Home > Pariwisata > Wisata Alam > Wisata Alam Puncak Tugu Petungkriyono

Wisata Alam Puncak Tugu Petungkriyono

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Cintapekalongan.com – Perjalanan Menuju Puncak Tugu – Petungkriyono. Jika sobat penasaran dengan suasana dan pemandangan indah dari Pucak Tugu, mungkin postingan ini bisa sedikit membantu sobat untuk menuju kesana.

Perjalanan untuk sampai ke basecamp Puncak Tugu yang ada di Petungkriyono memakan waktu sekitar 1-2 jam lebih dengan ditempuh dengan motor, karena jalan di Petungkriyono hanya bisa dilewati motor dan beberapa mobil dengan keahlian supir tingkat tinggi.

Bila sobat dari Kota Pekalongan sobat bisa melewati dengan rute mulai dari Perempatan Grogolan (bila dari timur belok kiri, bila dari barat belok kanan) keselatan menuju pertigaan di perbatasan Batang – Pekalongan sekitar 2KM, kemudian sobat belok Kanan menuju daerah watusalam hingga menjumpai pertigaan lagi dan ambil / belok ke kiri menuju ke Doro.

Sobat jangan bingung untuk sampai ke Doro, karena sobat tinggal lurus terus melewati beberapa desa seperti Kalilembu dan karangdadap. Setelah sobat melewati Desa Karangdadap maka soabt akan menjumpai pertigaan Kec. Doro. Dari sini sobat ambil kanan dan ada pertigaan lagi ambil kanan untuk lurus menuju Petungkriyono. Sobat terus jalan lurus melewati jalan satu-satunya yang dikelilingi perkebunan karet didaerah Talun.

Pemandangan disini sudah mulai eksotis. Setelah 45 menit perjalanan, sobat akan berjumpa dengan Gapura ” SELAMAT DATANG DI EKOWISATA PETUNGKRIYONO “. Artinya sbat sudah memasuki kawasan wisata Kecamatan Petungkriyono. Hati-hati jalan dari gapura ini sangat curam !! Gapura memasuki kawasan Petungkriyono   Sobat terus jalan melewati hutan petungkriyono selama 1-1,5 jam hingga sampai di pusat kecamatan Petungkriyono dengan ditandai dengan adanya sebuah pertigaan ketapel dengan sebuah tanda panah kekiri menuju Kendalisodo dan Rojojembangan dan kekanan menuju curug Bajing, Muncar atau Kedung Pitu. pertigaan petungkriyono   Silahkan sobat ambil jalur yang kekiri, hati-hati jalur ini cukup menanjak. Teruskan perjalanan kurang lebih 30-45 menit. Bila sobat menjumpai tanda jalur ke Kendalisodo, berarti sobat 15 menit lagi sudah dekat dengan rumah pengelola basecamp Puncak Tugu. Disalah satu rumah warga diperkampungan tersebut terpampang jelas tanda bahwa anda sudah sampai dibasecamp.   Disini sobat akan disambut ramah oleh tuan rumah. Silahkan sobat melakukan registrasi dengan mengisi buku tamu yang disediakan dan membanyar uang masuk dengan rincian 2.000 untuk parkir motornya serta 5.000 untuk biaya registrasi per orang kepada pengelola basecamp.

Di basecamp sobat bisa memulihkan stamina terlebih dahulu setelah melakukan perjalanan yang jauh. Disini sobat mempunyai dua pilihan yang ditawarkan oleh pengelola. Yang pertama, sobat bisa jalan kaki untuk menuju jalur pendakian ke puncak tugu atau sobat bisa menggunakan jasa angkut (ojek dari pengelola) sebesar 10.000 per orang.

Perlu diketahui, jarak dari basecamp ke jalur pendakian lumayan jauh sekitar 3KM atau +-45 menit jalan kaki. Jadi sobat bisa memikirkan langkah terbaik sebelum menuju jalur pendakian yang cukup ekstream nantinya.

START PENDAKIAN :

View di Puncak Tugu
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || View di Puncak Tugu

Dari basecamp sobat tinggal berjalan ke atas atau selatan +- 3KM. Tidak ada rambu/ tanda jalan untuk masuk ke jalur pendakian menuju puncak. Sobat akan diberitahu oleh pengelola bahwa sobat tinggal jalan menyusuri jalan tersebut hingga berjumpa dengan tiang listrik. Pada tiang ke 15 (harus dihitung dari awal bertemu tiang listrik) berarti sobat sudah sampai di jalur pendakian yang sesungguhnya. tanda jalur pendakian Puncak Tugu   Di tiang ini sudah ada beberapa coretan tanda menuju puncak. Memasuki jalur pendakian, jalan yang dilalui sangat menantang karena jalan setapak satu orang. dari jalur ini sobat tinggal mengikuti arah jalan (jangan hiraukan pertigaan bila bertemu tetap jalan lurus). Sekitar 1,5 jam sobat mendaki, maka sobat akan sampai di Puncak Tugu. Disini tempatnya sudah diatur guna mendirikan tenda, sobat tinggal memilih tempat yang disukai. Di Puncak Tugu mulai dari Sunrise hingga siang aka tersaji pemandangan yang cukup eksotis dan menyenangkan hati. Ingat ya Sobat pecinta alam. Nikmati Alam Mu jaga Alam mu dan Bawa Pulang Sampah Mu !!!

View di Puncak Tugu Petungkriyono

KLIK GAMBAR UNTUK DETAILsunrise    

By Tim Jendela Pekalongan

  • Rofius Salim K
  • M. Rifqy
  • Gagah Priangga
  • M. Isa Baisa

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan, Saya ingin memperkenalkan kota tercinta kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya di cintapekalogan.com untuk bersama mempromosikan Pekalongan dan bisa bermanfaat untuk warganya. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Daftar-Wisata-Petungkriyono

6 Wisata Cantik Alam Petungkriyono Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...