Home > Sejarah > Cagar Budaya Pekalongan > Cagar Budaya : Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan

Cagar Budaya : Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Menjelajahi bangunan tua di Kota Pekalongan memang tak ada bosannya. Selain memiliki seni arsitektur yang khas benua biru, juga terdapat sejarah maupun peristiwa penting didalamnya. Meski sudah berusia ratusan tahun, bangunan ini tetap gagah dan mempesona seakan tetap menampilkan kejayaan di masanya.

Tepatnya di depan Monumen Juang Pekalongan tepatnya di sebelah Jalan Pemuda Pekalongan, ada kompleks bangunan tua seluas 2.745 m2 yang di bangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda, yakni Kantor Residen Pekalongan atau biasa disebut dengan Gedung Karesidenan Pekalongan. Sementara untuk Rumah Jabatan Residen Pekalongan nya ada di Komplek Jetayu. Baca juga : Sejarah Gedung Bakorwil Pekalongan

Lokasi Gedung Kantor Residen Pekalongan

Gedung Kantor Residen Pekalongan  terletak di Jl. 1850 Pemuda No.45, Bar,  Kergon, Pekalongan Bar, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya di depan Monumen Juang Pekalongan, di sebelah Jalan Pemuda Pekalongan.

Sejarah Gedung Kantor Residen Pekalongan
Gedung Kantor Residen Pekalongan saat ini nampak depan | Foto via explorepekalongan

Gedung Kantor Residen Pekalongan ini di perkirakan dibangun sekitar tahun 1850, wow sudah sangat tua lebih tua dari kota madya Pekalongan. Dengan gaya bangunan mengikuti trend arsitektur Eropa yang disesuaikan dengan iklim tropis indonesia, dimana terdapat atap yang tinggi disertai jendela berukuran besar.

Pembangunan Gedung Residen Pekalongan ini dilakukan setelah industri gula di wilayah Karesidenan Pekalongan mengalami kemajuan yang pesat, sehingga pemerintah Belanda membutuhkan sebuah kantor untuk mengatur roda administratif dan jalannya pemerintahan.

Baca juga : Lebakbarang Pernah Jadi Pusat Pemerintahan Darurat Karesidenan Pekalongan

Pencetus pembangunan Kantor Residen Pekalongan adalah Residen J. Van Der Eb, ia memulai pembangunan atas dasar perintah dari Gubernur Hindia-Belanda Jan Jacob Rochussen. Pemerintah Hindia-Belanda saat itu memandang agar membuat pusat pemerintahan guna mengamankan kebijakan dan hasil perkebunan yang mampu menyumbang devisa Kerajaan Belanda. So, kalian bisa berbangga karena Bangsa kita selama ratusan tahun memberikan kekayaannya untuk bangsa lain.

Selain untuk pusat administratif perkebunan, Gedung ini juga berfungsi sebagai Pusat Komando Pasukan Hindia-Belanda se-Karisidenan Pekalongan.

Kantor Residen Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Kantor Residen Pekalongan atau Komando Pekalongan

Saat ini kondisi Gedung sudah mulai mengalami kerusakan terlihat dari beberapa Jendela yang terbuat dari kayu yang sudah mulai lapuk meskipun secara keseluruhan Gedung ini masih kokoh berdiri.

Gedung Residen ini juga menjadi saksi sejarah Bangsa Indonesia yang sangat penting karena menjadi tempat berlangsungnya perundingan pejabat Kominte Nasional Daerah Indonesia Pekalongan saat peralihan kekuasaan dari tentara Jepang pada bulan Oktober. Dari perundingan ini terjadilah Peristiwa Berdarah 3 Oktober 1945 di Kebonrojoinilah asal mula Monumen Juang Pekalongan.

Baca : Fort Peccalongan, Benteng Tua Milik Kota Pekalongan

Dan untuk sekarang ini, Gedung Kantor Residen ini banyak dimanfaatkan oleh kawula muda untuk hunting foto. Dan semoga kedepannya gedung ini masih terjaga dan menjadi objek wisata tua di Kota Pekalongan.

 

Sumber : Dirhamsyah, M. (2015). Pekalongan Yang (Tak) Terlupakan. Pekalongan: KPAD Kota Pekalongan.

Penulis : Angga

 

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Sejarah Asal-usul Nama Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Sejarah Asal-usul Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...