Home > Sejarah > Cagar Budaya Pekalongan > Cagar Budaya : Sejarah Masjid Wakaf Pekalongan

Cagar Budaya : Sejarah Masjid Wakaf Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.comPekalongan merupakan sebuah kota di pesisir utara pulau jawa yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama islam. Banyak peninggalan akan kebesaran islam tanah Pekalongan.

Diantara peninggalan tersebut, ada sebuah masjid yang berada di kampung arab sampangan yakni Masjid Wakaf. Ada cerita sejarah yang unik dari pembangunan masjid ini. Bagaimana ceritanya ? Mari simak ulasan berikut.

Pembangunan Masjid Wakaf Pekalongan berawal dari kadatangan seorang saudagar dari Hadramaut – Yaman Selatan. Saudagar tersebut bernama Sayied Husein bin Salim bin Abu Bakar bin Achmad bin Husein bin Umar bin Abdurahman Alatas. Beliau datang ke Pekalongan untuk menyebarkan agama islam. Tak heran jika Pekalongan menjadi tujuan penyebaran islam karena pada zaman itu Pekalongan sangat ramai di dunia perdagangan.

Baca juga : Sejarah Jembatan Loji

Sejarah Masjid Wakaf Pekalongan

Menurut seorang pengurus Masjid Wakaf, Habib Abdullah bin Hud menceritakan bahwa Sayeid Husein datang pertama kali ke Pekalongan bersama murid-muridnya. Selain membawa ilmu agama, beliau juga membawa serta harta bendanya (barang dagangan).

Sesampainya beliau di Pekalongan, Sayied Husein tidak menemukan tempat ibadah yang cocok, sehingga pada tahun 1854 masehi beliau membeli sebidang tanah di tengah hutan yang sekarang lokasinya adalah jalan Surabaya.

masjid wakaf pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || masjid wakaf pekalongan

Tanah yang dibeli Sayied Husein tersebut pada zaman dahulu merupakan kawasan hutan tengan sebagian tanahnya digunakan untuk pemakaman, terutama pemakaman pada pedagang yang meninggal pada saat perjalanan menuju Pekalongan.

Sebelum masjid ini dibangun, memang sudah ada sedikit bangunan, kemudian oleh Sayied Husein diratakan dengan tanah. Selanjutnya Sayeid Husein melakukan Sholat perdana. Seusai salam pada takhiyat akhir, beliau kaget ternyata ada banyak makmum tanpa diketahui dari mana asalnya. Bisa dibilang itu makhluk gaib (entah jin atau malaikat yan gikut sholat) karena sesudah itu, sebelum menghilang mereka membisikan kepada Sayied Husein bahwa tempat yang ia akan bangun masjid akan menjadi pusat keramaian dimasa yang akan datang.

Banyak orang yang heran dan mempertanyakan niat Sayied Husein yang membangun masjid di tanah bekas kuburan tersebut. Namun beliau tetap melanjutkan untuk membangun masjid.

Dan bisikan itu terbukti benar, sekitar tahun 1955 hingga 1970 lokasi sekitar Jalan Surabaya, Jalan Semarang, dan Jalan Bandung menjelma menjadri sentra perdagangan Batik dan kain tenun Pekalongan.

Baca : Sejarah Masjid Agung Al-Jami’ Kauman Pekalongan

Sampai sekarang kawasan tersebut masih majadi salah satu pusat keramaian di Pekalongan. Yakni disekitar masjid Wakaf ini dibagun dekat dengan pasar banjarsari atau mall borobudur.

Itulah sedikit cerita sejarah masjid Wakaf Pekalongan yang ada di Sampangan. Semoga bisa bermanfaat menambah wawasan kita mengenai Kota Pekalongan. Semoga ini bisa menjadi referensi untuk berwisata religi di Pekalongan.

 

Referensi :

  1. (Dirhamsyah, M. (2015). Pekalongan Yang (Tak) Terlupakan. Pekalongan: KPAD Kota Pekalongan.)
  2. Image : Google.com
▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Sejarah Asal-usul Nama Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Sejarah Asal-usul Kelurahan Panjang Kota Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Daftar Bangunan Bersejarah di Kawasan Budaya Jetayu Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...