Selain Pantai, Ini 4 Wisata Sawah Terasering Instagramable di Bali

Wisata Bali – Setiap datang ke Bali, rasanya tangan ini nggak mau lepas dari kamera. Selalu saja ada yang pengin dibikin foto. Satu objek saja bisa berkali-kali tuh ngambil gambarnya. Dari berbagai sudut pula. Hmm… Bali memang pulau yang bikin geregetan.

Wisata alamnya banyak. Nggak cuma jadi pilihan, malah semuanya pengin dikunjungi. Bahkan, nggak cukup kalau cuma sekali berkunjung. Maunya berkali-kali. Nah, di Bali, kalau berkunjung ke pantai itu sudah lumrah. Ada juga loh destinasi wisata lain yang bikin seger pandangan mata. Mau tahu wisata apa aja? Yuk! Tengok bentar ulasan berikut.

1. Tegalalang

spot terasering sawah tegalalang bali - putrabalitour

Nah, kira-kira kayak di gambar inilah keadaan Tegalalang. Ada juga yang nyebutnya Ceking Rice Terrace. Soalnya, lokasi wisata ini ada di Dusun Ceking, Tegalalang, Gianyar, Bali. Tempat ini sangat populer loh. Banyak turis-turis juga para fotografer yang mengeksplorasi lokasi ini untuk karya-karya foto mereka.

Pas masa tanam, wuih… panorama area persawahan terasering ini bisa bikin kita betah. Rasanya nggak pengin lihat kalender. Semua hari berasa tanggal merah. Sementara pada musim panen, kita akan disuguhi pemandangan tanaman padi yang menguning dan aktivitas para petani yang bikin suasana hati berasa tenteram. Bahkan, mungkin kita sampai mengutuki kehidupan kota yang sibuk dengan polusi.

Dan memang, di sini kita boleh kok merasakan jadi petani. Merasakan kemewahan cara hidup yang sederhana. Kita bisa berinteraksi dengan para petani dan berbagi cerita. Nggak cuma berpose dengan mereka. Bahkan, kita bisa menikmati sensasi menu makanan yang mereka makan sehari-hari. Tentu, sensasi rasa alam desa itu nikmatnya beda jauh dengan yang di kota.

2. Jatiluwih

Spot Terasering Jatiluwih - Fernando Vaquero

Kalau yang satu ini memang sudah sangat dikenal. Banyak para pesohor negeri ini yang tinggal di desa ini. Bahkan, kawasan wisata desa di Jatiluwih ini sudah berkali-kali masuk nominasi penghargaan bertaraf internasional.

Yang menariknya lagi, cara hidup masyarakatnya. Di sana adat istiadat masih dipertahankan. Nggak cuma dalam bentuk upacara-upacara, tapi juga dalam bentuk kehidupan sehari-hari. Cara mereka bertani masih menggunakan tradisi dan menghormati nilai-nilai budaya mereka. So, kita bisa belajar banyak hal dari para petani di sana tentang kehidupan.

Kalau soal lokasi, destinasi wisata yang satu ini ada di Penebel, Tabanan, Bali. Luasnya mencapai 600 hektar dan tidak jauh dari Gunung Batu Karung. Nah, bisa dibayangin kan kayak apa suasana dan udaranya? Makanya, kalau datang ke sini bawa baju terbaik dan kamera penuh baterai, karena sayang sekali bila kamu tidak mengabadikan momen menarik di sini.

3. Pupuan

Spot sawah terasering Pupuan Bali

Nggak jauh dari Jariluwih, di kawasan Tabanan juga ada kawasan wisata persawahan terasering. Tepatnya di Kecamatan Pupuan. Tapi tempat ini belum dijadiin destinasi wisata yang dikomersilkan. Cuma karena banyak yang datang ke lokasi ini, jadilah tempat ini seolah-olah tempat wisata. Ya, semoga saja segera dinobatkan jadi tempat wisata komersil ya?!

Awalnya areal persawahan di Pupuan ini menjadi panorama atau pemandangan tersendiri bagi para pelancong yang melintasi jalan. Nah, berhubung panoramanya begitu cantik dan udaranya pun bersih, Pupuan ini berpotensi menjadi Tegalalang selanjutnya.

4. Antosari

Spot sawah terasering Antosari Bali

Kalau kamu melintasi jalanan menuju Pantai Soka, siap-siaplah untuk mendapatkan pemandangan ini. Lokasinya nggak jauh kok dari pantai Soka. Tepatnya di Selemadeg, Tabanan. Nah, pas kendaraan kamu melintas di area ini, mungkin sebaiknya kamu minta sopir menghentikan sebentar dan memarkir kendaraan. Soalnya sayang kalau dilewatin begitu saja. Kamu sempetin deh buat foto-foto di sini.

Satu lagi. Di area persawahan Antosari ini, kamu bakal ketemu bus dan armada travel yang memenuhi area parkir. Kok bisa? Karena banyak orang yang tertarik untuk mengabadikan momen mereka saat mampir ke area sawah ini. Masa sih kamu nggak tertarik juga?

Nah, itu dia empat sawah yang bolehlah kamu masukin ke dalam itinerary alias rencana perjalanan saat di Bali. Syukur-syukur sih saat kamu menikmati long weekend akhir Oktober 2020 ini. Nah, bagi kamu warga luar wilayah yang ingin jalan-jalan ke Bali namun budget minim, travel bisa menjadi salah satu solusinya. Kalau lewat Surabaya, ada banyak travel atau bus yang bisa jadi pilihan. Contohnya saja PO Wisata Komodo, PO Restu Mulya, dan lain sebagainya.

Jika ingin mencari informasi yang lebih rinci, kamu bisa mengeceknya di Traveloka. Nggak cuma ngecek, kamu juga bisa pesan tiket travel dari Surabaya ke Denpasar di sini, melalui Traveloka. Hanya dengan menggunakan smartphone, semudah belanja online. Apalagi saat new normal sekarang ini, seluruh mitra dari Traveloka telah menerapkan protokol kesehatan. Lebih aman lagi pastinya bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bali!


Tulis Artikelmu Sendiri !

Bagikan cerita, pengalaman, opini, karya sastra dan jurnalistik kamu disini. Kiriman Artikel Kamu berkesempatan untuk dibaca oleh jutaan orang di Indonesia. Buruan gabung yuk, Begini caranya


Angga Panji W

Angga Panji W

FOUNDER
Seseorang yang ingin berkarya lewat konten digital.

Related Posts


Ada Informasi yang Salah ?

Silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.
Pliss "Beritahu kami" Terima kasih!