Home > Pariwisata > Wisata Alam > Wisata Arung Jeram Lolong Pekalongan
Produsen Capret Pekalongan

Wisata Arung Jeram Lolong Pekalongan

Cintapekalongan.comWahana Wisata Arung Jeram Pekalongan sebagai salah satu unggulan untuk rekreasi air di wilayah Jawa Tengah khususnya Pantura dan sekitarnya. Wahana Rafting Lolong yang dikelola oleh Lolongadventure ini telah menjadi tempat untuk sobat yang ingin memacu adrenalin menyusuri aliran sungai Sengkarang bersama kawan-kawan penuh kegembiraan dan pengalaman seru.

Lokasi Arung Jeram Lolong Pekalongan

Jalan Raya Karanganyar Lebakbarang KM. 5, RT. 7 RW. 3, Kecamatan Karanganyar, Kelurahan Lolong, Lolong, Kec. Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah 51182

Sekilas Tentang Lolong Adventure

Obyek wisata alam Lolong Adventure merupakan wahana wisata petualangan alam yang dikelola oleh para pemuda karang taruna Desa Lolong. Lolong Adventure terkenal dengan nuansa alamnya yang masih sangat alami. Dengan adanya panorama alam yang indah, serta potensi yang dapat dimanfaatkan dari sumber daya tersebut, maka dibentuklah sebuah wahana wisata alam yang diberi nama LOLONG ADVENTURE.

Lolong Adventure memanfaatkan setiap sumberdaya alam yang ada, untuk dijadikan sebuah wahana rekreasi yang menarik dan menyenangkan tanpa harus merusak keindahan dan keaslian alam sekitar. Dengan kekuatan gotong royong antar pemuda menjadikan Wahana Rafting Lolong semakin dikenal oleh masyarakat luar Pekalongan.

Rafting Lolong Pekalongan

Istilah Arung Jeram berasal dari kata whitewater rafting atau rafting yang jika dalam terjemahan bebas bahasa Inggrisnya mempunyai arti mengarungi sungai menggunakan perahu dengan mengandalkan kemampuan mendayung.

Secara terorganisir kegiatan Arung Jeram sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 70-an melalui aktivitas Pecinta Alam, sedangkan secara komersil baru dimulai pada awal tahun 80-an di sungai Alas Aceh Tenggara.

Arung Jeram Pekalongan
Wisata Arung Jeram Pekalongan

Pada perkembangan selanjutnya, aktivitas wisata Arung Jeram berkembang pesat di Pulau Dewata Bali kemudian merambat ke Jawa Barat dan hingga akhirnya menyebar ke daerah-daerah lain di Indonesia tak terkecuali Pekalongan Jawa Tengah.

Meski Pekalongan merupakan kota pesisir pantai utara, namun jangan salah banyak sekali surga-surga alam yang dimiliki wilayah Pekalongan. Wulai dari Wisata Pantai hingga Wisata Alam Di Pekalongan yang sangat memukau karena hamparan Hutan di Pekalongan masih terjaga keasriannya.

Berbicara mengenai Wisata Alam Pekalongan tentu tidak ada habisnya, banyak sekali air terjun seperti Curug Bajing dan Curug Muncar Petungkriyono dengan pemandangan hijau di sekelilingnya siap memasok energi positif untuk sobat.

Juga banyak sekali kedung-kedung atau kolam dengan air yang jernih hijau kebiruan yang bisa sobat rasakan kesegarannya seperti Kedung Sipingit yang menjadi tempat favorit kawula muda untuk bermain air. Atau kolam air di Wisata Curug Bidadari yang juga dapat digunakan untuk mandi dan sekedar bermain air tentunya sudah ada alat keamanan yang bisa sobat pakai.

Tak hanya terdapat Kedung-kedung kolam air, ternyata di Pekalongan juga ada spot untuk berwisata sekaligus olahraga air penuh keseruan yakni Rafting atau Arung Jeram yang cukup terkenal hingga ke luar daerah seperti DKI Jakarta dan sekitarnya. Wahana Wisata Arung Jeram tersebut adalah Rafting Lolong yang dikelola oleh para pokdarwis Lolong Adventure.

Wisata Rafting Pekalongan
Wisata Rafting Pekalongan Melintasi Sungai Sengkarang

Sobat cintapekalongan suka olahraga air? Rafting atau Arung Jeram adalah olahraga yang cocok untuk sobat penyuka olahraga air. Tak hanya olahraganya saja yang didapat melainkan pengamalan rekreasi dan wisatanya juga bisa sobat dapatkan.

Nama Sungai Sengkarang Pekalongan tidaklah asing lagi. Sungai Sengkarang berlokasi di Kabupaten Pekalongan sekitar 1 jam dari Kota Pekalongan atau hingga 3 jam perjalanan dari Kota Semarang menggunakan kendaraan pribadi.

Rafting Lolong di Sungai Sengkarang adalah salah satu diantara banyak sungai-sungai yang sering digunakan aktivitas rafting bagi pemula di Indonesia. Meski tidak sebesar sungai Progo dan Serayu, Sungai Sengkarang sendiri sudah cukup terkenal sebagai sungai yang populer di gunakan rafting khususnya untuk daerah Pantura Jawa Tengah.

Arung Jeram Lolong sangatlah cocok digunakan untuk wisata rafting bagi para pemula, bahkan anak-anak pun bisa menikmatinya. Dengan didampingi para instruktur dan guide yang telah memperoleh sertifikasi profesional, Arung Jeram di Lolong sangat bisa dijangkau oleh semua kalangan mulai dari Pemula hingga Anak-anak.

Wahana Rafting Pekalongan
Wahana Rafting Pekalongan dengan Guide Profesional

Untuk Rafting atau Arung Jeram Lolong Pekalongan ini, setiap peserta akan menggunakan peralatan keamanan STANDAR INTERNATIONAL demi menjamin keselamatan peserta. Diantaranya seperti pelampung rafting, helm rafting, Perahu karet dan pemandu rafting di perahu.

Baca : Inilah Oleh-oleh Khas Dari Pekalongan Selain Batik

Pemandu rafting yang terlatih tersebut akan menemani perjalanan kita mengarungi Sungai Sengkarang sekitar 2 jam. Dengan jarak terpendek ialah 9 km dan yang terpanjang sekitar 12 km yang bisa dinikmati selama 3 jam, Rafting di Sungai Sengkarang ini memiliki tingkat kesulitan tingkat II-III yang bagus untuk PEMULA atau bahkan jika ada peserta yang tidak bisa berenang.

Sekaligus menjadi obyek wisata rekreasi untuk keluarga yang menyenangkan apalagi pada bulan-bulan panen Durian seperti Oktober – Febuari, jadi semakin cocok untuk berwisata dan berekreasi ke Lolong. Puas bermain air, sebelum pulang bisa rehat sejenak berburu Durian khas Lolong Pekalongan bisa dibawa pulang atau dimakan ditempat, soal harga sangatlah pas dikantong dan rasa sungguh enak karena viaritas Durian Lolong merupakan salah satu Durian terenak yang ada di Jawa Tengah.

Di Wisata Lolong Pekalongan ini, tak hanya menawarkan Paket Rafting saja, juga ada Paket-paket wisata lainnya seperti OUTBOUND, CAMPING AREA yang menghadap sungai, TUBING serta River Tracking. Fasilitasnya pun cukup lengkap seperti Rafting/Tubing Equipment, Profesional Guide, Resque Team, Transportasi Lokal, Free Dokumentasi, Snack, Air Mineral, Teh / Kelapa Muda untuk paket rafting.

Untuk seluruh Paket Rafting dan Wisata Lainnya bisa sobat baca di postingan sebelumnya tentang Wahana Petualang dan Wisata Alam Lolong Kabupaten Pekalongan. Untuk spot dan harga rafting disini jangan samakan dengan Rafting Serayu Banjarnegara atau ditempat lain ya sobat, tidak ada yang lebih mahal tidak ada yang lebih murah, karena semua menyuguhkan rekreasi penuh kegembiraan dan kesenangan para tamu. Dan yang pasti pengalaman dan keseruan di Rafting Lolong tidak akan didapatkan ditempat lain.

Kelehanan setelah bermain Rafting atau hanya sekedar pingin santai sejanak ? santai sob, disini ada Kafetaria Outdoor dibawah pepohonan durian dengan view menghadap ke Sungai jadi bisa makin betah berada disini.

Oh ya Sobat, Wisata Rafting Lolong juga dekat dengan beberapa daerah tujuan wisata lainnya lho, seperti Curug Madu, Curug Monyet, Watu Ireng, dll. Jadi, setelah selesai rafting Sobat Cintapekalongan bisa lanjut berwisata ke beberapa Destinasi Wisata Pekalongan lainnya yang ada di Kota seperti Taman Mangrove, Wisata Bahari PNP, Museum Batik dan juga jangan lupa cobain berbagai Kuliner Khas Pekalongan seperti Pindang Tetel, Nasi Megono, Garang Asem, Soto Tauto yang sangat lezat.

Baca juga : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Jadi, Sobat kapan mau main ke Pekalongan, nih? Banyak pengalaman dan keseruan yang bisa didapat cuma hanya disini lho ^^

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini

Salam Cinta Pekalongan

 

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA
Klik Donasi

MOHON DONASI ANDA

Bantu berikan donasi klik iklan yang muncul di dalam tulisan untuk perawatan website www.cintapekalongan.com ini, jika informasi disini punya manfaat yang besar untuk masyarakat Pekalongan. Terima kasih

About Angga Panji W

Sebagai anak Pekalongan,
saya ingin memperkenalkan kota tercintanya kepada dunia dengan konten kreatif. Mari bergabung dengan saya. Jangan lupa share artikel ini, klik tombol sosmed di atas (twitter, facebook atau yang lain). Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang lain. Terima kasih, Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Wisata Curug Madu

Wisata Alam Curug Madu Doro Kabupaten Pekalongan

Cintapekalongan.com – Wisata Alam Curug Madu Resmi Lemah Abang Doro yang satu ini bisa menjadi ...

Watu Bahan Doro Pekalongan

Wisata Watu Bahan yang Misterius dan Eksotis

Cintapekalongan.com – Misteri akan rahasia Batu misterius yang berada di Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten ...