Home > Pekalongan > Uniknya Kajen Batik Carnival

Uniknya Kajen Batik Carnival

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Keren dan menghibur itulah kesan apik yang tercipta dari Kajen Batik Karnival 2016. Karnival Batik ini menjadi sebuah pawai tahunan yang pertama bagi Kabupaten Pekalongan dalam rangkaian acara Kajen Expo 2016. Dengan tema ” Warna-warni Budaya Kabupaten Pekalongan” betul terasa dibenak para warga masyarakat yang datang tak terkecuali diri saya. Saya mencoba sedikit ingin mengulas Kirab Budaya di Kabupaten Pekalongan tersebut.

Meski arena sempat diguyur hujan gerimis, namun tak menyurutkan niat saya untuk menonton aneka kreasi Kostum Karnaval Batik karya anak-anak Kabupaten Pekalongan. Acara dibuka dengan penampilan Marchingband asal Kedungwuni, disusul oleh Kostum Menarik dari Dekranasda Kab. Pekalongan dan Kirab Pusaka oleh Tosan Aji.

Lenggak-lenggok para peserta berkostum unik silih berganti, dengan kreatifitas mereka tampilkan karya terbaik mereka. Seperti adik dibawah ini, meskipun masih SMP, nyatanya lewat kostum ini bisa menjadi Juara di Event Kajen Batik Karnival 2016.

Kajen Batik Karnival 2016 3
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL ||

Kajen Batik Karnival 2016 2

Selain kostum unik diatas, masih ada satu lagi Kostum unik dalam Karnaval Batik ini. yaitu kostum dengan tema Kesenian Sintren. Dengan “Kurungan Ayam” sebagai penghias gaunnya serta Kacamata kece sebagai aksesoris khas Sintren yang memang melegenda di Pekalongan.

Kajen Batik Karnival 2016
Berkostum Sintren

Yang menarik bagi saya adalah kirab Seni Batik dari 19 Kecamatan yang dilakukan para Ikatan Duta Wisata Kabupaten Pekalongan. Batik sejatinya bukan hanya untuk sandang saja, namun lebih jauh adalah Seni keindahan yang penuh filosofi dan makna akan kondisi kearifan lokal wilayah kecamatan tersebut.
Sebagai contoh Kecamatan Petungkriyono menampilkan karya Batik dengan motif Kopi yang menggambarkan bahwa daerah tersebut terkenal dengan Kopinya. Juga daerah Doro dengan duriannya yang enak. Dan masih banyak lagi karya-karya ciamik dari kecamatan lainnya.

Kajen Batik Karnival 2016 - Batik Doro
Batik Durian dari Doro

Menurut saya pribadi, Konsep menampilkan Karya Seni Batik dari masing Kecamatan itu sangat bagus dan bisa jadi sebagai promosi daerahnya. Ini bisa menjadi simbol kebanggan tersendiri dari Karya Batik berfilosofi tinggi.

Kajen Batik Karnival 2016 5
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL ||

Kajen Batik Karnival 2016 4

Demikian yang bisa saya sampaikan atas ulasan ini, semoga bisa bermanfaat dan silahkan jika ingin berdiskusi bisa di kolom komentar. Mohon maaf bila terjadi kesalahan maupun keseliruan.

Salam Cinta Pekalongan

Angga

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Kostum Karnaval Batik Pekalongan

Serba Serbi Karnaval Batik Pekalongan 2018

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Daftar-Wisata-Petungkriyono

6 Wisata Cantik Alam Petungkriyono Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...