Home > Kuliner Pekalongan > Kuliner : Sapitan Menu Makan Khas Pekalongan

Kuliner : Sapitan Menu Makan Khas Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Ngomongin Kuliner Pekalongan semua orang pasti akan menyebut Megono. Jika orang lokal ditanya sama orang luar, paling banter akan nyebut Garam asem dan Tauto (selain megono). Hmm… Padahal Pekalongan kaya dengan Kuliner yang lezat dan khas lho.

Pekalongan memang sudah terkenal dengan sebutan kota batik atau tempat belanja batik murah ditambah lagi dengan predikat Kota Kreatif. Namun kalau soal kuliner, pasti kebanyakan belum pada ngerti. Sebetulnya Pekalongan tak hanya “Batik” ya saja yang gurih dipasaran namun ada juga kuliner-kuliner nya yang yahuud yang punya potensi besar untuk laku dipasaran. Beberapa waktu yang lalu, Chef Budi Lee membawa Tauto Pekalongan ke Pameran kuliner di Korea.

Hasilnya sangat luar biasa, 100% pengunjung suka dan ketagihan dengan Tauto Pekalongan. Lain cerita dengan Megono, ketika Bapak Susilo Bambang Yudhoyono datang ke Pekalongan, Beliau sangat menyukai hidangan Megono yang disuguhkan. Inilah bukti bahwa Pekalongan mempunyai potensi kekayaan Kuliner yang unik dan lezat bikin orang ketagihan.

Baca : Capret Jajanan Khas Pekalongan

Sudah saya sebutkan tadi bahwa salah satu Kuliner dan yang menjadi ciri khas Pekalongan adalah Megono. Kuliner Megono ini bisa anda temui di warung-warung yang buka berbagai sudut wilayah Pekalongan selalu menyediakan Megono.

Tapi tunggu dulu, bukan Megononya yang menjadi topik utama di artikel kali ini namun “Lauknya Megono” yakni Menu Masakan Sapitan atau Capitan. Pada artikel sebelumnya sudah pernah saya jabarkan apa itu Menu Capitan atau Sapitan Daging ini. Namun untuk lebih mengenalnya lagi, tidak ada salahnya jika kembali saya berikan sedikit deskripsi mengenai Menu Sapitan khas Pekalongan ini.

Sapitan dan Nasi Megono
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Sapitan dan Nasi Megono Sambal

Apa itu Menu Sapitan Daging ?

Menu Sapitan (capitan) adalah sebuah masakan yang terbuat dari Daging Sapi yang ditumbuk halus dan dicampur dengan aneka ramuan rempah kemudian dibentuk sedemikian rupa yang dibungkus dengan capitan yang terbuat dari bambu dan dikunci menggunakan batang daun pepaya. Jadi Menu Daging Sapitan atau Capitan ini Daging Sapi yang dihaluskan kemudian di capit dan dibakar sehingga menciptakan aroma khas menggugah selera.

Bahan Membuat Menu Daging Sapitan Pekalongan

  1. Daging sapi sejumlah 500 gram
  2. Santan kental sejumlah 250 cc
  3. Daun salam sejumlah dua lembar
  4. Minyak sejumlah 3 sdm, buat menumis

Bumbu Yang Dihaluskan :

  1. Kemiri sangrai sejumlah 5 butir
  2. Bawang merah sejumlah 8 buah
  3. Ketumbar sangrai secukupnya
  4. Asam sejumlah 1 sdm
  5. Gula pasir seperlunya
  6. Bawang putih sejumlah 4 siung
  7. Jintan secukupnya
  8. Lengkuas sejumlah 1 cm
  9. Garam seperlunya

Baca : Kecap dan Tauco Pulau Jawa, Oleh-oleh dari Pekalongan

Cara Membuat Menu Daging Sapitan Pekalongan

Cara membuat Sapitan adalah dengan merebus daging kedalam 400 mililiter air dan setengah bagian santan sampai lunak. Setelah itu angkat daging dan di memarkan. Sembari itu tumislah bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai matang dengan ditandai keluar aroma sedap yang enak,Kemudian tambahkan sisa santan dan daging tadi. Aduk terus dengan api kecil sampai kuah benar-benar mengering. Ambil Daging dan Jepit pakai bambu. Pada bagian ujungnya disumbat menggunakan batang daun pepaya. Lalu bakar seperti membakar satai di bara api sampai harum sambil dan sesekali dioleskan sisa bumbu yang ada.

Sapitan Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL | Kuliner Sapitan Khas Pekalongan

Begitulah kira-kira Bahan dan Cara Membuat Menu Daging Sapitan Khas Pekalongan yang lezat dilidah. Kebayangkan jika Lezatnya Daging Sapitan ini ketemu dengan sedapnya Megono ditambah dengan tempe atau mendoang panas + sambel hmmm….. dijamin lahap dan betah deh di Pekalongan.

Dimana saya bisa menemukan Sego Megono + Sapitan ini ? Silahkan saja datang ke Lesehan Sego Megono Rindu malam / Rizky / temu konco dll disepanjang jalan Urip Sumoharjo ini bisa memuaskan hasrat berburu kuliner khas pekalongan yang satu ini, tetapi sayang warung Lesehan ini mulai buka jam 5 sore jadi bisa sekalian berwisata kuliner malam di Pekalongan ini dengan icip-icip Sapitan dan Nasi Megono.

Bagikan artikel ini jika ingin Kuliner Pekalongan dikenal Dunia !!!

Salam Cinta Pekalongan

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Onty Cake Pekalongan

Roti Enak di Onty Cake Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Mie Ayam Enak di Pekalongan - pict by Hendro Pramono

TOP 5 Warung Mie Ayam Enak di Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...