15 Tempat Kuliner Enak Khas Tegal yang Menggugah Selera – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO Jawa Tengah & DIY 15 Tempat Kuliner Enak Khas Tegal yang Menggugah Selera
Sate Mendo Wendy’s

15 Tempat Kuliner Enak Khas Tegal yang Menggugah Selera

Tempat Kuliner Tegal – Aktivitas yang sering dilakukan pada waktu weekend kebanyakan nongkrong bersama keluarga, serta mengunjungi tempat kuliner di Tegal yang nikmat dan lezat. Namun diantara tempat tersebut pasti ada rumah makan terkenal yang pas untuk disambangi, ketika bersama teman ataupun pacar. Menikmati kuliner saat akhir pekan terbukti bisa menghilangkan stress.

Kota ini merupakan salah satu daerah yang terdapat di Jawa Tengah. Letaknya ada di sebelah utara Jawa tepatnya di Pantura atau pantai utara jawa. Ketika mendekati musim mudik, tentunya kota Tegal sangat ramai wisatawan. Agar liburan para wisatawan tidak bosan selama singgah di kota ini, ada beberapa Makanan Khas Tegal yang bisa dicoba.

1. Warung Makan Sauto Pak Da’an

Warung Makan Sauto Pak Da’an

Rumah makan di Tegal ini selalu ramai pengunjung setiap harinya dengan berbagai plat nomor kendaraan yang berdatangan. Sauto merupakan kepanjangan dari soto tauco atau jika di Pekalongan Tauto namanya. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa unik dan mengunggah.

Ada rasa manisnya, asin dan juga sedikit asam dengan kuah gelap kemerahan yang menggoda selera. Di dalam Sauto sendiri terdapat isian suwiran daging ayam, irisan kol, tauco dan juga daun bawang. Umumnya nasi sudah masuk di dalam mangkuk, namun Anda juga bisa meminta dipisah.

Baca juga : 10 Daftar Tempat Kuliner dan Cafe Hits Pemalang yang Instagramable

Untuk mencoba kuliner Tegal yang satu ini , kamu bisa Ke Jl. Raya Talang 100 dan menemukan warung makan sauto Pak Da’an. Warung ini juga telah terkenal dan sangat populer di Tegal sehingga kamu wajib rasanya untuk mencicipinya.

2. Lontong Cap Go Meh Warung Ibu Wing

Lontong Cap Go Meh Tegal

Biasanya makanan Lontong Gap Go Meh itu terkait dengan tradisi Imlek masyarakat Tionghoa. Meskipun memiliki nama yang identik dengan perayaan Imlek, namun kamu bisa menikmati kuliner ini setiap hari di Tegal. Warung yang menjual menu ini dengan rasa yang telah terpercaya adalah Warung Ibu Wing. Lontong Cap Go Meh ini secara tampilan memang mirip dengan lontong sayur dengan rasa yang berbeda. Semakin istimewa dengan tambahan telur dan suwiran ayam.

Lokasi: Jl. Waringin No.35,kel, Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal

3. Warung Makan Miraos

Warung Makan Miraos

Warung yang satu ini adalah warteg yang menjual makanan dengan aneka lauk yang beragam. Di warung makan Miraos Anda bisa menemukan berbagai makanan khas Tegal seperti sego panggol, sauto hingga nasi lengko. Menariknya warung makan ini buka selama 24 jam sehingga Anda bisa mampir kapanpun. Warung makan ini juga miliki tempe mendoan dengan rasa gurih yang menjadi primadonanya, jangan lupa untuk mencobanya.

Baca juga : 10 Tempat Kuliner di Batang Paling Direkomendasikan untuk Wisatawan

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.5, Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal

4. Warung Makan Pi’an

Warung makan Pi’an

Kamu tidak ingin menikmati kuliner khas dari Tegal yang satu ini ? Namanya nasi Lengko. Sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipinya. Kamu bisa mampir ke tempat legendaris yang satu ini, Warung makan Pi’an. Warung ini sudah ada sejak tahun 1926 silam dengan menu Nasi plus tambahan sayuran, irisan tahu, bumbu kacang dengan kerupuk mie di atasnya ini memang akan membuat Anda kenyang dan puas. Nasi Lengko sendiri bisa dikatakan sebagai kuliner yang kaya akan gizi kamu.

Lokasi: Jl. Kolonel Sudiarto, Slerok, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal

5. RM. Sate Mendo Wendy’s

Sate Mendo Wendy’s

Ingin mencoba Sate khas Tegal yang terkenal itu ? Sate dengan Daging Kambing Muda di tegal ini memang menjadi juara dan harus dicoba ketika kamu sedang berada di Tegal. Tak hanya menyediakan sate, tempat makan ini juga menyediakan menu lain seperti gule, garang asem, dan juga sop kambing yang pastinya membuat liur menetes.

Yang membuat sate kambing di tempat ini populer adalah dagingnya yang empuk dengan potongan yang pas. Akan semakin nikmat jika disantap dengan garang asem atau sop kambing sebagai menu pendamping. Bumbu kecap dan nasi panas juga siap membuat Anda merasa lebih kenyang dan kenikmatan yang tiada duanya.

Baca juga : 7 Makanan Khas Batang Yang Terkenal Enak dan Menggoda Selera

Lokasi: Jl. Letjen. Suprapto, Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

6. Kupat Glabed

Kupat Glebed

Jangan sampai kamu tidak mencoba Kuliner khas Tegal yang satu ini ya !! Rugi banget deh kalau kamu sampai tidak menikmatinya. Kupat Glabed merupakan kupat yang diberi kuah santan kental dengan campuran tepung maizena. Sajiannya semakin menarik dengan tambahan kerupuk mie di atasnya. Tak jatang Kupat Glabed disandingkan dengan sate Blengong yang juga akan membuat lidah Anda terpuaskan. Jika sedang ke Tegal jangan lupa untuk menikmati makanan satu ini.

Lokasi: Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

7. Es Lontrong

Es Lontrong

Kulineran paling asyik nyari yang seger-seger, Es Lontrong patut untuk dicoba.  Sekarang saatnya untuk mencicipi minuman khas dari Tegal. Ada Es lontrong yang super murah Cuma 4 ribu saja Anda sudah bisa menikmati segarnya es legendaris di Tegal ini.

Es Lontrong perpaduan dari cincau, kacang hijau, gula merah dan santan. Es Lontrong ini masuk dalam jajaran streat food di Tegal.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.26, Slawi, Slawi Wetan, Kec. Slawi, Kota Tegal

8. Tahu Murni Putra

Tahu Murni Putra

Tahu ini juga dikenal dengan nama Tahu Aci. Tahu murni merupakan salah satu jajanan khas dari Tegal. Jadi cocok dipakai sebagai oleh-oleh khas dari Tegal. Tahu murni ini menyediakan berbagai olahan tahu seperti tahu aci, tahu pletok, kerupuk tahu, tahu royal, pepes tahu dan olahan tahu lainnya dengan citarasa gurih, lembut dan pedas.

Baca juga : 11 Daftar Tempat Wisata Kuliner Di Pekalongan

Tahu Murni dari rumah makan Nata Jaya adalah salah satu tempat Anda bisa mendapatkan olahan tahu Murni yang enak.

Lokasi: Jl. AR. Hakim No.100, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

9. Ikan Bakar Mekar Tegal

Ikan Bakar Mekar Tegal

Sebagai Kota Bahari, Rasanya kurang lengkap jika ke Tegal tanpa makan dari olahan hasil laut atau Seafood. Salah satu tempat makan yang menyediakan menu olahan ikan dan seafood adalah Rumah Makan Mekar Tegal.

Menu andalan Rumah Makan Mekar Tegal ini adalah ikan bakarnya yang super bikin ngiler, juga ada udang asam manis dan cumi saus asam manis yang sangat menggugah selera. Tertarik untuk menikmati kelezatan ikan bakar khas Tegal jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Mekar.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No.43 Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

10. Bakso Rudal Tegal

Bakso Rudal Tegal

Siapa sih yang gak doyan Bakso ? Yups, makanan ini yang hampir ada di setiap pelosok daerah di Indonesia. Maka dari itu, mau nyari Bakso di Tegal dan yang sedang hits adalah Bakso Rudal. Ada apa dengan Bakso Rudal Tegal ? ternyata Bakso Rudal ini sajian Bakso dalam ukuran yang besar, sebesar bola tenis.

Baca juga : Ragam Hidangan Es Khas Dari Pekalongan Yang Enake Pok!

Isian bakso ada daging cincang halus, sebagai pelengkapnya diberikan tambahan mie, bihun, toge, irisan daun bawang dan bawang goreng. Nama bakso rudal begitu terkenal di Tegal. Bakso Rudal cocok dinikmati di segala kondisi terutama saat cuaca mendung syahdu.

Lokasi: Jl. KS. Tubun Kelurahan No.115, Debong Tengah, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal

11. Warung Sate Ayam Margasari

Warung Sate Ayam Margasari Tegal

Sate kambing pokoknya salah satu makanan tujuan utama Kalau ke Tegal, tapi kalau kamu tidak ingin dengan daging kambing, kamu bisa mencoba sate lainnya yaitu sate ayam. Salah satu tempat makan sate ayam yang terkenal dan enak di Tegal adalah Sate Ayam Margasari.

Warung sate Margasari ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan sudah banyak pelanggan yang datang dan mencicip sate yang khas dan enak ini dari berbagai kalangan.

Baca juga : 5 Kuliner Khas yang tersembunyi dibalik kota Batik

Selain ada menu sate ayam juga ada sate kulit, sate ati ampela dan satu campuran dari semuanya. Uniknya, warung sate ini menggunakan kuah kuning yang satukan degan tusukan daging empuk, bumbu kacangnya legit dan dengan irisan lontong yang membuat rasanya makin enak.

Lokasi : Jl. A. Yani Tegal Buka jam 09.00 – 21.00

12. Ayam Goreng Lombok Idjo Tegal

Ayam Goreng Lombok Idjo Tegal

Ayam Goreng Spesial dengan sambal Lombok Idjo sangat mengugah selera setiap tamu yang datang. Rumah makan Ayam Goreng Lombok Idjo Tegal ini merupakan salah satu tempat makan enak di tegal. Sebagai menu andalannya ayam goreng yang enak dan lezat.

Disamping menu ayam goreng juga ada menu-menu yang lainnya seperti makanan dari ikan, dan olahan daging sapi yang tentunya memiliki rasa yang lezat.

Lokasi : Raya Karang Anyar No.21A, Pekauman Kulon, Dukuhturi, Tegal

13. Nasi Ponggol Setan Ibu Kusniroh

Nasi Ponggol setan kusniroh

Menu sarapan pagi hari yang paling terkenal di Tegal ini adalah menu Nasi Ponggol. Dalam satu porsi Nasi Ponggol akan berisi nasi putih dan lauk mulai dari sambal goreng tempe atau orek tempe, mie goreng, teri kacang, telur pindang, tempe goreng, ayam, hingga sambal. Nasi ponggol pada umumnya dibungkus dengan daun pisang sehingga akan terasa lebih sedap.

Menu seperti ini kamu jumpai dengan mudah di setiap sudut Kota maupun Kabupaten Tegal pada saat jam sarapan atau pagi hari. Nah, salah satu nasi ponggol paling populer adalah Ponggol Setan Ibu Kusniroh yang Jam buka selama 24 jam.

Baca juga : 7 Sajian Menu Sarapan Sedap Khas Pekalongan

Ciri khas dari Ponggol Setan Ibu Kusniroh yaitu berupa sambal goreng tempe yang pedas. Untuk tambahan lauk lainnya tersedia telur rendang, ayam, ceker, gorengan, dan mie. Range harga sekitar 10 – 17 ribu rupiah, tergantung lauk yang dipesan. Bagi Anda penyuka makanan pedas, sepertinya wajib mencoba nasi ponggol setan ini.

Lokasi : terletak di Jl. Kemuning No.01, Kejambon, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

14. Kupat Blengong Mas Diryono

Kupat Blengong Mas Diryono

Kupat Blengong merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di sepanjang kawasan Tegal hingga Brebes. Sesuai namanya, Kupat Blengong terdiri dari ketupat berkuah kental yang gurih dengan lauk sate Blengong. Apa itu Blengong? Blengong merupakan hewan hasil persilangan antara bebek / itik dengan mentok (entok).

Penjual Kupat Blengong yang enak di Tegal dan cukup terkenal adalah Kupat Blengong Mas Diryono. Cita rasa Kupat Blengongnya sungguh lezat menggoyang lidah. Dan secara umum, tekstur daging Blengong sendiri mirip dengan bebek. Saat menyantap seporsi Kupat Blengong, kamu akan merasakan kenyalnya daging Blengong berpadu bersama kuah gurih ketupat. Sungguh nikmat sekali!

Lokasi : di daerah Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah

15. Es Sagwan

Es Sagwan

Tak hanya makanannya saja yang enak dan lezat, minuman khas dari Tegal pun juga begitu lezat menggiurkan. Satu diantaranya adalah es sagwan ini. Satu porsi es sagwan berisi butiran putih memanjang dari tepung, es serut, santan, dan sirup manis berwarna merah. Cita rasanya manis dan segar, cocok diminum saat cuaca panas siang hari.

Baca juga : 12 Cafe Hits dan Tempat Nongkrong Di Tegal yang Kekinian

Nama sagwan kabarnya berasal dari nama orang yang pertama kali membuatnya, yaitu Sagwan. Beliau warga Desa Pandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Lokasi:  Jalan KS.Tubun, Mejasem, Jalan Cendrawasih, Jalan AR. Hakim, dan Jalan Sumbodro Tegal

Itulah Kota Tegal dengan berbagai macam kuliner yang menggiurkan dan tempat makan yang asyik. Ketika sedang berkunjung atau melewati kota ini, wajiblah untuk mampir sebentar. Rasakan cita rasa kuliner unik dari Tegal yang akan membuat kamu ketagihan.

Hmmm….semuanya sangat menggugah selera. Tempat Kuliner Khas Tegal ini sangat dinanti dan bisa jadi tujuan utama ketika berwisata kuliner di Kota Bahari suatu saat nanti.

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap tulisanmu yang ditayangkan.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Admin

Avatar
PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang