Home > Pariwisata > Wisata Alam > Wisata Watu Bahan yang Misterius dan Eksotis

Wisata Watu Bahan yang Misterius dan Eksotis

Cintapekalongan.com – Misteri akan rahasia Batu misterius yang berada di Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan menarik untuk ditelusuri dan pasti bisa bikin sobat Cintapekalongan penasaran. Penduduk lokal menamakan batu misterius tersebut dengan sebutan “Watu Bahan” dalam artian Watu = batu, bahan = bahan untuk bangunan.

Benar saja kenapa dinamakan Watu Bahan karena memang seluruh bebatuan yang ada disini berbentuk segi lima atau segi enam yang memanjang 1- 2 meter dan lebar sekitar 50cm yang tersusun rapi seakan hendak ingin digunakan untuk membangun sesuatu.

Ketinggian atas susunan Watu Bahan ini mencapai beberapa meter keatas dengan susunan horizontal maupun vertikal seakan sengaja dibuat sedemikian rupa oleh salah satu peradaban maju yang ada di daerah Pekalongan zaman dahulu.

Lokasi dari area Watu Bahan cukup mudah dijangkau, Sobat bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil. Dari arah Pasar Doro lurus ke arah Karanganyar, setelah melewati Jembatan dan ketemu dengan SD disebelah kiri silahkan sobat belok masuk jalan tersebut. Ikuti jalan tersebut hingga nanti ketemu dengan pertigaan dengan tanda arah ke kiri menuju Curug Madu atau lurus untuk menuju ke Watu Bahan. Sedikti saran, ketika hendak mencapai ke lokasi maka jangan harap sobat akan ketemu dengan jalan aspal, sepanjang jalan dihiasi dengan jalanan berbatu yang dikelilingi oleh pohon kopi di kiri dan kanannya.

Baca : Wisata Alam Curug Bajing Petungkriyono

Jika sobat Cintapekalongan pernah membaca maupun melihat Misteri Gunung Padang yang ada di Jawa Barat yaitu misteri tentang tumpukan batu persegi memanjang yang disusun membentuk piramida maka sobat akan lebih bingung dan pensaran lagi jika datang ke Watu Bahan. Karena bentuk batu yang ada disini dengan Gunung Padang Jawa Barat hampir sama aliias sangat menyerupai.

Berikut coba saya berikan ilustrasi mengenai Watu Bahan dan Gunung Padang dalam gambar dibawah ini.

Kesamaan Watu Bahan dan Gunung Padang
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Ilustrasi Watu Bahan dan Gunung Padang

Belum ada penelitian lebih yang menyebutkan adanya hubungan antara Watu Bahan Doro dengan Misteri Piramida Gunung Padang yang ada di Jawa Barat. Juga penelitian dasar yang menyimpulkan asal-usul Batu, peradaban mana yang membuatnya, maksud dan tujuan atas bebatuan yang ada di Watu Bahan tersebut. Ada yang menyebutkan jika batu-batu di Watu Bahan merupakan peninggalan dari peradaban kaum Megalitikum yang ada di Pekalongan, ada juga yang berpendapat lain, semuanya belum ada jawaban yang bisa kita pegang sebagai acuan.

Baca : Sapitan, Salah Satu Bukti Kekayaan Kuliner Khas Pekalongan

Selain memiliki unsur eksotisme susunan bebatuan dan unsur misterius di lokasi itu, Perhutani melalui penduduk setempat menjadikan area tersebut sebagai salah satu Destinasi Nge-Trip di Pekalongan yang mampu memberikan kesan tersendiri bagi para pelancong yang datang.

Para anak hits dan kekinian sering menyebutnya dengan nama Wisata Watu Bahan Lemah Abang Doro Kabupaten Pekalongan.

Setiap akhir pekan selalu dikunjungi oleh para muda-mudi yang gemar mencari bahan untuk “foto” mereka. Kegemaran “nge-trip” para sobat kawula muda ini seakan sudah menjadi kebutuhan wajib yang mereka harus penuhi. Dan Wisata Watu bahan menjadi salah satu alternatif tujuan Trip mereka karena memang jarak yang tak begitu jauh dari kota serta tempat yang benar-benar masih asri bisa menjadi pilihan refreshing akhir pekan sobat Cintapekalongan.

Di Wisata Watu Bahan Doro ini terdapat beberapa spot yang pastinya menarik dan keren, Seperti Goa PohonCurug Watu Bahan dan Pohon Selfie yang menarik untuk dikunjungi.

Curug Watu Bahan

Setelah susah payah berjuang melewati setapak anak tangga akhirnya sobat bisa menikmati hasilnya, yakni sobat sampai di Pohon Selfie atau bisa lanjut sedikit ke area Curug Watu Bahan yang ada di depan. Curug ini ialah pancuran air yang jatuh dari tebing Watu Bahan berbentuk vertikal. Untuk dijadikan spot foto sobat tak perlu memanjat, cukup dengan melewati jembatan bambu yang disediakan sobat bisa berfoto ceria dibawah Curug dan tebing Watu Bahan yang eksotis.

Wisata Watu Bahan Lemah Abang Doro Pekalongan
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Curug Watu Bahan dengan Debit Air sedikit

Rumah Pohon atau Pohon Selfie

Sesuai dengan namanya, Spot ini sudah pasti berada di pohon. Sobat bisa menjadikan Pohon Selfie ini sebagai spot untuk foto sobat dengan background dedaunan hijau. Namun, untuk mencapai ke spot ini sobat harus berjuang ekstra melewati setapak demi setapak anak tangga yang cukup panjang. Nah, selama perjalanan ini sobat berada di areal Watu Bahannya yang seperti saya sebutkan diawal. Silahkan sobat bisa mengamati langsung bahkan menyentuhnya tetapi tidak boleh merukan dalam hal ini mencoret-coret !!!

Pohon Selfie Wisata Watu Bahan Doro
KLIK GAMBAR UNTUK DETAIL || Spot Pohon Selfie Wisata Watu Bahan Doro

Baca juga : Capret, Jajanan Pekalongan Yang Wajib Anda Coba

Selama perjalanan melewati track yang cukup menantang, tubuh pun akan mulai kelelahan. Sobat bisa istirahat sejenak di bangku-bangku yang telah disediakan pengelola. Atau di tengah perjalanan sobat bisa membasuh muka agar segar kembali di curug buatan dari saluran bambu yang airnya mengalir tanpa henti dari celah-celah bebatuan, Curug ini dinamakan Curug Abadi, nama tersebut kemungkinan diambil karena arus air yang tiada henti memgalir terus alias abadi.

Jika sobat telah selesai dengan spot-spot diatas, jangan khawatir masih ada spot satu lagi yang sangat sayang jika harus dilewatkan yakni bermain air disungai. Dengan aliran air yang cukup tenang dan jernih sobat bisa leluasa bermain bahkan mandi disini tetapi tentunya harus memperhatikan keselamatan bersama. Lokasi Air ini berada di bawah dari lokasi parkir wisata watu bahan.

Selain keseruan diatas tepatnya di lokasi Parkir kendaraan sobat bisa mencoba atau belajar permainan tradisional Enggrang atau dalam bahasa lokalnya “Dongglongan”. Kelihatannya sangat mudah, namun sulit ketika dicobanya. Jika sobat tidak mau dan ingin makan atau minum bisa tuh memilih warung-warung yang buka di lokasi tersebut yang menyajikan aneka jajan dan makanan semisal Bakso atau Mie ayam, jadi Nge-Tripnya dapet, refreshnya dapet juga tak khawatir kelaparan. Oh iya, Jika sobat menjelajah di area wisata jangan sampai buang sampah sembarangan ya !! Jika tidak ada tempat sampah yang disediakan, tolong sampah tersebut diamankan atau dipegang dahulu meskipun sekecil bungkus permen hingga menjumpai tempat sampah.

Nah, sobat Cintapekalongan apakah tertarik untuk Nge-Trip ke Watu Bahan ini ?? Ayoo jangan malu-malu silahkan ajak teman-teman kalian untuk datang kemari dan menjadikan Wisata Watu Bahan Doro sebagai salah satu Tempat Wisata Pekalongan yang wajib dikunjungi.

Baca : 30 Destinasi Wisata Pekalongan yang Keren untuk Liburan

Sebagai orang yang Cinta kepada Sejarah-sejarah yang ada di Pekalongan, tentunya saya berharap besar jika misteri akan Watu Bahan di Doro ini bisa terpecahkan alias ditemukan penjelasannya, setidaknya ada sesuatu yang resmi yang bisa dipegang sebagai acuan atas pengetahuan sejarah peradaban di Pekalongan tempo dulu. Bagaimana dengan kalian ?

 

Salam Cinta Pekalongan

 

Ingin Berwisata di Pekalongan ? kami siap antar atau jadi pemandu anda, more info Klik Disini

Content Protection by DMCA.com Seluruh Artikel blog ini dilindungi Hak cipta DMCA dan UU HAK CIPTA

Klik Donasi

MOHON DONASI ANDA

Bantu berikan donasi untuk perawatan website ini karena informasi www.cintapekalongan.com punya manfaat besar untuk Masyarakat Pekalongan.
Terima kasih

About Rofius Salim Khafidz

Hanya Anak singkong dari desa pegandon, kab.pekalongan :D Salam Cinta Pekalongan

Check Also

Wisata Curug Bajing

Wisata Alam Curug Bajing Petungkriyono

Cintapekalongan.com – Wisata Air Terjun Curug Bajing Petungkriyono, kian hari makin menjadi primadona bagi para ...

Wisata Watu Ireng Pekalongan

Wahana Wisata Watu Ireng yang Instagrammable Abis

Cintapekalongan.com – Ada yang baru nih di wisata watu ireng kandangserang, sobat cintapekalongan sudah tahu ...