dengan tekstur yang empuk dan lembut. Jika sudah keras, hasil masaknya jadi kurang enak.
  • Kelapa parut, 1 buah. Pilih kelapa yang masih muda, jangan terlalu tua.
  • Bawang merah, 5 siung diiris tipis.
  • Cabai hijau, 5 buah. Iris tipis.
  • Cabai merah, 5 buah. Iris tipis.
  • Cabai rawit, 5 buah. Iris tipis. Jumlah bisa disesuaikan jika Anda ingin rasa pedas maka bisa menambahkan jumlahnya.
  • Bunga kecombrang (ini bumbu spesialnya)
  • Daun salam, 3 lembar

Bumbu yang harus dihaluskan :

  • Bawang merah, 4 siung.
  • Bawang putih, 2 siung.
  • Kemiri, 3 butir. Goreng atau sangrai terlebih dahulu.
  • Lengkuas, 1 ruas.
  • Kencur, 1 ruas.
  • Daun jeruk, 2 lembar.
  • Terasi, 1 sendok makan. Perkirakan jumlahnya sesuai selera. Bagi yang tidak menyukainya, bisa menghilangkan bahan ini.
  • Merica bulat, 1 sendok teh.
  • Ketumbar bulat, 1 sendok teh.
  • Garam, secukupnya.

Untuk bumbu halus megono, biasanya di jual secara paketan di pasar tradisional di Pekalongan, jadi tidak perlu repot lagi menyiapkannya.

Proses Memasak Nasi Megono

Untuk mengkukus Megono yang akan diurap dengan bumbu halus tersebut bisa disiapkan bareng dengan kukusan nasi.

Masukkan ke dalam kukusan tersebut semua bahannya, termasuk yang diiris maupun dihaluskan. Masukkan tanpa dicampur setelahnya.
Kukus semua bahan tersebut sekitar 30 sampai 40 menit, sampai semua bahan matang.

Jika semua bahan sudah matang, angkat dan tempatkan dalam wadah yang cukup besar. Baru, kemudian Anda bisa mengaduk semua bahan tersebut.

Sambil mengaduk atau mencampurnya, Anda bisa sambil mencicipinya. Jika kurang asin, bisa sekalian menambahkan garam.

Penyajian Nasi Megono Untuk Mandaran

Untuk sajian secara Mandaran (Tumpengan) Anda bisa siapkan piring atau nampan beralaskan daun pisang, tata nasi putih di bagian tengah dengan porsi sesuai yang Anda butuhkan. Tata urap nangka muda yang sudah jadi tadi di bagian pinggiran atau atasnya.

Sajian Nasi Megono Pekalongan

Lengkapi dengan lauk seperti tempe atau tahu goreng, ayam goreng, ikan asin, pindang telur, telur asin, telur dadar, hingga kerupuk dan yang pasti ialah Sambalnya. Taburi juga di bagian atasnya dengan bawang goreng atau serundeng kelapa untuk hasil yang lebih gurih.

Beri irisian mentimun atau tomat untuk porsi makan yang lebih seimbang dengan sayur serta membuat penampilannya lebih menarik.

Sajian Mandaran Nasi Megono biasanya ketika ada acara selamatan atau acara lain yang mengharuska untuk makan bersama, namun tidak terkecuali jika ingin disajikan untuk makan bersama keluarga biar makain rahat “gayeng” dan menambah rasa keakraban satu sama lain.

Sapitan dan Nasi Megono
Nasi Megono Dengan lauk Sapitan di Lesehan Sego Megono

Dan jika tidak suka disajikan dengan cara Mandaran atau Tumpengan ini, anda bisa sajikan dengan nasi serta lauk terpisah layaknya acara makan biasa di meja makan.

Dalam masyarakat Pekalongan, Nasi Megono kerap menjadikan sebagai menu saat sarapan. Untuk sehari-hari, biasanya lauk pelengkapnya hanya tempe goreng atau kerupuk saja.

Baca : 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Salam Cinta Pekalongan


donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server, operasional kru dan kegiatan amal. Terima Kasih


About Lestari Nurhadi

Dari saya untuk daerah tercinta

TULIS KOMENTAR

.:[Klik 2x Tombol][Close]:.
Donasi Pekalongan