Wisata Alam Curug Genting Batang Yang Penuh Misteri – Cintapekalongan.com - Media No.1 Referensi Pekalongan
Home INFO BATANG Wisata Wisata Alam Curug Genting Batang Yang Penuh Misteri
Curug Genting Batang

Wisata Alam Curug Genting Batang Yang Penuh Misteri

Cintapekalongan.com – Berkunjung ke daerah Batang banyak destinasi wisata alam yang ditawarkan mulai curug, hutan pinus hingga taman bunga dan perkebunan yang eksotis. Beragam tempat wisata yang ada di Batang memberi pilihan alternatif bagi pengunjung luar daerah.

Dari sekian jumlah tempat wisata di Batang ada destinasi yang indah dan cocok sebagai alternatif wisata yaitu Curug Genting Batang. Curug ini belum banyak dikenal oleh wisatawan terutama bagi wisatawan luar daerah, karena bisa jadi lokasi wisatanya yang masih “tersembunyi” sehingga belum banyak yang mengulasnya.

Lokasi Curug Genting tersembunyi diantara rimbunan pepohonan menjulang tinggi di kawasan hutan lindung kabupaten Batang. Tepatnya berada di petak 49 Hutan Lindung Tertutup RPH Kembang Langit namun masuk wilayah Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang atau 38 kilometer arah selatan dari Batang kota.

RPH Kembang Langit sendiri memiliki luas 7 hektar dan dikelola oleh Perhutani Pekalongan Timur dan Pemda Batang. Nah, lokasi curug Genting ini berada di tengah hutan lindung, namun siapa sangka meski tersembunyi, keindahannya tidak diragukan lagi.

Curug Genting Batang

Ketika kamu sampai di Curug Genting, kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari air terjun setinggi 40 meter dengan debit air yang menyegarkan mata. Menjelajah kawasan ini juga kamu akan banyak menemukan keindahan hutan tropis yang memesona dengan udara semerbak dingin yang siap bikin kamu betah berlama-lama. Memasuki kawasan curug Genting tidak hanya akan disuguhi hawa sejuk dan panorama indah, kamu juga bakal disuguhi pemandangan lain yang tak kalah menajubkan yaitu gua alam.

Gua alam ini terbentuk secara alami sejak puluhan tahun lalu. Kamu bisa masuk ke gua alam untuk mengeksplore lebih dekat keadaan di dalam gua yang memiliki kedalaman kurang lebih 17 meter dengan panoramanya yang begitu indah. Dari dalam gua kamu bisa melihat air jernih mengalir disela-sela batuan yang berserakan dan area sekitar gua dihiasi rimbunan pepohonan nan hijau.

Baca juga : 10 Spot Wisata Paling Hits di Pekalongan Tahun 2020

Sensasi keindahan lain dari Curug Genting yaitu pintu masuk ke curug. Pintu masuk ke curug Genting berbeda dan tak biasa penuh mistik yang bentuknya menyerupai batara kala. Cerita mistis tentang pintu masuk ke curug ini sebagaimana diceritakan masyarakat setempat.

Yakni Batara Kala sebagaimana mitologi Hindu adalah putra dewa siwa. Cerita ini mitos semata, namun penting disebutkan agar setiap pengunjung untuk lebih berhati-hati dalam bersikap ketika berada dikawasan Curug Genting. Entah ada benarnya atau tidak cerita tersebut sampai kini kawasan curug penuh misteri yang belum terungkap.

Setelah melewati pintu masuk curug Kamu disuguhi hawa sejuk dan air terjun yang sekelilingnya. Rimbunan hutan pinus menjulang tinggi yang indah dan asri dari kawasan RPH Kembang Langit, kamu bisa menikmati seutuhnya dengan spot gardu pandang.

Pengalaman perjalanan wisata Kamu ke Curug Genting semakin berkesan, karena gardu pandang ini dibangun diantara rimbunan pepohonan pinus tersebut bisa menjadi tempat pertama untuk kamu berekplorasi. Tak heran jika. Gardu pandang ini menjadi salah satunya spot wisata favorit di curug Genting sebagai tempat spot foto bagi hobby fotografi .

Usai dari gardu pandang yang ada di kawasan curug Genting tersebut Kamu bisa melakukan eksplorasi lebih lanjut. Sebelum itu. kamu bisa istirahat sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar curug. Atau kamu bisa sesekali melakukan kegiatan photografi dengan latar belakang rimbunan pepohonan hijau dan keindahan air terjun yang memesona dari kejauhan.

Baca juga : Tempat Wisata Keluarga Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Untuk rute menuju ke lokasi Curug Genting terbilang cukup jauh dari kota Batang. Kamu harus menempuh kurang lebih 25 kilometer melewati jalur utama Batang-Bandar-Blado. Sampai Pasar Blado belok ke arah selatan ikuti papan petunjuk. Kemudian perjalanan dilanjutkan menelusuri jalan beraspal dari Blado ke Bawang lebih kurang 5 kilometer. Tentu akses jalan menuju ke Wisata Curug Genting Batang ini hanya bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada kendaraan umum yang bisa sampai ke lokasi.

Selanjutnya perjalanan ke curug Genting dengan berjalan kaki menuruni anak tangga sejauh 80 meter kurang lebihnya. Tetapi tenang saja, sepanjang perjalanan disuguhi teduh dan sejuknya hutan pinus serta kicauan burung elang diatas pohon akan menghilangkan rasa capek serta menjadi pengalaman yang seru ketika berkunjung ke Curug Genting .

Wisata Curug Genting

Sekitar jalan setapak menuju curug telah dibangun shelter atau tempat istirahat untuk melepas lelah ketika menuruni anak tangga, disini sambil menikmati keteduhan dan keindahan alam. Harga tiket masuk ke Curug Genting sangat murah. yakni cukup dengan uang Rp.5000 per orang saja. Biaya parkir motor Rp 2000 dan Mobil Rp 5000 yang tidak menguras kantong kita.

Baca juga : Wisata Sikembang Park Kembang Langit Batang

Wisata Curug Genting menjadi tempat wisata Hits dikalangan kawula muda yang ingin berburu tempat eksotis. Namun dibalik itu semua, tahun 2009 tempat ini tidak dikelola oleh pihak setempat dengan alasan kondisi tebing yang longsor cukup parah. Tebing di kawasan curug Genting sebagian besar terdiri dari bebatuan berukuran besar sehingga tempat wisata memilih tutup.

Jadi ketika kamu ingin main ke Curug Genting Kabupaten Batang ini, kamu harus ekstra hati-hati. Jaga fisik dan selalu waspada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagikan ini :

----------------------------------------------

Cintapekalongan merupakan Platform media referensi tentang Pekalongan - Batang, kamu juga bisa ikutan mengenalkan daerah kita ini lewat tulisan menarikmu. Ayo kirim esai tulisanmu lewat cara ini dan dapatkan honor tiap tulisanmu yang ditayangkan.

donasi cintapekalongan.com
BANTU BERI DONASI
Untuk mengembangkan media ini agar tetap bermanfaat. Terima Kasih

About Suryatiningsih

Suryatiningsih
Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.:Klik 2x Tombol-> [Close]:.
Selamat Datang