Home > Sejarah > Cagar Budaya Pekalongan > Cagar Budaya : Sejarah Gedung Bakorwil Pekalongan

Cagar Budaya : Sejarah Gedung Bakorwil Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.comGedung Bakorwil yang terletak di kawasan Jetayu mempunyai sejarah tersendiri bagi Kota Pekalongan. Gedung kuno dengan arsitektur Eropa dahulunya merupakan Rumah Jabatan yang dipakai Residen Pekalongan tempo dulu istilah kerennya adalah Rumah Dinas bagi Residen gitu. Memang betul kawasan Jetayu dikelilingi dengan bangunan-bangunan tua yang penuh sejarah dan eksotisme tersendiri, atas dasar itu pula kawasan ini menjadi kawasan Budaya Jetayu yang dalam waktu mendatang akan menjadi kawasan cagar budaya bagi Kota Pekalongan.

Lokasi Gedung Bakorwil Pekalongan

Gedung Bakorwil Pekalongan terletak di Jalan Diponegoro, Dukuh, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Atau berada di kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan

Bangunan Gedung Bakorwil

Gedung ini juga disebut dengan Rumah Jabatan Pembantu Gubernur Jawa Tengah atau sekarang dirubah menjadi Gedung Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil). Gedung ini bercirikan tembok tebal, langit-langit tinggi, bagian depan terdapat pilar-pilar besar serta pintu dan jendela yang berukuran besar pula. Di kelilingi dengan halaman yang sangat luas serta banyak pepohonan yang membuat sejuk, adem dan asri rumah ini.

Sejarah Gedung Bakorwil Pekalongan
Foto Gedung Bakorwil Pekalongan Tempo Dulu
Gedung karesidenan Pekalongan
Gedung karesidenan Pekalongan, Terpihat Pos Penjaga khas Kolonial

Baca : Brug Lengkung Pekalongan

Banyak pula orang-orang yang menjadikan bangunan/ halaman rumah ini sebagai latar acara resepsi mereka, tak sedikit pula para kawula muda yang melakukan hobi mereka berburu foto di tempat ini. Keindahan dan keseraman nampak pada bangunan rumah ini, pada bagian selatan bangunan ada sebuah bengunan yang nampak sangat menyeramkan karena lokasi yang sepi ditambah dengan wujud bangunan tua.

Gedung Bakorwil Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Gedung Bakorwil Pekalongan Nampak Depan

Rumah Jabatan Residen Pekalongan ini memiliki luas lebih dari 5000 m2 yang mulai dibangun pada tahun 1850, hampir sama dengan Kantor Residen yang berada di jalan Pemuda pada era Residen J. Van der Eb yang menjabat sebagai residen Pekalongan dari tahun 1849 – 1852. Perlu waktu 3 tahun lamanya untuk menyelesaikan seluruh bangunan Rumah Dinas bagi Residen Pekalongan ini.

Gedung Bakorwil Bagian Dalam
Gedung Bakorwil Bagian Dalam

 

Baca juga : Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan

Residen George Johan Peter van del Poel adalah orang pertama yang menempati rumah dinas ini.

Sayangnya, entah benar atau tidak , ada rencana dari pemerintah pusat/provinsi yang akan menjadikan gedung ini sebagai kantor pemerintahan mereka. Sungguh sangat disayangkan bila harus terjadi. Lebih asyik dan menarik lagi bila gedung ini dibuat untuk Museum khusus Pekalongan, karena di Pekalongan banyak sekali sejarah-sejarah penting yang harus di ketahui para kawula muda dan anak-anak agar mereka bisa berbangga dan tidak melupakan jati diri mereka sebagai orang Pekalongan.

Halaman Gedung Bakorwil Pekalongan
Halaman Gedung Bakorwil Pekalongan

Mari kita lestarikan Cagar Budaya Kota Pekalongan dengan tidak melakukan Vandalisme (corat-coret), mengotori tempat (buang sampah sembarangan) dan lain sebagainya.

Salam Cinta Pekalongan

 

Penulis : Angga

Sumber : Dirhamsyah, M. (2015). Pekalongan Yang (Tak) Terlupakan. Pekalongan: KPAD Kota Pekalongan.

 

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Sejarah Asal-usul Nama Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Sejarah Asal-usul Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...