Home > Pariwisata > Wisata Alam > Tempat Wisata Keluarga Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang
Produsen Capret Pekalongan

Tempat Wisata Keluarga Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Cintapekalongan.com – Salah satu Tempat Wisata Keluarga Daerah Pekalongan ialah Agrowisata Kebun Teh Pagilaran yang berada di Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Lokasi Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran Batang adalah dari Alun-Alun Batang atau sekitar 39 km dari Alun-akun Kota Pekalongan, mengarah ke Selatan.

Untuk akses jalan sudah baik yakni jalan beraspal hingga ke lokasi boleh dikatakan dalam kondisi yang baik, mulus, meski tak begitu lebar dan sobat berserta rombongan mesti berhati-hati saat berpapasan dengan kendaraan didepan.

Berkunjung ke Tempat Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran Batang yang dikelola PT Pagilaran bisa menjadi alternatif liburan sobat bersama keluarga di Pekalongan. Terletak kurang-lebih 1000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur suhu rata-rata 15-21 derajat Celcius pada siang hari dan 15-18 derajat Celcius pada malam hari, jelas hawa sejuk nan damai bisa dirasakan disini.

Agrowisata Kebun Teh Pagilaran
Berjalan di Hamparan Kebun Teh Pagilaran | via IG ut.disl

Bisa dibilang jika Kebun Teh Pagilaran ini merupakan “Puncak” milik Batang-Pekalongan. Selain memiliki Pagilaran, daerah Pekalongan juga memiliki puncak yang tak kalah eksotisnya yakni “Petungkriyono” yang menyuguhkan bentangan alam hijau yang masih asri. Sobat bisa membacanya disini Pesona Petungkriyono, Surga Alam Kabupaten Pekalongan

Udara yang nyaman, suasana tenang, sejuk dan menyegarkan dengan keindahan alam yang disekelilingnya hijau dapat disaksikan disini. Hamparan kebun Teh yang sangat luas memanjakan mata seraya ingin menjelajahinya.
Tersedia pula banyak Penginapan di Pagilaran yang bisa disewa per kamar maupun per rumah dengan harga sewa villa di pagilaran batang yang lumayan bersahabat. Jadi sangat cocok untuk berwisata menghabiskan waktu berlibur di Pagilaran bersama teman-teman maupun keluarga anda.

SEKILAS SEJARAN PERKEBUNAN TEH PAGILARAN

Perkebunan Pagilaran dibangun pada Tahun 1880 oleh suatu maskapai Belanda. Kemudian Tahun 1922 dibeli oleh Pemerintah Inggris dan digabung denganPemanukan and Tjiasem Land’s PT (P & T LAND’ S PT). Tahun 1964 Hak Guna P & T LAND’S habis dan diambil alih oleh Pemerintah Indonesia.

Dan pada tanggal 23 Mei 1964 oleh pemerintah diserahkan kepada Fakultas Pertanian UGM dengan tujuan Peningkatan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi disamping sebagai perusahaan dengan nama PN PAGILARAN. Dan 1 Januari 1974 PN PAGILARAN statusnya menjadi PT PAGILARAN hingga tanggal 5 Mei 1977 mendapat tambahan areal Segayung Utara menjadi bagian dari kebun Pagilaran dengan surat No. 14/hgu/da/77.

Baca : Wisata Arung Jeram Lolong Pekalongan

BAGAIMANA RUTE MENCAPAI AGROWISATA PAGILARAN ?

– Dengan kendaraan umum dari Batang – Bandar – Blado – Pagilaran. dan sedangkan dari Pekalongan (Grogolan) – Bandar – Blado – Pagilaran

– Kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil ataupun kendaraan khusus (tour wisata ASITA) dari Yogyakarta lewat Temanggung memakan waktu + 3,5 jam, dari Semarang lewat Sukorejo + 2,5 jam dan dari Solo + 4,5 jam, Dan dari Kota Pekalongan memakan waktu 1 jam perjalanan.

WISATA KEBUN TEH PAGILARAN

Wisata Kebun Teh Pagilaran merupakan tempat wisata untuk segala usia dan segala segmen. Mulai untuk wisata anak-anak, remaja, dewasa hingga para orang tua bisa masuk dan cocok. Juga untuk instansi maupun korporasi, komunitas dan segala macam dengan kegiatannya bisa dilaksanakan disini. Ada apa saja di tempat Wisata Agro Kebun Teh Pagilaran ? Silahkan untuk terus melanjutkan membaca postingan ini sampai habis.

Wahana Wisata Agrowisata Pagilaran
Wahana Wisata di Agrowisata Pagilaran | via IG @iyum21

Layanan Paket Wisata di Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran Batang adalah Tea Walk, Tea Factory, Outbound Area, Sun Rise View Point, Flying Fox, Kolam Renang Anak, Kolam Ikan, Kolam Bermain dll. Selain itu bisa berjalan-jalan melihat rumah milik Administratur Pabrik zaman Belanda yang khas Eropa, serta bekas kereta gantung yang dulu digunakan oleh “sinyo dan noni” Belanda untuk melihat keindahan pemandangan dataran Pagilaran. Diluar yang disebutkan diatas tersebut bisa juga untuk pilihan wisata lainnya seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

PAKET WISATA PAGIRALAN

1. WISATA PETIK TEH

Wisata Petik Teh adalah paket wisata yang dirancang bagi wisatawan yg ingin merasakan bagaimana melakukan pemetikan teh dan merasakan makanan khas kampung Pagilaran setelah melakukan pemetikan teh.
Paket wisata ini juga sudah satu paket dengan tea walk dan tea factory dimana wisatawan dapat melihat dan mendapat pengetahuan tentang perkebunan teh dan pengolahan teh di PT. Pagilaran.

Wisata Petik Teh hanya dirancang untuk customer group. Wisata ini dirancang supaya wisatawan bisa ikut merasakan dan mengetahui cara pemetikan teh sehingga selain mendapatkan kesegaran wisatawan juga mendapatkan pengetahuan tentang pemetikan teh.

2. WISATA EDUKASI

Wisata ini diperuntukkan bagi siapa saja yang tertarik mengetahui Pertanian Berkelanjutan (Sustainable Agriculture) dengan tanaman teh sebagai tanaman utamanya. Wisata ini juga memberikan wawasan tentang pengolahan teh secara lebih terperinci oleh ahli teh PT. Pagilaran.

3. MEETING (MICE), HALL, BINTEK, CATERING

Agrowisata Pagilaran mempunyai ruangan yang representative untuk kegiatan meeting, dan terdapat hall untuk pertemuan atau pesta pernikahan, di bagian flying fox area terdapat lokasi untuk open air agenda seperti makan siang dengan view kebun ataupun makan malam.

Di Agrowisata Pagilaran juga sangat cocok untuk kegiatan BINTEK ataupun untuk seminar skala besara hingga 400 peserta.

Agrowisata Pagilaran juga menyediakan Catering untuk rapat ataupun pernikahan disekitar Kabupaten Batang, Kecamatan Blado, Kecamatan Bandar, Kecamatan Bawang, Kecamatan Limpung. (Source:PT.Pagilaran)

Tersedia juga area olahraga seperti lapangan olah raga tenis, badminton, sepak bola, volly ball, bilyard dan lain-lain.
Transportasi keliling kebun Pagilaran dengan pemandu lokal yang siap menemani perjalanan anda. Atau menikmati kesenian khas Pagilaran, seperti lengger tradisional, lengger kreasi baru, Kuntulan, Kuda Lumping, Karaoke dan lain-lain. Dan menyediakan pula arena wisata minat khusus, seperti sepeda gunung, tebang layang, kunjungan ilmiah dll. (Source:wisatajateng.com)

Curug Arjuna Agrowisata Pagilaran Batang
Spot Curug Arjuna Agrowisata Pagilaran Batang | Via IG @yanii_ka

Selain itu di area Kebun Teh Pagilaran terdapat beberapa Curug atau Air Terjun yang eksotis yakni Curung Arjuna, Curug Sibiting, Curug Binorong dan Curung Kembar, dengan pemandangan di sekitarnya yang indah dan alami, dan hamparan kebun teh dan kebun cengkeh sepanjang lereng pegunungan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, khususnya para teman-teman remaja yang gila dengan tempat-tempat hits.

Baca : Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Bagaimana apakah sobat dan keluarga tertarik untuk berlibur ke Agrowisata Kebun Teh Pagilaran ? Rasanya cocok sekali mengingat sebentar lagi akan ada libur Tahun Baru. Wisata ke Kebun Teh Pagilaran bisa dimasukan ke daftar pilihan berwisata anda dan keluarga.

Wahana Wisata Agrowisata Pagilaran
Wahana Air di Agrowisata Pagilaran | via IG @widuri2897

Secara garis besar bahwa Agrowisata Pagilaran ini patut menjadi tujuan wisata keluarga anda karena memiliki 7 Alasan Mengapa Anda Harus Berwisata ke Pagilaran.

1. Pemandangan dan pesona hamparan kebun teh di pegunungan dengan ketinggian 1.000 sampai 1.500 meter dpt.
2. Melihat proses pembuatan teh mulai dari pemetikan, pengolahan sampai pengepakan di pabrik. Anda dapat menikmati paket tea walk bersama instansi, sekolah, organisasi ataupun perusahaan anda, dengan berolah raga santai sambil menghirup udara sejuk dan segar
3. Menikmati matahari terbit dan tenggelam di cakrawala
4. Lingkungan pertamanan yang sehat, alami dan segar, jauh dari kebisingan dan polusi. Suhu kebun 15 0 – 18 0 C pada malam hari, 21 0 – 25 0 C pada siang hari.
5. Air terjun/Curung Arjuna, Curug Sibiting, Curug Binorong dan Curung Kembar, dengan pemandangan di sekitarnya yang indah dan alami, dan hamparan kebun teh dan kebun cengkeh sepanjang lereng pegunungan
6. Obyek peninggalan sejarah seperti rumah peninggalan Belanda, Kopel, Kerata Gantung, Bak Air Sijegang dll.
7. Pagilaran Tempat Menentramkan Bathin. karena berada di puncak dataran tinggi berhawa sejuk nan indah bisa menjadi tempat untuk refreshing menyegarkan jiwa-raga para wisatawan.

Kebun Teh Pagilaran
Pemandangan Hijau Sejuk di Wisata Agrowisata Pagilaran | via IG @dyanuartika .

Dengan demikian seluruh alasan kenapa harus datang dan seluruh Wisata bisa anda dapatkan mulai dari Wisata Alam, Wisata Edukasi, Wisata Sejarah, dan lain sebagainya. Sebagai oleh-olehnya bisa membeli Teh khas Pagilaran dibuat merk lokal dalam kemasan plastik yang dijual di warung-warung sekitar area wisata, ada Teh Alami Cap Candi KUB Sekar Langit, ada pula Teh Alami industri rumahan Desa Ngadirejo, dan Teh Hitam Super Sigma Rasa produksi PT Pagilaran yang export quality.

Baca juga : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Salam Cinta Pekalongan

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA
Klik Donasi

MOHON DONASI ANDA

Bantu berikan donasi klik iklan yang muncul di dalam tulisan untuk perawatan website www.cintapekalongan.com ini, jika informasi disini punya manfaat yang besar untuk masyarakat Pekalongan. Terima kasih

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan,
saya ingin memperkenalkan kota tercintanya kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya. Jangan lupa share artikel ini, klik tombol sosmed di atas (twitter, facebook atau yang lain). Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang lain. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Wisata Curug Madu

Wisata Alam Curug Madu Doro Kabupaten Pekalongan

Cintapekalongan.com – Wisata Alam Curug Madu Resmi Lemah Abang Doro yang satu ini bisa menjadi ...

Watu Bahan Doro Pekalongan

Wisata Watu Bahan yang Misterius dan Eksotis

Cintapekalongan.com – Misteri akan rahasia Batu misterius yang berada di Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten ...