Home > PEKALONGAN > Kuliner > Resep Kuliner Pekalongan > Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan

Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan

Cintapekalongan.comGarang Asem Pekalongan merupakan salah satu kuliner yang wajib kamu coba ketika datang kesini. Garang Asem disini lebih mirip sup dibanding dengan garang asem Jogja yang mirip pepes.

Kuah dari Garang Asem Pekalongan rasanya mirip rawon Surabaya. Warna kecoklatan kuahnya berasal dari bumbu kluwek yang juga merupakan bumbu dasar rawon di Jawa.

Garang Asem Pekalongan menggunakan potongan daging sapi yang disajikan dengan kuah segar kaya akan rempah-rempah khas nusantara.

Resep Garang Asem Pekalongan bisa kamu praktikan sendiri di rumah. Hidangan garang asem khas Pekalongan yang rasanya begitu mantap dengan bahan dasar daging sapi yang empuk. Bahan-Bahan yang Ddiperlukan Untuk Membuat Garang Asem Pekalongan yang Lezat terbilang mudah dan Praktis.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Mie So Pekalongan

Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan

Berikut ini kita jelaskan Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan yang begitu sedap.

Bahan Utama :

  • 250 gram daging sapi
  • 1.500 ml air

Bahan dan Bumbu :

  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 buah cabai merah besar, dipotong
  • 3 buah cabai hijau besar, dipotong
  • 6 buah belimbing wuluh, dipotong-potong
  • 6 buah cabai rawit hijau 3 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 7 butir bawang merah, diiris
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 4 siung bawang putih, diiris
  • 4 sdt garam 1 sdm gula merah disisir

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Kopi Tahlil Pekalongan

Cara Memasak Garang Asem Pekalongan

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging sapi sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Hanya saja, jangan memotong daging terlalu besar agar ketika dilahap bisa lebih mudah.
  2. Setelah daging selesai dipotong sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Selanjutnya, silahkan cuci bersih daging sapi dengan menggunakan air pada wadah dan pastikan jika semua kotoran yang ada pada daging dibersihkan dengan benar.
  3. Selesai dicuci bersih dengan menggunakan air, lalu tempatkan daging pada panci berikan air dan rebus daging hingga empuk.
  4. Setelah direbus dan sudah dipastikan jika daging sapi yang direbus sudah menjadi empuk dan lebih kaku. Sekarang silahkan masukan bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit.
  5. Aduk-aduk rata bahan-bahan yang baru saja dimasukkan. Biarkan bumbu meresap pada daging agar daging memiliki rasa dan aroma yang nikmat dan sedap.
  6. Masukkan belimbing wuluh, gula merah dan garam. Aduk-aduk hingga merata, cicipi bumbu hingga pas dan apabila bumbu yang baru saja anda masukkan kurang terasa pas, maka jangan ragu untuk menambahkan bumbu sesuai dengan selera.
  7. Masak hingga matang dan daging menjadi lebih empuk secara merata.

Penyajian Garang Asem Pekalongan

  • Setelah daging dan rebusan matang, matikan kompornya, dan angkat.
  • Tuangkan isian garang asem beserta kuah secukupnya kedalam mangkuk saji yang sudah anda persiapkan.
  • Sajian ini akan terasa lebih nikmat dan sempurna apabila disajikan dengan taburan cabai dan bawang goreng dan disantap dengan nasi hangat.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Soto Tauto Pekalongan

Demikian Resep dan Cara Membuat Garang Asem Pekalongan yang lezat dan nikmat di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat memasak.

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com. Terima Kasih

TULIS KOMENTAR