Home > Sisi lain > Rindu Taman Hiburan Rakyat Pekalongan

Rindu Taman Hiburan Rakyat Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Tama Hiburan Rakyat

Cintapekalongan.com – Tahukah kamu masyarakat Pekalongan dahulunya punya pusat hiburan yang sangat populer. Ketenaran pusat hiburan tersebut menjadi primadona semua kalangan, mulai kawula muda hingga tua.

Taman Hiburan Rakyat adalah nama dari pusat hiburan itu. Taman Hiburan Rakyat atau biasa disebut THR memang sudah tiada. Namun jejak kepopulerannya masih bisa ditelusuri hingga sekarang. Coba saja sobat bertanya kepada orang aseli Pekalogan yang berumur kira-kira 35 tahun keatas, mereka akan bangga menceritakan mengenai ketenaran THR ini.

Dulu THR ini berokasi di sekitar Sayun (pasar loak & ikan hias sebelum relokasi) dan entah tahun berapa Taman ini eksis. maaf karena saya tidak “menangi” taman tersebut (saya anak kemarin sore). Disitu semua orang berkumpul untuk berekreasi bersama kerabat keluarganya. Di Taman Hiburan Rakyat terdapat aneka binatang + hiburan-hiburan menarik lain. Wow, asyiiik kali ya jika dibayangkan, hehe mungkin kayak di film-film itu lho ^^.

Gambar ini hanya pemanis saja
Gambar ini hanya pemanis saja

 

Wajar saja jika Taman ini menjadi primadona masyarakat pekalongan. Sayangnya THR ini sudah ditutup, entah apa yang menjadi penyebabnya, mungkin dari pengelolaannya atau yang lain. Tetapi taman tersebut merupakan sebuah bagian dari perubahan Peradaban di Pekalongan tercinta ini. Jika sekarang ini masih ada Taman Hiburan, paling hanya “Obrek-obrek“(sebutan orang sini) yang termakan zaman.

Sekarang ini masyarakat Pekalongan lebih memilih berkumpul-kumpul di kafe-kafe mulai kelas emperan sampai very very mewah. Mungkin ini efek kekinian dari masyarakat modern saat ini. Tidak ada kecerian-kecerian yang bisa didapat kecuali menguras dompet dan jepretan foto untuk dipajang di media sosial mereka. Hal ini tidak bisa menjadi kebanggaan yang berhistoris seperti THR yang benar-benar menyentuh masyarakat.

Saya maklumi zaman sudah berubah dan tidak mungkin lagi menciptakan Taman Hiburan yang setenar THR. Namun kenyataanya Masyarakat Pekalongan masih butuh taman-taman seperti itu yang bisa di gunakan untuk hiburan maupun rekreasi yang murah.

Saya salut dengan kinerja Pemerintah Pekalongan yang bekerja keras membangun ruang-ruang publik. Ini bisa menjadi alternatif untuk Taman Hiburan masyarakat Pekalongan sekedar menghabiskan waktu sore bersama teman, kerabat atau anak kecil mereka. Dengan kebutuhan masyarakat Pekalongan yang haus ini, diharapkan Pemerintah tidak membangun taman-taman atau ruang publik yang kurang bermanfaatnya. Kalau bisa taman yang ada di Kota ini didesain sedemikian rupa agar ramah lingkungan dan ramah anak dengan kearifan lokal yang ada.

 

Salam Cinta Pekalongan
Penulis : Angga

Image : Taman Hiburan di Surabaya

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Julukan Kota Pekalongan

Inilah 6 Nama Lain Kota Pekalongan yang Wajib Kamu Ketahui

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...