Home > Sejarah > Cagar Budaya Pekalongan > Cagar Budaya : Tugu Mylpaal Pekalongan

Cagar Budaya : Tugu Mylpaal Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Bangunan kecil berbentuk mirip seperti bus surat jaman dahulu yang berada di trotoar pinggir jalan sebelah selatan lapangan jetayu nampak tak ada artinya. Tetapi sudah tahukah sobat cinta pekalongan jika bangunan mungil tersebut merupakan cagar budaya milik kejayaan kota pekalongan ?

Tugu tersebut bernama Mylpaal yang merupakan titik tengah dari jalan yang dibangun oleh Gubernur Jendral Daendels tahun 1808. Bahkan Tugu Mylpaal ini bisa dibilang titik tengahnya pulau jawa jika menilik acuan pada jalur daendels seperti yang sudah admin cintapekalongan.com publish beberapa waktu silam. Dalam bahasa Belanda, MYL artinya satuan hitung sedangkan PAAL artinya tanda jarak atau titik.

tugu mylpaal pekalongan
Foto Tugu Mylpaal 19/10/2016

Baca : Bukti Pekalongan Poros Tengahnya Pulau Jawa

Insiden Tugu Mylpaal di “coret-coret”

Bangunan Tugu Mylpaal yang kini masih berdiri kokoh meski sedikit sempal karena ulah orang yang tak sengaja. Ada suatu insiden yang sangat menggemparkan bagi para pemerhati dan kawan-kawan cinta sejarah Pekalongan yakni Tugu Mylpaal tersebut di “coret-coret” oleh seseorang/sekelompok anak muda yang ingin eksis namun tidak pada tempatnya dengan inisial yang pertama GMBK dan yang kedua kalinya dengan inisial MELLA MELLU pada tulisan di tugu mylpaal.

Tugu Mylpaal dicoret kedua kalinya
Tugu Mylpaal dicoret-coret untuk kedua kalinya

Beruntung kawan-kawan pemerhati sejarah pekalongan khususnya kawan-kawan Pekalongan Heritage langsung melakukan aksi dengan mengecat kembali Tugu Mylpaal menjadi warna putih yang sebelumnya berwarna biru. Dan terima kasih saya sampaikan kepada dinas terkait yang sudah memberikan izin kepada kawan-kawan pekalongan heritage untuk mengecat tugu mylpaal.

Atas kejadian mengejutkan ini, kita sebagai orang-orang yang mempunyai kecintaan terhadap pekalongan kian bertambah dan mendapat banyak hikmah dibalik insiden tersebut. Tugu yang sebelumnya terbengkalai kini perlahan sudah mulai diperhatikan oleh semua orang termasuk pemerintah karna memang itu adalah Benda Cagar Budaya Pekalongan yang wajib dilestarikan dan dirawat oleh semua masyarakatnya.

Saya mengajak para sobat cintapekalongan agar mau peduli dengan benda-benda maupun bangunan yang bersejarah di pekalongan. Dengan peduli artinya kita benar-benar mempunyai cinta terhadap kota kelahirannya. Dan bagi pelaku vandalisme agar segara bertaubat dan menghentikan aksi bodohnya, kebodohanmu jangan kau pertontonkan ke publik !!! Kreatif boleh tapi begok jangan !

Menunggu Tugu Mylpaal Direnovasi

Setelah insiden “corat-coret” berlalu, ada sebuah harapan yang dijanjikan oleh Pemerintah Kota untuk merenovasi tugu mylpaal tersebut atas pengajuan dari kawan-kawan pemerhati sejarah. Renovasi bukan dalam arti dirombak habis-habisan seperti Jembatan Loji, melainkan diberi sebuah pagar yang bertuliskan “0 KM” yang melingkari tugu mylpaal tersebut.

Usulan Renovasi Tugu Mylpaal
Usulan Renovasi Tugu Mylpaal dari kawan Pekalongan Heritage

Saya sebagai warga yang cinta dengan pekalongan sangat berharap janji tersebut agar cepat terealisasi sehingga citra kawasan jetayu sebagai kawasan ” cagar budaya” kian terasa dan masyarakat awam akan tahu tentang tugu Mylpaal yang ada di jetayu. Atau mungkin Tugu Mylpaal ini harus bernasib  sama seperti Tugu Perjuangan yang di pencongan dulu yang roboh tidak terurus ?

( Baca : ROBOHNYA TUGU PERJUANGAN KAMI )

 

Salam Cinta Pekalongan

Angga

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Tugu Perjuangan Petungkriyono

Tugu Monumen Perjuangan Petungkriyono

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

SEJARAH SMP N 13 PEKALONGAN

Sejarah SMP N 13 Pekalongan (HOLLAND AMBACHTSHOOL)

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...