Home > Berita > Tips Aman Mudik Lebaran Naik Bus

Tips Aman Mudik Lebaran Naik Bus

Cintapekalongan.com –Mudik lebaran tinggal menghitung hari, tak lebih dari dua minggu kedepan kita akan disibukan dengan persoalan Mudik. Puncak arus mudik lebaran 2019 diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 1-2 Juni mendatang, dengan prediksi pengguna Bus dan Travel akan mengalami peningkatan. Beberapa orang sudah ada yang mendapatkan tiket Bus dan Travel untuk mudik dan berlebaran di kampung halaman. Dan untuk mengamankan tiket mudik mu, kamu bisa cek dan pesan lewat Aplikasi Tiket Bus dan Travel dari smartphone kamu.

Peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi Bus dan Travel disebabkan karena beberapa faktor salah satunya harga tiket pesawat yang mahal dan jadwal  kereta api yang tidak sesuai jam keberangkatan yang diinginkan.

Pemilihan Bus dan Travel sebagai salah satu moda transportasi untuk mudik Lebaran tahun ini akan disuguhkan dengan berbagai macam kemudahan. kenyaman dan efisiensi waktu yang sangat tinggi. Karena infrastruktur jalan tol trans-jawa sudah siap dilalui pemudik, tak jarang pula  para pemudik akan melihat pemandangan yang cantik disepanjang jalan tol trans-jawa adalah menjadi salah satu keistimewaan mudik tahun ini.

Tips Mudik Naik Bus
Mudik Naik Bus | FOTO: Travel Kompas

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memang mempunyai nilai lebih dimata pemudik sehingga banyak diandalkan ketika musim mudik tiba. Jika kita mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi, maka urusan mencari lokasi rest area untuk makan, istirahat kita dan keluarga jadi lebih ribet lagi, belum lagi kalau mencari pom bensin untuk isi ulang bahan bakar kendaraan kita yang kadang harus antri. Sedangkan jika kita naik bus, semua hal itu sudah diatur oleh perusahaan Bus.

Baca juga : Kisah Nyata Sultan Hamengku Buwono IX Ditilang Polisi Pekalongan

Apalagi semakin kesini bus AKAP semakin baik dalam segi pelayanan maupun armadanya.

Kini Bus AKAP yang akan menjadi pilihan moda transportasi mudik juga sudah memiliki fasilitas yang mumpuni seperti kursi bus yang nyaman dan kita bisa direbahkan disitu, kebersihan armada yang baik, juga kontrol pemerintah akan kelayakan bus yang sudah dilakukan secara ketat guna menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang.

Kemudian kapasitas bagasi bus juga lebih besar jika dibanding kendaraan pribadi. Rata-rata satu penumpang bus diperbolehkan membawa barang bawaan di bagasi sampai 20 kilogram.

Sekarang tuh jaman sudah serba mudah, dulu kalau mau mudik ribetnya minta ampun, harus persiapan ini itu termasuk pemesanan tiket pulang (paka bus AKAP) yang kalau mendekati hari H harganya bisa naik dua kali lipat.

Sebagai pengalaman,  ketika saya hendak mudik naik bus dari terminal Pulogadung – Jakarta, saya tidak melakukan persiapan tentang jadwal keberangkatan bus maupun persiapan membeli tiket dari jauh hari.

Tips Mudik Lebaran Naik Bus
Mudik Lebaran Naik Bus | FOTO: Inilahkoran

Saya yang waktu itu langsung nekat datang ke Terminal sekitar jam 5 Pagi untuk mencari Bus jurusan Jawa Tengah (Pekalongan) yang biasanya harga tiket bus hanya berkisar 200-300 ribu saja (kata teman saya yang biasa pakai bus pulang-pergi) kini menjelang hari Lebaran harganya 500 ribu yang harus saya bayar untuk 1 tiket bus tersebut. Harga tiket naik sangat tinggi, hal ini jelas tidak menguntungkan.

Baca juga : Rekomendasi Tempat Kuliner Murah Meriah Khas Pekalongan

Untuk itu jika kalau kamu berkesempatan melakukan mudik dengan Bus atau Travel, maka lakukanlah reservasi tiket dari jauh hari untuk mengindari kenaikan tarif yang tinggi.

Tips Mudik Aman dan Nyaman Naik Bus

Agar kamu bisa mudik dengan aman dan nyaman menggunakan Bus dan Travel, alangkah baiknya kamu simak beberapa Tips Mudik Aman berikut ini yang diinginkan diolah dari berbagai sumber.

1. Beli tiket bus secara online atau langsung lewat agen

Selain untuk menghindari calo nakal, sebaiknya kamu beli tiket lewat agen Bus resmi atau secara online. Hal ini dilakukan untuk menghindari harga tiket bus yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga normal atau terkena modus penipuan.

Dari beberapa kasus perjalanan naik Bus, ada penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus lain dari agen yang tidak resmi atau calo.

2. Pastikan jadwal keberangkatan

Sebelum memutuskan untuk membeli tiket, kamu pastikan sudah mengetahui informasi jadwal keberangkatan bus yang akan dipilih. Dan cek kembali jadwal keberangkatan dengan yang tertera di dalam tiket.

Dan tentunya datanglah 1 jam atau 2 jam sebelum jadwal bus berangkat. Hal ini dilakukan agar terhindar dari keterlambatan atau tertinggal bus.

3. Pilih kursi bagian tengah

Kursi bagian mana yang paling nyaman dan aman untuk dipilih ketika naik bus? Saya merekomendasikan untuk memilih kursi bagian paling tengah atau sepertiga dari depan atau kamu bisa memilih kursi samping kiri pintu belakang agar kamu bisa menyandarkan kursi sampai maksimal.

4. Selalu bawa barang berharga

Jika bus kamu melakukan beberapa perhentian, ada baiknya jika kamu mewaspadai barang bawaan terutama barang berharga.

Pisahkan barang berharga dan barang-barang lainnya seperti pakaian di tas yang berbeda (disarankan barang berharga ditaruh di tas kecil). Sehingga kamu bisa membawa barang berharga tersebut kemanapun kamu pergi termasuk jika harus bolak balik ke toilet atau ketika berhenti untuk makan.

5. Jangan terlihat seperti orang linglung saat di terminal

Jika kamu menaiki bus dari terminal Jakarta (Rambutan atau Pulogadung) atau dari terminal mana saja, sebaiknya kamu harus bersikap wajar dan tenang, jangan seperti orang yang terlihat linglung atau kebingungan.

Karena jika demikian, maka kamu akan menjadi sasaran empuk bagi oknum untuk melakukan modus penipuan atau tindak kejahatan lainnya terhadap kamu.

6. Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Baru Dikenal

Jangan mudah percaya dengan omangan dari orang yang baru kamu kenal. Selain itu jangan pula sekali-kali menerima sembarangan minuman ataupun makanan yang diberikan.

Beberapa kasus yang terjadi berawal dari penumpang yang dibius melalui minuman yang dibagikan orang yang tidak dikenal. Usahakan untuk ditemani oleh keluarga paling tidak jangan sampai berangkat mudik sendirian dengan bus jika belum punya pengalaman sama sekali, kecuali benar-benar terpaksa.

Baca juga : Daftar Tempat Kuliner Pekalongan Untuk Mudik

Tetap waspada dan selalu kabari keluarga dirumah selama perjalanan. Jangan lupa berdoa agar mendapatkan perlindungan selama perjalanan mudik kamu.

 

▼ Bagikan ini ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan