Home > Kebudayaan > Tradisi Pekalongan > Tradisi Nyadran / Sedekah Laut Pekalongan

Tradisi Nyadran / Sedekah Laut Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Nydaran di Pekalongan

Cintapekalongan.com – Sedekah laut sudah menjadi budaya atau tradisi yang banyak dilakukan kelompok nelayan di berbagai daerah di Indonesia. Tak terkecuali di Kota Pekalongan, oleh masyarakat setempat tradisi sedekah laut ini biasa disebut dengan Tradisi Nyadran.

Kapan Tradisi Nyadran ini Dilakukan ?

Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat nelayan Kota Pekalongan setiap bulan Syuro (Penanggalan Jawa) sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil laut yang melimpah. Pada tradisi ini para nelayan bersama masyarakat mengadakan Ritual Sadranan dengan menghias kapal-kapal nelayan yang berisi sesaji antara lain Kepala Kerbau, aneka jajan pasar, wayang Dewi Sri dan Pandawa Lima, aneka mainan anak-anak, serta setelah melalui beberapa prosesi dan do’a selamatan kemudian dibawa ketengah laut untuk dilarung yang diawali pelarungan Kepala Kerbau oleh seorang Tokoh Spiritual.

Dimana Lokasi Nyadran Pekalongan ?

Biasanya masyarakat Nelayan Pekalongan melakukan tradisi ini dimulai di Pelabuhan Perikanan Pekalongan ( Timurnya Pantai Pasir Kencana atau Wisata Bahari Pekalongan) yang berada di Kel.Panjang. Anda bisa menuju kesana dengan naik motor, mobil pribadi atau angkot yang banyak lewat kesini.

Bagi masyarakat yang ingin ikut melakukan Nyadran dengan naik kapal ke tengah laut, silahkan anda bisa langsung menghubungi pemilik kapal yang berada disibut. Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

Setelah siang hari melakukan Nyadran, kemudian pada malam harinya maka masyarakat Nelayan akan “nanggap” Wayang Kulit. Konon katanya menurut tokoh spiritual setempat, pertunjukan wayang kuit ini sangat sakral karena permintaan dari penguasa pantai utara.

Nyadran Pekalongan
Pelepasan Kepala Kerbau di Acara Nyadran
Pertunjukan Wayang di Tradidi Nyadran Pekalongan
Pertunjukan Wayang di Tradidi Nyadran Pekalongan 2015

NYADRAN LAUT

 

Penulis : Angga

Kontributor : Arief Rusman

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Landmark Dieng

Wisata ke Dieng Lewat Jalur Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Daftar Tempat Merayakan Malam Tahun Baru di Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...