Home > Pariwisata > Wisata Pantai > Wisata Taman Mangrove Pekalongan
pasang iklan di cintapekalongan.com

Wisata Taman Mangrove Pekalongan

Cintapekalongan.com – Kota Pekalongan sebagai Kota Pesisir tak hanya mempunyai pesona wisata pantai nya saja. Melainkan mempunyai Taman Mangrove yang cukup besar. Sebagai habitat unik mempunyai nilai tinggi, keberadaan hutan mangrove dinilai sangat penting karena menjadi dasar pembentukan rantai makanan ekosistem laut, serta mencegah abrasi pantai.

Ekowisata Mangrove Park Pekalongan menjadi salah satu upaya tepat dalam rangka mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Taman Mangrove  ini terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Mangrove Park Pekalongan merupakan kawasan konservasi mangrove yang juga berfungsi sebagai ekowisata. Beragam fasilitas telah tersedia bagi para pengunjung, seperti jalur pejalan untuk melihat pemandangan, menara pandang, shelter, serta area pembibitan sebagai tempat prakteknya.

 

Kegiatan menanam bibit mangrovepark Pekalongan
Kegiatan menanam bibit mangrove dapat dilakukan oleh pengunjung | foto via mangroveparkwebid

Lokasi Taman Mangrove Pekalongan :

Untuk menuju Mangrove Park Pekalongan jika kita dari kawasan budaya Jetayu,bisa lewat jalan Cendrawasih sampai di pertigaan belok kekanan. Lurus terus sekitar setengah kilo akan ada masjid di pertigaan belok kiri,Jalan terus lewati ruman penduduk dan tambak sekitar setengah kilo. Sebelah kiri jalan akan ada pintu gerbang Taman Mangrove Pekalongan.

Wisata Mangrove Pekalongan
Wisata Mangrove Pekalongan

Disini selain memanjakan mata dengan pemandangan yang eksotis,pengunjung bisa naik Banana Boat yang disediakan untuk mengelilingi Taman Mangrove ini, dengan biaya sebesar 10.000 – 15.000 per orang, pengunjung dapat melihat aneka jenis tanaman bakau dari dekat.

Sensasi yang tak kalah menarik ialah saat menyusuri lorong cinta. Lorong cinta ini sebenarnya merupakan deretan tanaman bakau yang tumbuh subur dan rimbun hingga terbentuk lorong.

Tiket masuk Mangrove Pekalongan

Harga tiket masuk ke Pekalongan mangrove park sebesar Rp 4000,- dan kalian bisa menikmati sepoi semilir wilayah pesisir pantai yang menyenangkan dan berkeliling ke hamparan bakau sepuasanya. Biaya parkir sebesar Rp 3000,- per motor, jika mobil Rp 5000,- per mobil.

Baca juga : Wisata Alam Curug Bajing Petungkriyono

Pengunjung Keliling Taman Mangrove Dengan Banana Boat
Pengunjung Keliling Taman Mangrove Dengan Banana Boat di Lorong Cinta

Dan juga ada fasilitas penunjang yang lainnya di taman mangrove pekalongan ini, seperti :

1. Fasilitas edukasi berupa galeri ekosistem hutan mangrove dan kolam sentuh (kolam edukasi pembibitan dan penanaman mangrove).
2. Fasilitas belajar berupa perpustakaan dan ruang diskusi.
3. Lahan pembibitan dan persemaian tanaman mangrove, serta penanaman mangrove di tambak dengan sistem bronjong.
4. Fasilitas kegiatan ekonomis produktif berupa budidaya kepiting soka, budidaya rumput laut dan silvofishery (tumpang sari antara ikan/udang dan mangrove).
5. Fasilitas penelitian dan pengembangan konservasi hutan mangrove.
6. Gasebo dan shelter (gazebo apung)
7. Gedung PIM/PRPM (Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove)
8. Board walker (sarana tracking) berupa jembatan papan sepanjang lokasi PIM yang diatur menjangkau obyek-obyek fasilitas yang ada.
9. Green belt (sabuk hijau pantai) berupa hamparan hutan mangrove yang berada di samping bangunan fisik pelindung pantai.
10. Fasilitas gardu pandang berupa rehab gardu pandang yang telah ada dan penambahan gardu pandang pada lokasi tertentu.
11. Penanaman berbagai vegetasi pantai yang disesuaikan dengan jenis lahannya.
12. Fasilitasi arena wisata pemancingan ikan.

Taman Mangrove Pekalongan
Taman Mangrove Pekalongan Menjadi Spot Fotografi

Bagi muda-mudi atau orang tua yang ingin berlibur di Kota Pekalongan,jangan lewatkan wisata edukasi yang menarik ini. Saran ,untuk melihat view yang bagus,datanglah ke Taman Mangrove Pekalongan ini ketika matahari sudah redup alias sore hari. Karena menjelang petang,pengunjung bisa melihat sunset yang istimewa di Taman Mangrove ini khususnya di atas menara yang ada.

Baca : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren

AYO BERWISATA KE MANGROVE PARK PEKALONGAN ^^

*Ingin jalan-jalan atau berwisata di Pekalongan? Kami siap mengantar anda menjelajahi wisata alam Pekalongan yang asri. More Info klik disini

▼ Silahkan DiBagikan ▼

donasi cintapekalongan.com

DONASI

Bantu berikan donasinya jika media ini dirasa bermanfaat. Donasi ini akan digunakan untuk perawatan, operasional dan kegiatan amal bersama cintapekalongan.com. Terima Kasih


About Mey Ribkha

Menjadi bagian dari anak-anak muda yang peduli dengan kemajuan Pekalongan adalah hal terindah untuk dilakukan

Check Also

Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan

Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana

Cintapekalongan.com – Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana adalah Obyek Wisata berbasis pantai yang dikelola oleh ...