Home > Kuliner > Resep Kuliner Pekalongan > Resep dan Cara Membuat Kopi Tahlil Pekalongan
pasang iklan di cintapekalongan.com

Resep dan Cara Membuat Kopi Tahlil Pekalongan

Cintapekalongan.com – Kopi Tahlil Pekalongan merupakan minuman yang wajib sedulur coba ketika datang ke kota Batik ini. Kenapa disebut Kopi Tahlil memang karena pada awalnya minuman ini hanya disajikan ketika ada acara tahlilan saja. Namun lambat laun seiring berjalannya waktu dan banyaknya peminat yang menginginkan minuman ini setiap saat, terutama di cuaca dingin seperti ini agar badan tetap terasa hangat dan sehat.

Bagi penikmat kopi, jangan bayangkan jenis dan asal kopi apa yang digunakan atau cara penyeduhan kopi ini dengan teknik yang bagaimana. Cara pembuatan Kopi Tahlil Pekalongan ini sangatlah sederhana kopi yang digunakan pun kopi biasa namun dengan sentuhan ajaib mampu membuat kopi ini sangat istimewa.

Kopi Tahlil Pekalongan
Kopi Tahlil Pekalongan Paling enak dinikmati dimalam hari – by Discoverpekalongan

Cukup Kopi dengan dibumbui menggunakan Rempah yang ditumbuk, kemudian direbus selama 2 jam di dalam dandang hingga mendidih. Setelahnya, ditambahkan gula merah dan aduk hingga merata. Baru kemudian diseduh bersama dengan kopi bubuk, bisa ditambahkan juga susu kental manis agar terasa lebih nikmat bagi yang menyukainya. Wangi rempah yang kuat sangat terasa pada seduhan Kopi Tahlil ini.

Baca juga : Asal Muasal Kopi Tahlil Pekalongan

Kopi Tahlil, Kopi yang dulunya hanya dibagikan untuk suguhan pada acara tahlilan ini sekarang dapat sedulur ditemui di sudut-sudut kota Pekalongan Seperti depan PPIP atau Kospin Jasa atau bisa ke Kampung Arab di Lesehan Pak Usman. Kopi Tahlil paling enak dinikmati di malam hari atau tatkala musim penghujan agar badan tetap terasa hangat dan tentunya Kopi Tahlil Pekalongan bisa menyehatkan.

Sebenarnya mudah untuk membuat Kopi Tahlil dirumah, karena membuat kopi tahlil pekalongan tidaklah rumit dan perlu teknik khusus.

Berikut ini Resep dan Cara Membuat Kopi Tahlil Khas Pekalongan

Bahan-Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 liter air
  • 20 butir cengkih
  • 10 cm jahe
  • 10 cm kayu manis
  • 9 butir kapulaga
  • 7 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/2 butir pala
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 100 gram kopi bubuk

Cara Pembuatan Kopi Tahlil Pekalongan

  1. Rebus semua bahan, kecuali gula merah dan kopi bubuk, hingga mendidih. Kecilkan api, masak selama 2 jam.
  2. Masukkan gula merah, masak hingga gula larut. Angkat.
  3. Masukkan kopi hitam bubuk, aduk rata.
    Sajikan panas untuk 6 gelas.

Selamat Menikmati Kopi Tahlil dirumah ya sedulur.

Salam Cinta Pekalongan

 

Pustaka: discverpekalongan – resepnusantara

▼ Silahkan DiBagikan ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About Lestari Nurhadi

Dari saya untuk daerah tercinta