Home > PEKALONGAN > Pariwisata > 7 Tempat Wisata Keren dan Hits di Pekalongan

7 Tempat Wisata Keren dan Hits di Pekalongan

Cintapekalongan.com – Saat ingin jalan-jalan melewati Pekalongan, Jangan Lupa Datangi Tempat Wisata Keren dan Hits ini di Pekalongan ya. Atau bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu libur mu bisa mampir aja ke Pekalongan. Banyak lho tempat wisata yang menarik dan layak dikunjungi disini. Mulai dari Pantai, Batik Hingga Wisata Alamnya yang menyejukan.

Kota yang terletak di Jalur Pantura yang madat di Pulau Jawa ini, Pekalongan menjadi jalur favorit para pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya. Tak jarang pula, Pekalongan menjadi tempat untuk transit dan beristirahat bagi para pemudik yang sudah kelelahan dari perjalanan jauhnya.

Kesempatan ini jangan dilewatkan ya sedulur, kamu bisa eksplore Pekalongan di sela-sela Mudik atau perjalanan kamu. Banyak Tempat Wisata Pekalongan dan Kuliner-Kuliner Pekalongan yang bisa menjadi pengalaman perjalananmu semakin berkesan.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Wisata Alam yang Menarik di Pekalongan

Secara geografis wilayah Pekalongan terbagi ke dalam dua wilayah, yaitu dataran rendah berupa kawasan pantai dan dataran tinggi berupa pegunungan yang masih asri. Kondisi ini membuat Pekalongan memiliki ragam destinasi wisata alam yang menarik.

Berikut ini adalah beberapa Tempat Wisata Hits di Pekalongan yang wajib masuk dalam agenda liburanmu bersama keluarga selama Lebaran.

1. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto
Hamparan Pasir dan Pogon Pinus di Pantai Wonokerto | FOTO: discoverpekalongan

Pantai yang satu ini tepatnya berada di Desa Wonokerto Kulon Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Selain panorama yang indah di pagi hari dengan bisa menyaksikan Sunrise yang menawan, juga pada sore hari di Pantai Wonokerto kita juga bisa menyaksikan Sunset dari yang indah.

Selain pantainya yang masih bersih dan penataan yang sudah baik, para wisatawa yang berlibur tidak perlu merasa takut akan panasnya terik matahari karena di tepian Pantai Wonokerto Kulon ini tumbuh pepohonan cemara yang rindang sehingga suasana sejuk dan nyaman akan membuat siapa saja betah apalagi merasakan hembusan semilir angin lautnya yang meneduhkan hati cocok untuk tempat istirahat mudik kamu.

2. Museum Batik

Wisata Museum Batik Pekalongan
FOTO: elys_noorsi

Bagi Pecinta Batik bisa menyempatkan diri untuk datang ke Museum Batik Pekalongan. Disini terdapat koleksi beraneka ragam motif batik dari seluruh nusantara diantaranya ada yang berusia ratusan tahun. kamu juga bisa belajar membatik pada ruang workshop membatik dan hasilnya bisa anda bawa pulang sebagai cinderamata. Bisa buat kenang-kenangan dari Pekalongan. Atau bagi kamu yang pengen beli batik pekalongan, langsung aja bisa ke Tempat Favorit Belanja Batik Di Pekalongan.

3. Lolong

Wisata Rafting Pekalongan
Wisata Rafting Pekalongan

Wahana Wisata Arung Jeram Pekalongan sebagai salah satu unggulan untuk rekreasi air di wilayah Jawa Tengah khususnya Pantura dan sekitarnya. Wahana Rafting Lolong yang dikelola oleh Lolongadventure ini telah menjadi tempat untuk sobat yang ingin memacu adrenalin menyusuri aliran sungai Sengkarang bersama kawan-kawan penuh kegembiraan dan pengalaman seru.

Arung Jeram Lolong sangatlah cocok digunakan untuk wisata rafting bagi para pemula, bahkan anak-anak pun bisa menikmatinya. Dengan didampingi para instruktur dan guide yang telah memperoleh sertifikasi profesional, Arung Jeram di Lolong sangat bisa dijangkau oleh semua kalangan mulai dari Pemula hingga Anak-anak.

4. Linggo Asri

Taman Bunga Celosia Linggo Asri
Taman Bunga Celosia Linggo Asri | FOTO: @nailatusysyifa

Wisata Alam Linggo Asri ini menyediakan beragam wahana wisata yang cukup lengkap mulai dari taman terbuka, arena bermain anak, kolam renang, mini kebun binatang, area outbound, bumi perkemahan atau camping ground. Dan tepat tidak jauh dari Linggo Asri ada satu lagi obyek wisata yang menyajikan permianan tubing dan tracking ke hutan alami.

Dan Spot Wisata di Linggo Asri yang menjadi tempat favorit untuk berlibur dan berburu foto cantik ada di Taman Bunga Celosia. Spot ini terbilang masih baru dan sempat viral sehingga pengunjung membludak. Dengan hadirna Wisata Taman Bunga Celosia di Pekalongan ini menambah khazanah wahana di Linggo Asri. Disini juga ada penginapan untuk kamu yang ingin beristirahat setelah lelah melakukan perjalanan dan berwisata.

5. Bengkelung Park

Wisata Alam Bengkelung Park Pekalongan
Wisata Alam Bengkelung Park Pekalongan – by fiani_zr

Bengkelung Park merupakan wisata alam yang berada di kawasan sungai. Adanya sungai yeng memiliki keadalam 2 hingga tiga meter dan air yang masih jernih menambah daya tarik untuk berkunjung kemari.

Wisata Bengkelung Park bisa menjadi pilihan sebagai tempat untuk merileksasikan dan merefresh diri. Disini kamu bisa merasakan segarnya air pegunungan yang sangat alami.

Jadi para pengunjung bisa mandi dan bermain air sepuasnya. Disana kamu bisa melakukan aktifitas berenang, foto selfie dengan view cantik atau bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Semua yang ada disana sangat memanjakan mata.

6. Curug Madu

Spot Wisata Curug Madu Doro
Spot Wisata Curug Madu Doro

Curug Madu Resmi Lemah Abang Doro yang satu ini bisa menjadi alternatif anda ketika ingin hangout menikmati alam sekitaran Pekalongan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Lokasi Curug Madu tepatnya berada di Dukuh Lemah Abang, Desa Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.

Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Pekalongan bisa menjadikan Curug Madu sebagai pilihan anda dalam melampiaskan penat perkotaan. Kurang lebih 30 – 40 menit berkendara dengan sepeda motor atau mobil, sobat bisa sampai disini menikmati udara segar, bermain di kolam ikan, atau mandi dibawah air terjun yang menyegarkan, pepohonan hijau sepanjang perjalanan hingga suara gemercik air terjun yang menenangkan hati.

7. Wisata Petungkriyono

Wisata Alam Petungkriyono
Pesona Curug Bajing Petungkriyono

Dan bagi kamu yang ingin merasakan Asrinya Hutan Tropis, maka Pekalongan tempatnya lho. Kamu bisa ke Petungkriyono sekaligus menikmati Wisata Petungkriyono yang nyegerin banget.

Disana ada puluhan Curug, namun beberapa yang paling populer seperti Curug Sibedug, Curug Bajing, Curug Lawe dan Curug Muncar. Tak cuma itu saja, di Petungkriyono juga ada Telaga yang masih alami yakni Telaga Mangunan, tempatnya adem banget serasa kayak di Dieng. Pokoknya keren dan bisa nyegerin mata deh kalau kesini.

Setelah puas dengan Tempat Wisata di Pekalongan, jangan lupa untuk icip-icip sekaligus meng-eksplore Kuliner Pekalongan yang tidak cuma soal Megono tetapi masih banyak lagi, seperti :

1. Garang Asem

Garang Asem Pekalongan
Wujud Garang Asem Pekalongan

Garang asem menjadi pilihan kuliner paten di Kota Pekalongan. Garang asemnya tidak sembarangan. Karena, kental dengan cita rasa Pekalongan.Garang Asem Pekalongan adalah sajian makanan berwujud sup dengan bumbu rempah dan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sekilas Garang Asem Pekalongan ini mirip dengan rawon solo karena didalam bumbunya terdapat kluwek yang khas.

Dan untuk menikmati cita rasa Garang Asem ini, kamu bisa ke Rumah Makan Masduki yang berlokasi di Kompleks Ruko Alun-Alun Pekalongan dan di RM Masduki Putra di Jalan Sudirman No 169, Pekalongan.

2. Soto Tauto

Tauto Pekalongan
Tauto Daging Pekalongan | FOTO: @virinabonitaa

Soto dengan rasa khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain ini namana Tauto Pekalongan. Makanan ini lebih mirip dengan jenis sop daging kuah kental khas pekalongan yang diracik dengan bumbu khas taoco. Tauto pekalongan sendiri biasanya disajikan dengan daging, jeroan serta mie so’on sebagai pendamping nasi. Paling lezat dinikmati di siang hari bersama dengan es teh.

Baca juga : TOP 7 Warung Tauto Enak di Pekalongan

Kamu bisa icip-icip Tauto Pekalongan di beberapa Warung Tauto berikut ini : Tauto Haji Kunawi Klego Gang 5, Tauto Pak Tjarlam Jalan Dr Cipto Kauman, Tauto Pak Damudji JL. K.H. Agus Salim No. 12 Sugihwaras, Tauto PPIP Bu Bawon Jl. Dokter Wahidin No.112 Noyontaan, Tauto Bang Dul Jl. Dr Sutomo depan Asrama Brimob Kota Pekalongan, Tauto Rochmani di Jl. Kurinci No.40, Bendan, Tauto Bang Naryo Jl. Bandung No.34, Sugihwaras

3. Pindang Tetel

Pindang Tetel Pekalongan

Pindang tetel ini sendiri merupakan makanan sejenis soto, akan tetapi Pindang Tetel mengggunakan bumbu kuah yang dimasak dengan menggunakan buah pucung yang sudah matang sehingga membuat rasanya berbeda dari kebanyakan soto lainnya. Merupakan salah satu makanan khas dari kota pekalongan yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu wisata kuliner pekalongan yang lezat.

Kamu bisa menemukan Pindang Tetel di Jalan Kartini, Depan Masjid Kuripan (malam hari), Depan Purimas Banyurip (malam hari), di Podo-kedungwuni (siang).

4. Mie So Pekalongan

Mie So Pekalongan

Kuliner Mie So nampak mirip seperti bakso kuah seperti biasa, namun jika sudah masuk mulut akan berbeda cerita. Sajian dari Paduan mi kuning, kulit mlinjo, kerupuk pasir (usek), keripik tempe yang diremuk, daun bawang, bakso, kuah segar atau ditambah dengkil sapi yang mampu menggugah selera.

Kamu bisa mencoba Mie So Pekalongan di Krapyak gang 9, atau di Medono central (Mie So Ifa)

5. Es Sekoteng

Es Sekoteng Pekalongan
Es Sekoteng Pak Wan

Minuman ini sejauh yang kita tahu adalah minuman khas dari Jawa, khususnya Jawa Tengah. Tapi untuk minuman yang terkahir, yakni Sekoteng, sebetulnya bukan asli dari Jawa. Kata Sekoteng adalah serapan dari bahasa Tionghoa (Hokkian) yakni dari kata Shi atau Su yang berarti sepuluh atau empat, Guo yang berarti buah, dan T’eng yang berarti kuah atau sup.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan

Es Sekoteng berisi Susu, Sirup, Roti Tawar potong dadu, Biskuit dan Miswa. Sirup yang digunakan adalah sirup hasil racikan sendiri dari resep turun temurun dari generasi ke generasi. Sedangkan Mieswa adalah bahan untuk campuran roti yang berbentuk seperti mie kering. Kamu bisa merasakan segarnya Es Sekoteng ini di Warung Pak Wan berada di Jalan Kenanga Klego Kota Pekalongan.

6. Limun Oriental

Limun Oriental Wisata Kuliner Pekalongan
Limun Oriental Wisata Kuliner Pekalongan

Limun Oriental ialah minuman orson jadul ini masih eksis dan bisa kamu nikmati langsung dari tempat produksinya. Rasanya mirip soda modern namun dengan takaran gula yang pas sehingga enak banget di tenggorokan, apalagi dinikmati tatkala terik panas dengan tambahan es di gelasnya. Tempatnya cocok untuk bersantai dengan nuansa kafe ala rumah jadul tentu menunjang Limun ini menjadi tempat nongkrong para traveller yang datang ke Pekalongan.

Kamu bisa menikmati Limun Oriental ini di Jalan Rajawali Utara No.15, Panjang Wetan (belakang rutan Pekalongan / Gor Jetayu / Museum Batik).

7. Kopi Tahlil

Kopi Tahlil Pekalongan
Kopi Tahlil Pekalongan – by Discoverpekalongan

Jika datang ke Pekalongan terutama pada malam hari, kamu harus mencicipi Kopi Tahlil ini yang satu ini. Kopi dengan campuran rempah nikmat sangat menghangatkan badan. Cocok untuk yang kelelahan dan ingin mengembalikan staminanya lagi.

Baca juga : Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Kopi Tahlil Pekalongan bisa kamu nikmati di i emperan Jalan Agus Salim (depan Gedung PPIP), disinilah kamu bisa nongkrong bersantai canda gurau bareng temen-temen sembari menikmati malam di Kota Pekalongan.

Kuy, langsung aja main ke Pekalongan banyak tempat-tempat menarik lainnya yang bisa kamu jelajahi.

Jika kamu butuh oleh-oleh khas Pekalongan, kamu bisa belanja Batik di Grosir Setono, Bawa Limun dan Snack Capret. Dan untuk informasi urusan akomodasi penginapan di Pekalongan bisa baca di Daftar Rekomendasi Penginapan dan Hotel Murah di Pekalongan.

 

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor untuk kemajuan daerah dengan mengirimkan ulasan/esay/tulisan ke contact@cintapekalongan.com

TULIS KOMENTAR