Home > PEKALONGAN > Kuliner > Resep Kuliner Pekalongan > Resep dan Cara Membuat Menu Sapitan Pekalongan

Resep dan Cara Membuat Menu Sapitan Pekalongan

Cintapekalongan.com – Menu Daging Sapitan (capitan) adalah sebuah masakan yang terbuat dari Daging Sapi yang ditumbuk halus dan dicampur dengan aneka ramuan rempah kemudian dibentuk sedemikian rupa yang dibungkus dengan capitan yang terbuat dari bambu dan dikunci menggunakan batang daun pepaya. Jadi Menu Daging Sapitan atau Capitan ini Daging Sapi yang dihaluskan kemudian di capit dan dibakar sehingga menciptakan aroma khas menggugah selera.

Bagi yang ingin membuat sendiri Menu Lezat ini, kamu bisa mengikuti step by step  Resep Menu Daging Sapitan lezat khas Pekalongan ini dibawah ini.

resep kuliner Sapitan pekalongan

Resep Membuat Sapitan Pekalongan

Bahan :

  1. Daging sapi sejumlah 500 gram
  2. Santan kental sejumlah 250 cc
  3. Daun salam sejumlah dua lembar
  4. Minyak sejumlah 3 sdm, buat menumis

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Soto Tauto Pekalongan

Bumbu Yang Dihaluskan :

  1. Kemiri sangrai sejumlah 5 butir
  2. Bawang merah sejumlah 8 buah
  3. Ketumbar sangrai secukupnya
  4. Asam sejumlah 1 sdm
  5. Gula pasir seperlunya
  6. Bawang putih sejumlah 4 siung
  7. Jintan secukupnya
  8. Lengkuas sejumlah 1 cm
  9. Garam seperlunya

Cara Membuat : 

  1. Cara membuat Sapitan adalah dengan merebus daging kedalam 400 mililiter air dan setengah bagian santan sampai lunak. Setelah itu angkat daging dan di memarkan. Sembari itu tumislah bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai matang dengan ditandai keluar aroma sedap yang enak,Kemudian tambahkan sisa santan dan daging tadi.
  2. Aduk terus dengan api kecil sampai kuah benar-benar mengering.
  3. Ambil Daging dan Jepit pakai bambu. Pada bagian ujungnya disumbat menggunakan batang daun pepaya. Lalu bakar seperti membakar satai di bara api sampai harum sambil dan sesekali dioleskan sisa bumbu yang ada.

Baca juga : Resep & Cara Membuat Megono Khas Pekalongan

Begitulah kira-kira Bahan dan Cara Membuat Menu Daging Sapitan Khas Pekalongan yang lezat di lidah. Kebayangkan jika Lezatnya Daging Sapitan ini ketemu dengan sedapnya Megono ditambah dengan tempe atau mendoang panas + sambel hmmm….. dijamin lahap dan betah deh di Pekalongan.

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com

TULIS KOMENTAR