Situs Petilasan Syekh Lemah Abang di Doro
Petilasan Syekh Siti Jenar Di Doro Pekalongan

Situs Petilasan Syekh Lemah Abang di Doro

Cintapekalongan.com – Di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro terdapat sebuah petilasan dari seorang yang bernama Syekh Siti Jenar atau dikenal dengan Syekh Lemah Abang. Petilasan ini diduga berasal dari periode dimana Syekh Siti Jenar pernah ada.

Kawasan dimana petilasan ini berada merupakan daerah yang tinggi dan masih dijumpai beberapa pohon besar di sekitarnya, serta tidak jauh dari pemukiman penduduk. Pada sekitar petilasan terdapat sejumlah makam yang terletak di bagian kiri dan kanan jalan masuk ke tempat bangunan utama petilasan.

Petilasan Syekh Lemah Abang Doro Pekalongan
Bangunan Utama Petilasan Syekh Siti Jenar di Doro

Bangunan Petilasan Syekh Siti Jenar yang sekarang terlihat ini, tampaknya merupakan bangunan baru yang berdiri di atas pondasi yang telah diberi marmer sekelilingnya. Bangunan berukuran 4,2 x 4,16 meter yang memiliki pintu masuk yang berada di salah satu sisi bangunan tersebut. Pintu masuk berukuran setinggi 1,3 meter dan lebar 53 cm ini termasuk ukuran pintu yang cukup kecil dan rendah sehingga orang-orang yang akan masuk ke dalam petilasan harus menundukkan badan dan kepalanya.

Baca juga : Keris Suratman, Keris Legendaris Asal Pekalongan

Didalam petilasan hanya terdapat satu makam yang telah direnovasi. Di bagian tengah petilasan terdapat gundukan tanah dan pada sisi utara dan selatan terdapat tiang kayu yang berfungsi sebagai nisan. Pada keempat sisi bangunan petilasan telah diberi marmer hitam.

Petilasan Syekh Siti Jenar Di Doro Pekalongan

Secara konseptual, pemakaman atau kuburan merupakan lokasi dimana didalamnya terdapat jenazah dari tokoh yang disebutkan. Biasanya terdapat nisan yang salah satu sisinya terdapat tulisan atau keterangan tentang tokoh atau tanggal wafat dari tokoh tersebut.

Sedangkang Petilasan, seringkali dimasksudkan tempat atau seorang tokoh yang pernah menjejakkan kakinya (napak tilas) di tempat tersebut untuk beberapa lama dan belum tentu di dalamnya terdapat jenazah dari tokoh yang dimaksud. Hal ini bisa diketahui dari nisannya yang seringkali tidak bertuliskan atau tidak terdapat keterangan tentang tokoh yang dimaksud.

Perihal Petilasan Syekh Lemah Abang atau Syekh Siti Jenar di Doro, sejalan dengan uraian diatas, dan berdasarkan sejarah cirebon maka jelas bukan merupakan Makam dari Syekh Siti Jenar atau Syekh Lemah Abang Melainkan sebatas Petilasannya saja, karena makamnya diyakini ada di desa kemlaten, Cirebon. Ada pula yang menyebutkan bahwa disitu merupakan makam dari pengikut / murid Syekh Siti Jenar yang berdakwah di wilayah Doro, Pekalongan.

Baca juga : Situs Gumuk Sigit Desa Rejosari Bojong Kabupaten Pekalongan

Namun berdasarkan berbagai versi cerita yang berkembang di masyarakat perihal kisah kematian Syekh Siti Jenar, dimana salah satu versi menyebutkan kematian dari Syekh Siti Jenar ini terjadi akibat dari eksekusi para wali songo dan atas keinginan Syekh Siti Jenar sendiri.

Syekh Siti Jenar

Pemakamannya dilakukan secara rahasia di Cirebon dan kemudian oleh murid-murid Syekh Siti Jenar diambil jenazahnya dan dimakamkan kembali di tempat lain sehingga tokoh ini akhirnya memiliki banyak makam. Sejalan dengan berbagai versi tentang lokasi makam Syekh Siti Jenar yang dijumpai dibanyak tempat, salah satunya adalah di Pekalongan ini.

Menurut Achmad Chodjim (2009), Siti Jenar sebenarnya bernama Ali Hasan yang menempuh pendidikan agamanya di Baghdad. Tampaknya dia belajar dari orang-orang Syiah, dia juga mempelajari Ihya Ulumuddinnya Imam Al Gazali, dan merupakan golongan Mu’tazilah.

Baca juga : Mengenal Patung Dwarapala “Baron Sekeber” Rogoselo

Pandangan Siti Jenar adalah Pandangan Jawa. Jadi menurut Achmad Chodjim menduga dia adalah orang Jawa. Setelah berguru dari Baghdad, dia mendapat julukan Siti Jenar (merujuk dari daerah dia berasal). Dari segi sejarah, Jenar adalah suatu tempat di daerah Sregen, Jawa Tengah.

 

Sumber : Jelajah Pusaka Alam dan Budaya Lemah Abang Pekalongan, Kemendikbud

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan media referensi tentang info Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan mu. Submit esaimu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap esai mu yang tayang.

----------------------------------------------
donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya untuk mengembangkan website ini agar lebih bermanfaat. Donasi digunakan untuk perawatan server dan kegiatan amal. Terima Kasih

About Angga Panji W

Saya adalah Blogger paruh waktu dari Indonesia . Tujuan saya disini sebagai anak Pekalongan ingin memperkenalkan kota tercinta ini kepada dunia dengan konten digital. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih. Salam Cinta Pekalongan

TULIS KOMENTAR

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang