Home > Pekalongan > Wisata ke Dieng Lewat Jalur Pekalongan

Wisata ke Dieng Lewat Jalur Pekalongan

Content Protection by DMCA.com Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Snack Capret

●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan●

Snack Capret - kriuke pok! untuk ngemil santai bisa, untuk oleh-oleh Khas dari Pekalongan juga bisa banget. dimakan sendiri atau bareng teman & bersama keluarga biar makin erat. Rasa renyah dengan bumbu nikmat disetiap gigitan selalu bikin ketagihan. Free Deliv untuk Pekalongan Kota. ORDER via WA Klik DISINI

Pekalongan – Siapa yang belum pernah berwisata ke Dieng? Salah satu obyek wisata yang setiap tahunnya dikunjungi oleh ribuan manusia ini selalu memikat untuk ditelisik. Dieng merupakan wisata andalan Jawa Tengah bisa di tempuh dari dearah Pekalongan lho… Setidaknya ada 10 Wisata Alam Dieng Yang Kekinian Instagramable Abis yang bisa kalian eksplore menghasilkan foto yang keren-keren untuk dibawa pulang.

Bagaimana bisa Pekalongan kan wilayah Pantura, dan Dieng itu dataran Tinggi ? Yaps betul sekali gaes, memang Pekalongan masuk kedalam wilayah Pantai Utara yang berhawa panas, Namun siapa sangka jika Pekalongan – Dieng cuma berjarak sekitar 65,8 km dengan waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 1 jam 52 menit, ditempuh menggunakan kendaraan Pribadi (data dilihat di Maps 1 jam 52 menit, sedangkan realnya sekitar 3-4 Jam karna kondisi jalan menanjak).

Landmark Dieng
Landmark Dieng by diycarens.blogspot

Untuk itu, Pekalongan sangatlah cocok dijadikan gerbang menuju ke Dieng daripada lewat purwokerto maupun semarang, alasannya kenapa ? Setidaknya ada 3 Keuntungan yang bisa didapat jika berwisata ke Dieng lewat Pekalongan.

Trip Dieng by Nonametravel
Trip Dieng by Nonametravel

Pertama, Pekalongan sudah didukung alat transportasi Kereta Api dari Jakarta , Bandung , Semarang, maupun Surabaya.

Kedua, Jarak Pekalongan – Dieng yang sangat dekat, bagi wisatawan dari arah Barat lebih baik melewati Pekalongan untuk ke Dieng daripada lewat Tegal, Pemalang, Purwokerto yang cukup Jauh untuk di tempuh.

Ketiga, jika kelelahan ketika menuju ke Dieng maupun sepulang dari Dieng,bisa istirahat dahulu di Pekalongan yang sekarang ini telah banyak hadir tempat penginapan seperti Hotel berbintang maupun Guesthouse yang sangat nyaman. Jadi bisa melanjutkan perjalanan dengan kondisi badan yang sudah fit.

Dari ketiga keuntungan yang telah disebutkan diatas, jelas Jalur ke Dieng melewati Pekalongan sangatlah efektif dan efisien, banyak moda transportasi yang bisa dijangkau. Yang menggunakan Kereta bisa Carter mobil di Pekalongan kemudian lanjut ke Dieng lewat 3 Jalur yang bisa dipilih.

Jalur ke Dieng dari Pekalongan
Jalur ke Dieng dari Pekalongan by diycarens.blogspot

Jika dilihat dari titik Kota Pekalongan, dari pelacakan menggunakan google maps terdapat 3 jalur untuk menuju Dieng yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi roda 2 atau roda 4, boleh percaya boleh tidak.. tetapi memang inilah fakta yang belum banyak di ketahui oleh sebagian besar orang diluar sana.

3 jalur yang dimaksud adalah jalur alternatif yang menghubungkan Pantura dan Dieng. Diantaranya sebagai berikut:

1. Jalur Kajen
2. Jalur Petungkriyono
3. Jalur Bandar

Dari ketiga jalur menuju Wisata Dieng tersebut, masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda ditiap jalurnya, bahkan ada plus dan minusnya tersendiri dari ketiga jalur itu.

Berikut coba saya berikan gambaran tentang karakteristik dari tiap-tiap jalur tersebut untuk calon wisatawan yang ingin pergi ke Dieng lewat Jalur Pekalongan.

1.  Jalur Kajen.

Jalur ini adalah jalur utama penghubung Pantura-Dieng, keadaan jalannya pun cukup baik, aspal lebar dan halus. Kekurangan dari jalur ini adalah jarak tempuhnya yang jauh. Dan juga banyak lalu lalang bus dan truk besar. Jadi saat hendak menyalip kendaraan didepan harus lebih hati-hati karena banyak kendaraan besar yang berlalu-lalang.

Rute : Pekalongan – Wiradesa – Kajen – Linggoasri – Paninggaran – Kalibening – Wanayasa -Batur – Dieng.

2.  Jalur Petungkriyono.

Jalur ini termasuk jalur alternatif yang paling susah untuk dilalaui. Berdasarkan pengalaman saya melewati jalur ini, dari Pantura ke Petungkriyono masih cenderung aspal mulus, walau memasuki kawasan Petungkriyono jalan ada sedikit yang rusak. Tapi masalahnya jalan dari Petungkriyono ke Batur, jalan sangat rusak parah dan tidak layak dilalui kendaraan roda empat. Didalam jalur ini, selama perjalanan anda akan disuguhi Hutan yang sangat Asri, pemandangan yang indah dan berbagai wisata yang bisa anda kunjungi pula.

Rute : Pekalongan – Kedungwuni – Doro – Petungkriyono – Batur – Dieng.

3.  Jalur Bandar.

Jalur tergolong jalur yang paling rekomended buat dilalui baik oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Jalur ini rata-rata cenderung baik, dari Pantura ke Bandar jalan aspal mulus. Dari Bandar ke Kembang Langit juga aspal mulus walau tak selebar sebelumnya. Dari Kembang Langit ke desa Gerlang jalan sudah dibeton, walalu ada sebagian yang sudah mulai rusak. Dari Gerlang ke pertigaan Batur jalan kembali aspal mulus.

Rute : Kota Pekalongan – (Batang – Warung Asem) – (Batang – Wonotunggal) – (Bandar – Kambangan – Kembanglangit) – (Sikesut – Gerlang – Kradenan) – (Tlagabang – Batur) – Dieng.

Baca juga : Tempat Wisata Keluarga Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Jalur ini juga melewati tempat-tempat yang indah, dan banyak lokasi wisata yang dilewati, seperti wisata Sikembang, wisata Sibiting, jembatan Kembang Langit, perkebunan teh, hutan alam yang indah, dll.

Kawah Sikidang - Dieng
Kawah Sikidang – Dieng by Nonametravel
Kesimpulannya:
Dari ketiga jalur pilihan tersebut, jalur yang paling safety memang jalur Kajen dengan jalan aspal yang sudah mumpuni. Tapi jika dilihat dari berbagai pertimbangan, jalur yang paling direkomendasikan adalah jalur Bandar karena dengan waktu tempuh yang singkat dan kondisi jalan yang masih layak untuk dilewati berbagai macam jenis kendaraan.

Nah gimana gaes strategis banget kan Pekalongan ? Sakpore wes pokoke…haha

Dengan dengan keunggulan yang dimiliki, cocok banget kan bagi wisatawan luar Jawa Tengah yang ingin hangout ke Dieng bisa lewat Pekalongan. Ada lho rombongan keluarga dari Eropa yang tiap tahunnya mengunjungi Dieng Culture Festival lewat Jalur Pekalongan yang sebelumnya beristirahat di salah satu Hotel yang ada, jadi mereka ke Pekalongan lewat jalur kereta api dahulu.

Kalau sobat orang Jakarta, Bandung, dan yang lainnya ada yang ingin Hangout ataupun berwisata ke Dieng bisa tuh lewat Pekalongan saja, dari kota asal bisa menggunakan Kereta Api kemudian sampai di Stasiun Pekalongan ganti kendaraan dan lanjut perjalanan menuju Dieng.

Soal apa dan gimana bila ingin berwisata ke Dieng dari Luar Daerah bisa nih caranya langsung kontak tuh ke #Nonametravel saja yang udah berpengalaman mengantar tamu wisatawan dari berbagai daerah jalan-jalan asyik perorangan maupun rombongan. Eiitss… betul sekali, Noname bisa antar kalian berwisata ke Dieng bisa langsung dari Kota Asal atau Meet Point di Pekalongan, dan jangan lupa mampir ke Pekalongan karna Noname bisa juga mengantar kalian berwisata di Pekalongan , banyak Kuliner yang enak-enak dan Wisata Batik yang Keren lho disini. Silahkan bisa kepoin di akun Sosmednya Nonametravel.

Trip Dieng di Candi Arjuna
Trip Dieng di Candi Arjuna by Nonametravel

Nah kalau ingin jalan-jalan di Pekalongan bisa kepoin nih tulisan berikut ini 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

▼ Tulisan ini Bisa Dibagikan Lur ▼

About administrator

PEKALONGAN itu indah, kami ada untuk berperan dalam mencatat dan mempromosikan keindahan wisata, senibudaya, kearifan lokal, dan hal unik tentang Pekalongan. Anda bisa menjadi Kontributor kami dengan mengirimkan tulisan ke contact@cintapekalongan.com

Check Also

Daftar-Wisata-Petungkriyono

6 Wisata Cantik Alam Petungkriyono Pekalongan

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...

Pindang Tetel

7 Kuliner Khas Pekalongan yang Lezat dan Populer

Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA ●Jual Snack/Oleh-oleh Khas Pekalongan● ...