Home > Kebudayaan > Tradisi Pekalongan > Sejarah Tradisi Balon Udara Di Pekalongan

Sejarah Tradisi Balon Udara Di Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Sejarah Tradisi Balon Udara di Pekalongan, Setiap tanggal 8 Syawal atau 7 hari setelah hari raya idul fitri , masyarakat kota pekalongan akan melakukan sebuah tradisi yang unik. Yakni tradisi melepas Balon Udara beraneka ragam bentuk dan warna yang disertai dengan mercon atau petasan. Tradisi Balon udara ini cuma ada dua di jawa tengah,yakni di Wonosobo dan Pekalongan.

Baca juga : Sejarah Tradisi Lopis Raksasa Kota Pekalongan

Biasanya yang membuat Balon – Balon Unik ini adalah para pemuda kampung di tiap wilayah atau desa yang sangat kreatif.Mereka bergotong royong untuk membuat Balon udara ini dengan meminta sumbangan seikhlasnya kepada warga. Material untuk membuat balon ini juga beragam mulai dari berbahan Plastik warna hingga kertas warna-warni.

Balon Motif Batik
Balon Motif Batik saat syawalan

Dan Balon Udara ini dilepaskan antara pukul 06.00 sampai 08.00 pagi. Jadi pada jam-jam tersebut,langit Kota Pekalongan akan terasa medan peperangan yang banyak bom dijatuhkan di udara. Ada kesan gengsi tersendiri antar kampung atau bagi pemuda-pemuda yang membuat balon unik ini.

Balon Udara di Pekalongan Zaman Dahulu
Tradisi Balon Udara di Pekalongan Zaman Dahulu

Setelah Balon Udara ini dilepaskan akan menimbulkan rasa suka cita dan kepuasan tersendiri. Dan ini yang menjadi ciri khas Pekalongan saat merayakan hari ke-8 Bulan Syawal.

Sayangnya,pemerintah kota belum mau mengatur dan mendukung tradisi ini. Karena memang tradisi ini sangat berbahaya karena ada petasan yang berukuran besar alias jumbo. Untuk itu, bagi pemuda Pekalongan untuk selalu berhati-hati dan menentukan standar keselamatan yang tinggi saat melakukan tradisi unik ini.

Aneka Bentuk Balon Udara yang unik
Aneka Bentuk Balon Udara yang unik

Sejarah Tradisi Balon Udara di Pekalongan :

Baca : Kemeriahan Dan Filosofi Tradisi Syawalan Lopis Raksasa 2015

Awalnya Tradisi belepas Balon Udara yang beraneka ragam bentuk dan warna dilakukan oleh warga Indo-Eropa yang menetap di Kota Pekalongan saat penjajahan Belanda. Kemudian untuk Tradisi Petasannya , dibawa oleh warga keturunan Tionghoa alias China ketika merayakan suatu hari raya. Dan oleh oleh warga Pribumi Pekalongan, Kedua Tradisi ini digabungkan dan tetap dilakukan turun – temurun hingga sekarang ini.

Balon Warna warni saat Syawalan
Balon Warna warni saat Tradisi Syawalan

Begitulah sejarah singkat mengenai Tradisi Balon Udara Di Pekalongan yang mengagumkan. Banggalah menjadi Pemuda Pekalongan, Karena kota ini sungguh Kreatif dari dulunya ^^. Ayo promosikan postingan ini dan Mari kita promosikan Kota Pekalongan yang sangat kaya dengan Budaya dan Sejarah ini.

(Gagah)

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Landmark Dieng

Wisata ke Dieng Lewat Jalur Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Daftar Tempat Merayakan Malam Tahun Baru di Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...